Sunday, August 23, 2009

Kebanyakan Obat


Gw menghela napas dengan prihatin waktu meriksa lemari obat di kantor kami kemaren. Obatnya terlalu banyak, tapi pasiennya terlalu dikit.

Sekitar enam bulan lalu, gw dimintain nasehat, obat-obatan apa yang kudu disediain buat klinik untuk tahun ini. Proposal akan dibikin, diajuin ke Direktorat Jenderal di Jakarta, lalu mereka akan nurunin sejumlah dana buat kantor kami untuk beli obat-obatan baru. Jawaban gw, nggak usah beli obat lagi. Toh stok obat yang tahun lalu masih banyak. Malah perhitungan ramalan gw, stok obat di kantor kami masih cukup sampai dua tahun lagi.

Tapi dari Dinas, ada semacam "ngeyel" bahwa kantor kami mesti ngajuin permintaan stok obat yang baru. Alasannya, dari anggaran Negara juga udah diplot dana sekian juta buat penyediaan obat di klinik-kliniknya Pemerintah, termasuk klinik tempat gw kerja. Dana itu kudu abis buat laporan Negara. Nah, daripada dananya "diabisin" di Jakarta, kan mending dipake buat beli obat untuk klinik-klinik di pelosok.

Setahun gw kerja di klinik Negara di pelosok Cali, gw mencoba memetakan masalah kenapa rakyat kecil susah maju dalam urusan memperoleh pelayanan kesehatan. Lalu gw kenalan sama seorang mantri, sebut aja namanya Sutan. Sutan ini cerita ke gw, bahwa dia pernah kerja di Pustu di pinggiran Sungai Kapuas.

Pustu alias Puskesmas Pembantu, adalah jenis Puskesmas yang ada di pelosok-pelosok kecil dan umumnya sulit dijangkau pake mobil. Kebanyakan Pustu nggak ada dokternya, dan yang ngelola Pustu itu cuman ada 1-2 orang perawat. Sutan adalah salah satu mantri yang pernah jagain Pustu itu.

Karena posisinya yang di pelosok, rakyat yang berobat di Pustu itu dikit banget. Paling sehari yang berobat cuma 1-2 orang. Maka bisa dibayangin, beban obat yang kudu dikeluarin oleh Pustu itu nggak terlalu berat. Buat seorang perawat, paling-paling penyakit yang bisa ditanganin sendiri hanyalah penyakit khas Puskesmas, yaitu PUSing, KESeleo, dan MASuk-angin.

Masalah buat Sutan cuman satu: Stok obatnya terlalu banyak.

Sudah dikasih tau oleh Sutan ke penilik penyediaan obat di Dinas Kesehatan, bahwa pasien yang berobat ke sana setahunnya nggak nyampe 100 orang. Tapi tetap aja dari Dinas didrop ke Puskesmas mungil itu obat yang jumlahnya cukup buat 1000 orang. Mungkin dikira mereka stok obat itu seperti stok berasnya Bulog, nggak boleh sampai kurang, tapi kalo ada lebih ya syukur.

Sutan, seorang perawat yang berdedikasi, nggak suka kata mubazir. Dan stok obat yang dijatuhin ke Pustu-nya terancam mubazir. Pasien terlalu dikit, obat terlalu banyak. Mau diapain obat-obatan gratisan ini? Kalo dibiarin numpuk doang, nanti obatnya kadaluwarsa. Sayang kalo obat kudu dibuang sia-sia cuman gara-gara kadaluwarsa.

Akhirnya Sutan ambil jalan pintas. Obat-obatan yang terancam nggak kepake, olehnya dijual ke perawat-perawat lain yang kebetulan ngobyek. Di pelosok-pelosok memang sering nggak ada dokter, maka penduduk yang sakit sering berobat ke bidan, mantri, atau suster yang ada. Dengan cara itu, Sutan berhasil mengeliminasi obat-obatan gratis dari Pemerintah yang melebihi kebutuhan itu, menghindari obat yang kadaluwarsa, dan mendatangkan "bisnis".

Gw bertanya-tanya dalam hati, korupsikah ini? Tapi gw sendiri udah pengalaman ngeliat, kalo kita bilang ke atasan pengelola anggaran bahwa kenyataannya kita cuman butuh dana Rp 1 juta, pasti dari atasan malah dikasih Rp 10 juta coz teori di atas kertasnya emang jumlah kebutuhannya segitu.

Dan ini nggak cuman terjadi di pinggiran Sungai Kapuas di Cali. Kolega gw, seorang dokter di Papua Barat, pernah cerita bahwa di Puskesmasnya ada stok obat maag yang bejibun banget. Padahal jarang ada orang dateng ke Puskesmasnya buat ngeluh sakit perut. Akhirnya, jalan keluarnya, tiap pasien yang berobat sakit apapun di Puskesmas itu, dikasih bonus obat maag dengan dalih "buat persediaan di rumah", hehehe..

Gw sering kesiyan kalo baca berita banyak orang sakit parah lantaran nggak bisa beli obat. Tapi jarang banget ada berita bahwa kantor layanan Pemerintah sering banget kelebihan obat dan pada akhirnya obatnya jadi kadaluwarsa. Padahal obat-obatan itu kan dibeli pake pajaknya rakyat.

Masalahnya bukanlah anggaran negara itu kekurangan biaya buat melayani rakyatnya. Pemerintah nggak pernah bokek kok. Tetapi masalah besarnya, manajemen pengelolaan anggaran itu yang seringkali nggak mampu membaca kebutuhan nyata yang ada di lapangan.