Friday, November 12, 2010

Studi Banding ke Kebun Binatang

Saya pernah lihat singa di Setail, di sana singa dikerangkeng dan nggak pernah saya denger singa kabur dan keluyuran di Surabaya.
Saya pernah foto-fotoan di depan kandang gajah di Ragunan, kandangnya juga digembok rapet dan gajahnya nggak bisa kabur.
Saya pernah nontonin buaya di Tamansari, biarpun buayanya ganas tapi nggak pernah ada buaya lepas dari kebun binatang itu.
Tadinya saya pikir karena kebun binatang itu kecil, jadi ngawasinnya gampang. Tapi kemudian saya sering keluar-masuk Taman Safari yang notabenenya lebih luas ketimbang kebun binatang, bahkan mobil saya keluar-masuk tempat dikurungnya macan-macan buas, tapi meskipun ribuan mobil bisa keluar dari sana, nggak pernah ada berita macan bisa kabur dari Taman Safari, terus pakai rambut palsu dan nongkrong di stadion buat motret pertandingan tenis.

Jadi, kalau binatang aja nggak bisa kabur dari kebun binatang, kok bisa narapidana lepas dari penjara?? Padahal penjara kan lebih kecil ketimbang kebun binatang? Kan penjara dan kebun binatang sama-sama digembok rapet?

Malah temen saya Bang Codet semalam bilang di Twitter, masih lebih bagus keamanan di kebun binatang, seumur-umur kan nggak pernah ada kita denger ceritanya macan lolos keluar dari kebun binatang. Mungkin bagusnya para penjahat dikerangkeng aja di sana, jangan dikurung di penjara. Sudah penjara kita kesempitan, penghuninya banyak, dapet makan cuman dikit, toilet satu aja dipakai rame-rame. Masih enak macan-macan di kebun binatang, sudah ruang gerak di kamarnya super luas, sehari dikasih makan daging berkilo-kilo, mau pup aja nggak usah nunggu ngantre bareng temen-temennya.

Barangkali kebun binatang jangan cuman jadi ajang karyawisata buat anak sekolah. Mbok sekalian kebun binatang dijadikan ajang studi banding buat para sipir penjara. Sebagai sesama pemegang gembok, siapa tahu para sipir penjara bisa belajar sama para penjaga kebun binatang tentang gimana caranya mengunci gembok yang baik dan bener. Dan jangan lupa kunci gembok itu mesti dipegang di saku penjaganya, bukan malah disimpen sama penghuni kurungannya..
http://laurentina.wordpress.com
www.georgetterox.blogspot.com