Tuesday, January 15, 2013

Kilat Pakai Pos

"Hari gini ngirim kilat masih lewat kantor pos? Udik banget, seeeh??! Pake JNE napaa!"
Itu jeritan bosnya temen saya yang di-tweet oleh si teman, membuat saya tercengang.
Lho, memangnya apa salahnya ngirim kilat masih lewat kantor pos?

***

Menjelang pernikahan, saya masih bertugas kirim-kirim undangan ke kerabat-kerabat bokap saya. Karena sudah mepet, saya disuruh bokap pakai cara secepat mungkin. Pilihan saya semula JNE, tapi saya males ke sana coz jauh dari apartemen saya, kudu naik bemo ini-itu yang kalau dipikir-pikir malah jadi berat di ongkos transport. Lalu my hunk bilang kalau di sekolah saya sebetulnya ada kantor pos. Alhasil saya milih kirim kilat via kantor pos, soalnya saya kalau mau ke kantor pos sekolah saya tinggal jalan kaki, hihihi..

Kantor pos ini ideal banget buat mahasiswa-mahasiswa kayak saya ini. Buat kirim surat ke ayah bunda di desa (apaan seeeh..??), buat nerima wesel berisi uang buat bayar kost-kost-an. Tapi perkiraan saya buat ketemu anak-anak mahasiswa S1 yang masih culun-culun di kantor pos kampus itu langsung buyar, begitu saya ngeliat rombongan kakek-kakek plus nenek-nenek ngantre di kantor yang hampir sama kecilnya dengan kamar tidur saya itu. Ya oloh, mereka ternyata lagi ngambil tabungan pensiun!



Untungnya saya dilayani dengan baik. Saya ke sana minggu lalu, bilang mau kirim surat tebel, yang satu ke kantor lama saya di Cali, dan yang satu lagi ke tetangga saya di Bandung. Pakai pos biasa aja, nggak usah kilat-kilat amat. Prangko ke Cali sama ke Bandung ternyata sama aja, sama-sama Rp 5k. Walah, padahal ke Cali kan nyebrang laut yah, kok harganya sama aja dengan ngirim surat ke sesama Jawa?

Terus, besoknya saya ke kantor pos lagi. Kali ini mau kirim kilat ke Jakarta. Bokap saya suruh saya kirim pakai cara yang paling cepet kan? Nah, si petugas pos bilang, kalau mau pakai kilat, nyampeknya empat hari. Tapi kalau pakai express, nyampeknya langsung sehari. Cuman yang express itu dibanderol biaya pengiriman per amplopnya Rp 22,5k. Hwaaaks! *klepek-klepek sayap*

Pos sudah nggak semurah dulu. Kalau dipikir-pikir kok ya mahal juga yah jatohnya..
http://laurentina.wordpress.com
www.georgetterox.blogspot.com