Saturday, February 15, 2014

Debu Pasti Berlalu

Hujan debu yang rame banget di sekujur Jawa gara-gara Kelud meletus ini lumayan mempengaruhi banyak orang di Surabaya tempat saya tinggal. (Eh, udah liat foto-foto jepretan saya tentang efek hujan debu di Surabaya di sini kan?) Salah satu yang jadi trending topic di sini adalah masker yang cepet abis meskipun baru Jumat pagi, padahal gunungnya baru meletus malam Jumat. Mertua saya terpaksa keliling kota gegara nyari masker, sedangkan apotek-apotek mengklaim masker yang mereka jual udah pada abis. Mertua saya akhirnya nemu masker, dijualnya Rp 5k dapet tiga lembar. Saya mbatin, ih, padahal kalo kondisi normal tuh masker dijual Rp 5k dapet lima lembar. Tapi ini masih lumayan sih. Saya baca di Twitter kalo di tengah-tengah bencana gini ada yang jual Rp 5k cuman dapet satu lembar. Langsung seluruh timeline ngedoain penjualnya supaya tuh duit berubah jadi abu. Dan saya langsung berdoa semoga malaikat baca tweet itu dan bilang amin.

Syukurlah saya lagi nggak perlu keluar rumah, jadi cukup my hunk aja yang keluar rumah coz dos-q sendiri masih harus kerja demi memenuhi kebutuhan bininya yang kepingin pergi liburan ke Afrika. Saya maksa dos-q pake masker, padahal saya cuman punya satu masker di rumah. Saya rada parno sisa-sisa abu vulkanik Kelud masih belom selesai terbang ke Surabaya, sehingga lingkungan luar nampaknya terkontaminasi penuh, jadi saya pentingkan tuh masker dipakai begitu keluar dari pintu rumah sampek my hunk masuk mobil. Hal menjengkelkan dari pakai masker ini adalah dos-q nggak bisa nyium saya sebelum ngantor, hahahah.. Sedang maskernya sendiri nggak bisa dicopot. Tahu kan, masker yang salah satu sisi warnanya ijo dan sisi lainnya warnanya putih itu lho.

Nah, terus setelah dos-q udah cabut, saya di rumah baca Twitter dan di Twitter ada panduan cara pakai masker yang baik dan benar. Barulah saya ngeh kalau ternyata saya ini nyuruh my hunk pakai maskernya kebalik! Di petunjuk itu dikasih tahu bahwa kalau kita lagi kena flu, sisi yang putih harus di dalem supaya partikel mikro di ingus kita dari idung kita nggak nyempil keluar. Tapi kalau kita nggak sakit, justru sisi yang putih harus ngadep luar supaya sisi yang putih bisa menyaring debu yang menabrak masker. (Itu menjelaskan kenapa sisi yang putih lebih tebal ketimbang yang ijo.)

Lhaa..saya dokter tapi nggak ada yang ngasih tau ginian. Selama bertahun-tahun di kamar operasi saya ngeliatin senior-senior saya ya pakai maskernya sisi ijo ngadep luar gitu. Dan alasannya? Selama ini saya selalu ngira karena warna ijo lebih menarik ketimbang warna putih jadi lebih layak dipamerkan.. *ditoyor desainer masker*

Saya lagi menderita soalnya baju kotor hampir sepekan numpuk di kamar. Nggak berani nyuci soalnya nggak berani ngejemur. Nggak berani ngejemur soalnya tiang jemuran di luar kena abu jadi masih banyak debu gitu. Mau nyiramin tiang jemuran pake gayung takut dikira orang gila hujan abunya belum selesai. Mau bawa ke laundry kiloan tapi kok males bayarnya mahal. Ini sebenarnya takut atau kikir sih? Ini seharian nggak hujan nih, mudah-mudahan besok udah berani nyuci lagi.

Sebagai warga Surabaya yang kesumukan kronis, saya sangat bersuka ria dengan adanya hujan. Tapi pleaase..jangan pakai abu dong. Setidaknya, jangan pas tumpukan laundry lagi menggunung gini..

*balada emak sibuk housekeeping*