Wednesday, August 4, 2010

Kartu Ajaib

Pas janjian beberapa hari lalu mau kopi darat sama teman, saya pun nyambangin dos-q ke hotelnya di kawasan Dago. Teman saya udah kasih tahu saya via SMS bahwa resepsionisnya bakalan nganterin saya ke nomer kamar yang dos-q sebutin di SMS itu. Sebenarnya saya rada geli, ngapain seh bakalan dianterin resepsionis segala, lha wong saya pinter nyari nomer kamar sendiri (soalnya saya udah bakat jadi pengusaha hotel..amien!). Tapi kemudian saya pikir barangkali tuh hotel kamarnya banyak dan mungkin papan penunjuk jalannya kurang jelas, jadi saya nggak bisa cari kamar sendiri. Ntie saya ketangkep basah lagi kebingungan cari-cari kamar pula, dan kalau ketauan satpam yang lagi kumat parnonya, bisa-bisa saya dikira mau maling. Males banget ah kalau cantik-cantik dikira maling.. :-p
Tiba di hotel, saya ke resepsionis. Maksud hati mau bilang permisi sama resepsionis, apa daya penjaga resepsionisnya cuman satu dan di depan meja itu ada banyak banget tamu minta dilayani. Kesiyan saya lihat mbak resepsionis yang ribet sendirian itu, saya mutusin pergi ke lift sendirian.

Di depan lift ada petugas yang kayaknya lebih mirip housekeeper ketimbang bellboy (herean, d ari mana saya nebak-nebak jabatan cuman berdasarkan tampangnya aja?), lalu saya tersenyum. “Maaf, Pak, kamar nomer 3xx ada di lantai tiga ya?” Saya nggak tahu lho, saya cuman nebak. Kan biasanya angka depan kamar hotel menunjukkan lantai tempat kamar itu.
Kata sang petugas, “Iya, lantai tiga. Kartunya ada?”
Eh. Saya gelagapan. Kalau mau berkunjung tuh pakai kartu ya?
“Saya ditungguin tamunya di kamarnya,” kata saya nunjuk ke lantai atas.
“Sebentar,” kata petugasnya. Dia masuk ke ruang staf, lalu ambil semacam kartu.

Pintu lift membuka, lalu saya masuk dan pencet angka 3. Lho? Kok pintu liftnya nggak mau nutup?
Si petugas menghampiri lift, terus melambaikan kartunya itu ke semacam layar sensor di atas tombol lift. Baru deh lift-nya nutup. Eyalaa..ternyata mau naik ke kamar hotelnya aja kudu pakai kartu ajaib.

Maka naiklah saya ke lantai 3. Dengan cepat saya nemu kamar 3xx yang saya cari-cari. Saya ketok-ketok pintunya. Lho, kok nggak dibuka-buka? Jangan-jangan teman saya ketiduran nungguin saya.

Saya ambil HP, terus saya telfon teman saya itu. Ternyata dos-q ngangkat telepon.
“Hai, Mbak!” sapa saya. “Nginep di kamar berapa?”
Jawab temen saya, “Di kamar 5xx.”
Eyalaa..ternyata teman saya itu salah ngetikin nomer kamarnya di SMS-nya ke saya. Maksud hati mau nulis kamar 5xx, apa daya jari tangan malah keserimpet nulis kamar 3xx. Jadinya saya salah lantai, mestinya saya bukan ke lantai tiga, tapi ke lantai lima.

Tinggal saya celingak-celinguk. Gimana caranya saya naik ke lantai lima padahal saya nggak nemu petugas manapun yang bawa-bawa kartu ajaib?

Pas saya ke lift, eh..nyadar saya kalau di depan lift ada tangga. Maka naiklah saya pakai tangga itu. Ee..mendaratlah saya di lantai lima dan akhirnya berhasil ketemu teman saya.

Pas pulang dari kopi darat, saya jadi mikir-mikir, lucu amat yah nih hotel. Buat naik ke kamar tamu aja mesti pakai kartu ajaib. Mungkin maksudnya buat jagain privacy tamu. Tapi lha kalau saya jadi tamu tak diundang alias maling, saya tentu akan lebih milih naik tangga ketimbang naik lift. Kan naik tangga nggak usah pakai kartu ajaib..?

Kalau kita mau waspada terhadap maling, maka kita mesti bisa berpikir a la maling dulu..

Gambarnya ngambil dari sini