Saturday, August 14, 2010

Cokelat Cuman Hiasan


Ada nggak yang ngeh kalau hari ini hari Pramuka? Saya ngeh, coz pertanyaan ini keluar di ulangan PMP pas saya kelas 5 SD, hehehe.. Saya juga baru inget hari ini 14 Agustus, setelah saya merebahkan bodi pasca ngerjain proyek seharian. Udah dua minggu saya nggak baca koran, gara-gara nggak sempet, thanx kepada proyek yang menyita waktu saya sampek nggak sempat ngeblog dan pacaran.

Kalau inget Pramuka, saya jadi inget seragamnya yang cokelat-cokelat itu. Gimana saya nggak lupa, kalau seragam itu pernah bikin nyokap saya pusing tujuh keliling. Jadi ceritanya suatu hari pas kelas tiga SD, bu guru saya kasih pengumuman kalau hari sabtu nanti kami harus pakai seragam Pramuka. Ya oloh, padahal saya anggota Pramuka juga bukan. Dan tahu bagian paling lucu dari pengumuman itu? Seragamnya harus swadaya! Nggak dijual di sekolahan, mesti cari sendiri, nggak ada subsidi dari sekolah. Padahal yang nyuruh pakai seragam itu ya sekolah saya..

Maka jadilah saya pulang, ngerengek-rengek ke nyokap minta dibeliin seragam Pramuka. Apanya yang nggak bikin nyokap saya lari ke pasar, terus beli seragam Pramuka buat saya. Pulangnya, saya sumringah coz tahu "tugas" dari bu guru saya buat (nyokap) saya sudah selesai.

Sabtunya, saya pakai dong seragam itu. Mendadak sekolah jadi lautan cokelat coz semua anak pakai seragam baru. Eeh..nggak tahunya ada temen saya tahu-tahu nyela, "Vickyy, kamu salah pake bajunya. Ini kamu pakai baju Pramuka buat Penggalang. Mestinya kita kan pake baju Pramuka buat Siaga!"

(Buat yang nggak tahu, Pramuka itu ada pangkat-pangkatnya. Siaga, Penggalang, Penegak, terus entah apa lagi..)

Tapi perasaan baju Pramuka semuanya cokelat-cokelat aja deh. Ternyata, kata temen saya, dibedain dari tanda badge yang dijait di bajunya. Kalau Siaga badge-nya warna ijo, sedangkan badge-nya Penggalang warna cokelat. Penggalang itu buat anak kelas lima. Saya mestinya pakai badge ijo, soalnya waktu itu kan saya baru kelas tiga..

Jadi pulang-pulang saya bilang ke nyokap saya, nyokap salah beli baju. Eeh..nyokap saya langsung nyamber, "Udaah..pake aja! Gurunya juga nggak ngurusin!"

Hahaha..kayaknya nyokap saya sebel banget deh "disuruh" beli kostum Pramuka itu. Lha bayangin, apa gunanya pakai kostum kalau saya nggak ikutan Pramuka sama sekali? Di sekolah saya, yang ikutan Pramuka dikit banget, di kelas saya mungkin cuman 3-4 murid, itu pun karena ditunjuk guru. Murid-murid yang lain? Cuman pakai kostumnya doang..

Saya tadinya ngira, ikutan Pramuka mungkin keren. Waktu di TK, saya pernah baca, Pramuka itu bisa bikin api unggun sendiri, bikin tali-temali, bikin kode morse pakai ngedip-ngedipin lampu, iya kan? Tapi pas saya lihat 3-4 teman saya itu ikutan Pramuka itu dan ternyata mereka nggak diajarin apa-apa kecuali kumpul di markas Pramuka pada Sabtu sore, saya jadi kesiyan sama temen-temen saya itu. Lha gara-gara disuruh bu guru, orang yang tadinya pulang jam empat sore, mereka malah jadi pulang jam lima. Dan Pramuka itu nggak ngerjain apa-apa..

Balik lagi ke kostum yang mbingungin tadi. Saya masih takjub kok teman-teman saya berhasil ngomporin nyokap mereka buat beli seragam Pramuka dan nyokapnya manut aja padahal udah dikerjain sekolah. Padahal kalau dipikir-pikir, sekolah tuh ya mintanya mendadak. Dan pakai nggak pakai, nggak ada efeknya tho. Paling-paling Sabtu jadi hari kostum Pramuka doang, tanpa nyentuh esensi kegiatannya.

Di mata saya, Pramuka di negara kita cuman hiasan. Sekolah merasa lega kalau punya Pramuka, nggak masalah biarpun cuman ruang sanggar doang tanpa kegiatan produktif. Yang penting kepala sekolahnya nggak ditegor kepala dinas gara-gara nggak punya Pramuka. Wah, kok saya jadi sinis ya?

Lagian, hari gini nggak aneh kalau Pramuka nggak dianggap ekskul wajib di sekolah. Mau belajar kepemimpinan? Masuk OSIS aja. Mau belajar berkemah? Masuk klub pecinta alam juga oke. Mau belajar setia kawan? Punya geng di sekolah itu cukup. Mau belajar nolong kecelakaan? Ikut Palang Merah. Pendek kata, banyak banget manfaat Pramuka yang bisa didapat tanpa harus ikutan Pramuka. Jadi, bukan cuman sekedar hiasan baju cokelat doang..

Saya pikir, udahlah sekolah nggak usah ngeluarin bujet khusus buat bayarin Pramuka. Mendingan dipikir dulu Pramuka ini mau diajarin apa supaya kegiatannya tetap punya daya tarik. Saya sih mikir yang simpel-simpel aja, gimana kalau anak-anak Pramuka diajarin bikin cupcake, terus dijajain keliling ke rumah-rumah. Supaya ngerasain susahnya nyari duit, dan bisa puas dapet duit dari keringet sendiri. Dan kalau cupcake-nya nggak laku, kan minimal bisa buat dimakan sendiri.. :-P