Saturday, June 18, 2011

Taruh HP-mu, Hiduplah Seperti Khong Guan!

Sewaktu saya masih sekolah dulu, pelajaran membaca dalam buku bahasa Indonesia saya biasanya berbunyi begini,

Ibu memasak di dapur.
Kakak belajar di kamar.
Adik bermain di lantai.
Ayah mencangkul di sawah.

Sedikit lebih tinggi levelnya daripada “Ini ibu Budi.

Tetapi nampaknya pada masa kini, pelajaran membaca itu mesti diganti dengan yang lebih relevan.

Ibu sedang meng-update status di Facebook.
Kakak lagi ngeblog.
Adik lagi ng-upload foto.
Ayah lupa password Twitter-nya.

Karena kemaren, setelah sekian lama hidup berpisah, akhirnya sewaktu pulang ke Bandung minggu ini, bokap dan nyokap saya berusaha merayu saya supaya saya mau tidur di kamar nyokap saya. Tadinya saya menolak ide itu mentah-mentah. Saya udah gede, tau, saya nggak kelonan sama orang tua saya lagi, dan saya lebih suka tidur di kamar saya sendiri. Tapi kemudian, bu de dan pak de saya dateng juga buat liburan kemari, menyita kamar saya, bikin saya mengalah sehingga saya mengungsi ke kamar bonyok saya. Dan bonyok saya pun berjingkrak penuh kemenangan. “Aseek..tidur sama Vicky lagi!”

Dan setelah saya sekamar dengan mereka lagi, ternyata apa yang terjadi? Saya malah asyik ngejawab komentar-komentar blog dari HP saya, nyokap saya sibuk bales-balesan update status Facebook sama temennya dari HP-nya, dan bokap saya sibuk melototin kompie tabletnya. See, ternyata biarpun kami akhirnya “tidur” bersama, nyata-nyatanya kami malah sibuk dengan gadget masing-masing.

Saya sendiri masih inget beberapa minggu lalu, sewaktu saya dan my hunk kencan di sebuah restoran, ketika makanan pesanan kami sudah dateng, dan my hunk sudah siap makan, tapi saya masih sibuk melototin HP. My hunk negor saya, ngajak saya mulai makan, tapi saya malah bilang, “Tunggu dong, Mas, aku masih check-in ini..” sembari senewen lihat layarnya Foursquare yang loading-nya lelet. Padahal bukannya saya nggak cinta sama my hunk lho, tapi saya cuman lagi pamer ke dunia kalau saya lagi kencan sama pacar saya..

Kalau lagi makan sendirian terus HP-an, nggak pa-pa, kali ya?
Tapi kalau lagi makan sama orang lain, jangan deh ah..
Gambar: http://imagesource.com
Saya juga yakin bahwa saya bukan satu-satunya yang norak di dunia ini karena nggak bisa melepaskan HP saya. Coba pikir, apa yang Anda lakukan pertama kali kalau bangun tidur? Matiin alarm dari HP, kan? Sewaktu di HP ada tumpukan notifikasi, entah itu SMS atau e-mail, pasti Anda gatel untuk membukanya, kan? Nanti Anda mandi, sebelum mandi, lihat HP dulu kan? Lagi nyeduh teh buat sarapan, tangan kanan ngaduk teh, dan tangan kiri baca HP juga kan? Bahkan di kantor, sebelum Anda mau rapat, Anda pasti nge-silent HP dulu kan? Mau pulang dari kantor dan jalan ke mobil yang diparkir, Anda lihat HP dulu kan? Nanti di rumah sebelum tidur, mau pasang alarm, pasti lihat HP dulu kan? Pokoknya, hampir setiap saat, kita nggak bisa ngelepasin HP itu..

Harusnya yang dipegang itu Khong Guan. Bukan HP..
Jadi saya ngakak, sewaktu beberapa hari lalu my hunk ngirimin saya gambar ini. Kolega saya bilang bahwa itu “gambar masa kini”. Berapa banyak dari kita yang telah kehilangan sopan santun gara-gara pas lagi makan sama orang lain, kita malah sibuk HP-an?

Padahal mbok sesekali saya kepingin makan dengan tenang, sembari chit-chat sama partner makan saya, memandangi tampangnya yang cakep, bukan sibuk ngoceh di Twitter, “Aku lagi makan bebek goreng sama si Anu..”

Mungkin lain kali sekolah tata boga harus merevisi pedoman tata meja makannya. Jadi di tiap sisi meja makan itu nggak cuman disediakan piring di tengah, sendok dan pisau di kanan, garpu di kiri, tapi di alas makannya juga harus disediakan tempat buat naruh HP..

Nggak mau kan HP Anda berakhir kayak gini?
Gambar: http://guntothingatheist.blogspot.com
Tetapi saya juga nggak menyangkal, kadang-kadang kalau saya lagi makan, HP saya nge-buzz bolak-balik, pertanda si pemanggil itu ngeyel minta saya bales pesannya saat itu juga. Kadang-kadang nggak cuman pas lagi makan, seringkali pesan berbau darurat masuk ke HP saya pas saya lagi nyuci baju, atau pas saya lagi pup, intinya pas tangan saya lagi basah sehingga nggak kompeten buat megang HP. Mosok saya harus bawa HP kalau saya lagi ngedhen di toilet? Lha kalau saya lagi pup, terus saya kehilangan keseimbangan dan HP-nya jatuh ke lobang toilet, gimana?? (Tidak usah dibayangkan!)

Jadi, Sodara-sodara, sekali-kali taruhlah HP-mu dan hiduplah seperti manusia yang nggak pakai mesin. Tidak semua orang beruntung bisa makan enak, jadi kenapa kita nggak bersyukur dengan memandangi makanannya seperti kita memandang Richard Gere yang sexy, bukan memandang HP yang nggak ada cakep-cakepnya sama sekali?

Karena, hendaklah ruang makan itu seperti gambar di kaleng Khong Guan. Harusnya, yang dipegang itu biskuit, bukan HP..