Monday, January 12, 2009

Toko Obat Macam Mana Ini?


Sebel ngga sih kalo malem-malem kita butuh banget sesuatu dan ngga bisa ngedapetin? Duit buat beli sih ada, tapi toko yang jualnya tutup? Mungkin begitu kira-kira perasaan pasien gw waktu suatu malam dia ngiderin kota buat nyari apotek yang buka. Dia udah cukup merasa ngga enak lantaran udah ngegedor apartemen gw malam Minggu karena infeksi saluran kencingnya yang udah sakit banget, tapi waktu dia mau nebus resep gw, ternyata apoteknya tutup. Apa gunanya kalo berobat ke dokter tapi obatnya ngga bisa didapat?

Padahal orang sakit kan harus diobatin saat itu juga, masa' mau nunggu ampe apoteknya buka? Berarti jam 2 pagi pun apoteknya harus buka dong?

Ketidakpuasan pelanggan pun berlanjut besoknya, waktu cucu ibu kost gw mencret-mencret. Buat nebus resep gw, pasien sampai harus ngegedor pintu belakang apotek demi diladenin penjaganya. Ibu kost gw terpaksa harus kecewa lantaran sirup yang gw resepin ternyata ngga dijual di apotek itu.

Maka gw gantilah resep sirup itu dengan puyer. Gw tulisin aja, obatnya dosis 250 mg sebanyak enam bungkus. Maka ibu kost gw balik lagi ke apotek.

Eh kata apoteknya, mereka ngga punya tuh puyer 250 mg. Mereka cuman punya puyer yang itu.. 480 mg.

Duh, ingin sekali gw tatar tuh penjaga apotek. Ya 480 mg dibagi 2 aja, kan dapet 240 mg. Tambahin sisa 10 mg-nya, ukur pake timbangan. Sampeyan nih katanya apotek, masa' ngukur obat puyer aja ngga bisa?! Tapi gw ogah kalo mau bikin ribut sama penjaga apotek pagi itu, soalnya:
1. Besar kemungkinan dia cuman pelayan yang ngga cukup sebanding buat diajak berantem
2. Masih pagi, gw belum mandi, belum makan, jadi kayaknya ngga asik aja kalo berantem tapi belum mandi (padahal apa hubungannya ya?)

Dokter ngga bisa berdiri sendiri tanpa apotek, coz apotek yang jual obatnya. Tapi apotek juga mesti tau diri bahwa masyarakat butuh mereka, jadi mereka pantas siaga 24 jam dengan harga obat yang pantas. Dan apotek tuh harus punya standarisasi supaya mereka bisa kasih obat sesuai peraturan yang ada, coz namanya juga mereka tuh apotek, bukan warung obat kelas teri.