Sunday, September 1, 2013

Emak Laurent Pergi ke Pasar

Akhrinya saya punya waktu barang sejenak buat baca buku resep masakan yang udah saya beli empat bulan lalu dan memutuskan untuk mencoba beberapa resep. Yang ringan-ringan aja, jangan yang berat-berat. Lebih disukai kalau bahannya bisa dibeli di mall, supaya my hunk nggak usah pusing mikirin tempat parkir kalau nganterin saya belanja logistik dapur. Lebih disukai lagi kalau mallnya buka di atas jam sembilan malam, karena memang biasanya saya baru pulang dari sekolah itu jam sembilan malam. Lebih disukai lagi kalau barang yang di supermarket itu ditata sesuai label pada raknya, jadi kita nggak perlu tanya-tanya sama pramuniaganya kayak orang bego (ya memang bego, namanya juga nggak pernah masak!). Misalnya kalau jeruk citrus jangan ditaruh di rak yang dilabelin jeruk sunkist, karena ternyata harganya beda jauh. Demi Tuhan, apa bedanya jeruk citrus dengan jeruk sunkist? Dua-duanya sama-sama jeruk!



Bagian yang menjengkelkan adalah karena membandingkan selera makan dengan penghasilan keluarga ternyata sama dengan membandingkan pasak ketimbang tiang. Njomplang, bok! Saya pengen makan ini itu, tapi apa daya gajinya my hunk  ya segitu aja. Sebenarnya kalau saya pintar ngatur keuangan, dengan penghasilan itu kami pasti bisa makan tiga kali sehari dan bisa nabung buat ikutan rafting..asalkan saya belanja logistik di pasar. Siyalnya nggak ada pasar deket rumah, kalau mau ke pasar itu harus naik mobil dulu sejauh dua kilo. Dan ternyata pondok mertua indah tempat saya tinggal itu berlokasi di belakang mall, tetangga saya kiri-kanan isinya orang-orang bermata sipit, tukang becak aja sungkan nongkrong di perumahan kami, membuat saya jadi gemes lantaran nggak bisa ke pasar. Lha kalau saya belanja harus ke mall lama-lama ya my hunk bisa bangkrut, soalnya supermarket di mall deket rumah itu adanya ya Ranch Market! Kalau saya mau maksa ke pasar sepulang sekolah ya bisa aja, tapi mana ada pasar buka jam sembilan malem?

Makanya pas hari ini Minggu, saya kedapetan nggak jaga rumah sakit, saya pun lempar selimut dan pake celana jogging. Belagak pura-pura jogging padahal sebenarnya saya mau jalan kaki nekat cari pasar. Nggak pa-pa deh jalan dua kilo, yang penting bisa ngirit buat beli daging cincang buat bikin minced chicken (sambil bayangin resep minced chicken yang saya baca di buku resep yang saya beli empat bulan lalu. Fotonya nampak sangat menarik dan menggugah air liur.)

Baru jalan kaki keluar dari jalannya rumah, tahu-tahu saya ketemu pedagang sayur di foto ini. Puji Tuhan! Dia jual segala barang-barang aneh murah-meriah, mulai dari sayur bayem, sayur buncis, kelapa, tomat, sampek daging ayam! Yippiee..nggak perlu jalan kaki dua kilo deh gw buat ke pasar! Saya harus sabar berbaur mengantre supaya bisa motret obyek dengan jelas (inget aturan nulis di blog ini, no picture = hoax). Si pedagang rame banget dikerubutin emak-emak. Tadinya saya kirain emak-emak yang mau belanja ini mbok-mbok yang jadi pembokatnya tetangga-tetangga saya, tapi kemudian saya baru ngeh kalau ternyata yang sibuk nawar-nawar ini ya tacik-tacik juragan juga alias tetangga-tetangga saya sendiri yang bermata-mata sipit itu. (Semula saya nggak mengenali mereka, karena biasanya saya melihat mereka dalam pakaian yang rapi. Tapi saya jelas tidak pernah melupakan alis mereka yang disulam tattoo itu!) Mereka keluar dari rumah masing-masing, cuman pake daster, sendal jepit, terus ngeyel nawar-nawar sayur yang udah jelas dibanderol murah. Dasar, semua emak di seantero dunia ini sama aja perilakunya kalau udah urusan beli logistik dapur. Padahal jelas-jelas ada mall di depan kompleks rumah kita lho, Ibu-ibu..kok nggak pada belanja di situ aja siih?

Hikmah dari tulisan ini adalah:
1.     Semodern-modernnya supermarket jualan sayur di mall, tetap aja nggak ada yang ngalahin nikmatnya belanja di pasar becek yang jualan sayur dengan harga murah.
2.     Tinggal di perumahan mewah tetep aja miskin, buktinya ya tetep aja fakir akses menuju pasar.
3.     Seseorang harus mulai jadi investor untuk bikin perusahaan becak untuk mangkal di perumahan tempat saya tinggal. Karena becak adalah alat vital untuk belanja ke pasar.
4.     Tukang sayur keliling adalah sahabat baru saya. Saya harus mencatat nomer HP-nya, siapa tahu perlu dia buat delivery logistik darurat malem-malem. Emangnya cuman nomernya Pizza Hut Delivery aja yang wajib ada di pintu lemari es kita?