Sunday, August 8, 2010

Dulu, dan Sekarang Nggak Ada

Salah satu minuman yang musim banget jaman saya masih kecil dulu adalah FN. FN dijual biasanya dalam beragam varian, ada FN kuning, ada FN merah. Kadang-kadang saya nemu ada FN ijo juga, tapi jarang yang jual sih. FN biasanya dijual di resto-resto barengan Sprite dan Coca Cola, jadi saya pikir mungkin mereka dari perusahaan minuman yang sama. Eh ya, FN ini beda lho sama F & N yang diimpor dari Singapura beberapa bulan terakhir.

Dulu waktu masih balita, saya kirain FN kuning tuh sama dengan sari jeruk dibubuhin soda yang bikin efek minumnya jadi nyekrus. Pas saya mulai pake seragam putih abu-abu, saya mulai belajar tentang bahan-bahan artifisial buat ditambahin ke minuman, yang mana salah satunya adalah pewarna. Saya jadi ngeh bagaimana pewarna minuman bikin efek psikologis yang menggoda buat peminumnya.
Harus saya akuin, Little Laurent suka FN kuning karena warnanya yang kuning menggoda. Well, warnanya FN merah juga seksi sih, tapi faktor kedua adalah eksklusivitas. FN kuning cukup jarang dijualnya kalau dibandingin sama FN merah.

Ketika saya udah rada gedean dikit, FN mulai jarang dijual, dan merk Fanta makin beken. Mula-mula Fanta merah laku keras, lama-lama perusahaan itu mulai bikin Fanta orange. Orange lho, bukan oranye, dan bukan kuning. Seolah-olah Fanta mau bilang bahwa minumannya dari jeruk sungguhan, bukan dari pewarna oranye apalagi kuning.

Lama-lama saya lupa kalau saya dulu seneng banget sama
FN kuning. Sekarang kalau makan restoran saya cenderung males pesen minuman-minuman nyekrus gitu, coz saya udah tahu bahwa kalau kecanduan berarti nabung buat diabetes. Saya lebih seneng kopi-kopian yang diblender dan dibubuhin es krim. (Yaa..ini sih sama aja cari penyakit.. :p)

Makanya waktu saya nyatronin restoran minggu lalu dan saya nemuin FN kuning ini, hati saya girang bukan main. Seperti yang saya bilang di blog beberapa hari lalu, di sini jualnya minuman jadul dan penganan jadul, termasuk kemasannya sendiri ikutan jadul.

Nggak cuman FN kuning kemasan tahun '80-an yang saya temuin, tapi saya juga nemu permen kelinci. Permen ini sebenarnya permen susu, cuman bungkusnya ada gambar kelincinya dan ada tulisan Cina-nya. Sodara-sodara Jemaah yang seumuran sama saya pasti ngeh sama permen ini.

Ada juga roti dolar, yang berupa biskuit tipis berbentuk bulat yang cetakannya mirip koin dolar jaman purba. Dulu kita waktu kecil mungkin suka main uang-uangan, dan mainan uangnya dari roti dolar ini, hehehe.

Lalu permen telor cicak. Sebenarnya sih ini gula-gulaan, tapi dikasih pewarna yang warna-warni dan ukurannya kecil-kecil yang katanya sih mirip telor cicak. Saya sendiri belum pernah lihat telor cicak, coz saya kirain cicak ogah bertelor di rumah saya, hihihi..

Yang menarik juga biskuit rokok. Ini biskuit berbentuk batangan tipis dan di ujungnya dilumurin cokelat. Jaman dulu anak-anak suka makan biskuit ini dengan megangnya gaya seolah-olah lagi melinting rokok. Ini salah satu bukti yang nunjukin cara mikir primitif bahwa merokok itu keren.. *menulis ini dengan nada mencemooh*

Dooh..kenapa ya saya jarang banget nemu jajanan-jajanan jadul kayak gini? Saya jadi curiga jangan-jangan sekarang merk-merk itu udah nggak dipasarin lagi gara-gara nggak lolos sensor BPOM, hahaha..

Gimana dengan Anda? Jajanan apa yang Anda suka jaman dulu tapi sekarang sudah nggak dijual lagi?