Monday, August 17, 2009

Belajar Kehilangan


Kata orang di majalah, salah satu bagian tubuhnya perempuan yang sekseh itu pergelangan tangannya. Gw bingung dengan yang ini, mosok dengan liat pergelangan tangan perempuan aja bisa bikin horny? Gw sendiri nggak pernah horny gara-gara liat pergelangan tangan laki-laki. Tapi memang ada satu masa di mana gw pernah horny ke pacar gw gara-gara gw liat ARLOJI di pergelangan tangannya.

Para perancang perhiasan nampaknya sadar ini, jadi mereka bikinin gelang buat menghias pergelangan tangan perempuan. Gw sendiri termasuk penggemar setianya gelang. Kalo keluar rumah atau mau nerima tamu, biasanya gw dandan lengkap pake gelang. Pokoke kalo nggak pake gelang, rasanya gimanaa..gitu.
*Anehnya, kalo nggak lagi keluar rumah, kok gelangnya nggak dipake ya?*

Nah, gelang milik gw tuh macem-macem di kotak perhiasan gw, tapi ada satu yang paling sering gw pake dan gw makenya tiap hari. Gw seneng make ini coz desainnya simpel tapi cukup bikin pergelangan tangan gw rada dekoratif gitu. Gw beli gelang ini di Jogja, beberapa tahun lalu, bahannya dari stainless steel. Sekarang warnanya udah pudar tapi gw masih tetep aja seneng.

Ceritanya dua minggu lalu kan gw ke Surabaya buat konferensi dan nginep di rumah paman gw. Gw inget pas dateng pertama, gw masih pake gelang itu. Nah pas gw mau konferensi besoknya, gw pake gelang yang lain, sementara gelang favorit gw ya gw taruh di meja deket tempat tidur. Waktu berangkat, gw udah pastikan kamar gw tinggal dalam keadaan rapi.

Pas gw pulang dari konferensi sorenya, ternyata gw liat koper gw, bantal dan selimut gw, udah pada pindah posisi. Terus gw raba lantai, juga kayaknya lebih bersih. Oh, ternyata anak-anak sepupu gw yang masih balita pada main di situ, pas gw lagi nggak ada. Terus setelahnya tuh kamar dirapiin lagi, entah oleh tante gw atau oleh asisten pribadinya.

Tapi pas gw mulai mencopot baju gw satu per satu, gw baru nyadar: Gelang stainless steel gw nggak ada.

Aduh, ke mana ya tuh gelang? Jangan-jangan jatuh dari meja, truz kesapu pas sang asisten pribadi lagi nyapu lantai. Gw cari di sudut-sudut, berharap keselip di bawah perabot gitu, tapi tetep aja nggak ketemu.

Ih, sayang deh. Padahal tuh gelang, biarpun murah, ada nilai historisnya. Itu termasuk barang yang gw beli pake honor pertama gw setelah gw praktek dan mulai punya penghasilan sendiri. Kalo gw lagi kumat sombongnya, biasanya gw nggak sengaja liat gelang di pergelangan tangan gw itu, dan gw segera ingat bahwa gw pernah jadi orang susah yang buat nyari duit seribuan aja kudu nunggu orderan jaga klinik dulu.

Ya nggak pa-pa sih gelangnya ilang, gw bisa beli lagi yang lebih bagus. Tapi kan gw udah pake gelang itu bertahun-tahun, aneh rasanya barang itu nggak di tangan gw lagi.

Ini masalah kebiasaan yang mendadak kudu diilangin. Yang biasanya pake gelang, tau-tau jadi nggak pake gelang. Ketika kebiasaan itu harus ilang, hati rasanya nggak rela.

Akhirnya semenjak dua minggu lalu, gw nggak pake gelang stainless steel itu lagi. Kangen sih, tapi gw berusaha ikhlas. Mungkin tuh gelang bukan milik gw. Mungkin duit yang gw pake buat beli gelang itu, dari rejeki yang nggak halal. Sekiranya gelang itu jatuh ke tangan orang lain, mudah-mudahan orang yang makenya sekarang, jadi cantik juga kayak gw.

Belajar dari film Friends, kau nggak pernah tau betapa berharganya yang kaumiliki sampai ketika hal itu hilang. Sementara menurut gw, kesulitan terbesar saat kau kehilangan sesuatu adalah saat kau tidak bisa merelakannya.

Pernahkah Anda kehilangan sesuatu yang Anda nggak bisa relakan? Dompet, nilai A, tawaran kerjaan, kekasih? Gw pernah itu, semuanya. Butuh waktu yang lama buat gw untuk menerima setiap kehilangan itu. Dan butuh waktu yang lama juga buat gw, untuk menyadari, bahwa di setiap susah yang gw dapat setiap kehilangan itu, akhirnya gw selalu dapet yang lebih bagus.

Semalam, pas gw lagi ngobok-ngobok tas kosmetik gw buat nyari salep antibiotik, mendadak jari gw meraba sebuah rantai. Gw angkat, dan gw bengong. Heeh, ini kan gelang stainless steel gw yang ilang?!

Gw marah-marahin tuh gelang. Kamu ke mana aja dua minggu ini, dodol? Udah dua minggu tangan gw menggelepar tanpa kehadiran kamu! Tahukah kamu, selama dua minggu ini, gw kesepian coz kamu nggak ada?

Tentu saja gelang itu cuman diem aja waktu gw marahin. Dia kan..cuma gelang!

Hehehe..sekarang tiap hari tangan gw pake gelang lagi. Jadinya pergelangan tangan gw sekseh kembali. Eh, salah deng. Ternyata ada gelang atau pun nggak ada, pergelangan tangan gw tetap sekseh kok..