Saturday, May 14, 2011

Bisa Dulu? Punya Dulu?

Mana duluan? Ayam dulu atau telor dulu? Punya kamera dulu atau bisa motret dulu? Punya leptop dulu atau bisa ngetik dulu?

Nah, minggu lalu kolega saya ngaku ke saya. Katanya, dia nggak bisa nyetir mobil di Surabaya.

Lha? Padahal dia cowok lho. Dan umurnya sudah 37 tahun, setau saya.
(Eh, memangnya cowok itu wajib bisa nyetir mobil ya? Apalagi kalo umurnya sudah 37 tahun? Apa hubungannya, coba?)

Lanjut. Kolega saya itu bisa nyetir mobil. Di kampung asalnya, sebuah kota kecil di kawasan Indonesia Barat, dia biasa nyetir mobil ke mana-mana. Tapi di Surabaya enggak nyetir. Soalnya, alasan kedua, lalu-lintas di Surabaya kan jauh lebih rame ketimbang lalu-lintas di kampungnya, jadi kemungkinan kecelakaan lebih besar. Kesimpulannya, nggak pe-de gitu lho.

Alasan pertama? Lha dia mau nyetir mobil siapa di Surabaya? Kendaraan andalannya sehari-hari adalah sepeda motor miliknya.

Makanya kolega saya ini nggak bisa nyetir mobil di Surabaya.

Ini gimana ya solusinya, Teman-teman? Apakah harus latihan nyetir dulu di Surabaya supaya terbiasa nyetir di Surabaya? Kalau mau latihan nyetir, pakai mobil siapa? Apa ada ya orang bela-belain les nyetir dengan alasan "kepingin bisa nyetir DI SURABAYA"?

Lalu, kan kita inget bahwa keterampilan itu akan hilang kalau nggak biasa digunakan. Jadi kalau udah lulus les nyetir, mesti sering-sering nyetir dong? Lha kalau nggak punya mobil gimana? Mosok harus beli mobil dulu supaya nggak lupa caranya nyetir? Kan nggak mungkin nodongin teman buat nyetirin mobilnya teman setiap hari?

Apalagi sekarang kecanggihan mobil sudah meningkat. Banyak diproduksi mobil matic. Kita tahu, ada orang yang cuman bisa nyetir mobil manual, tapi nggak bisa nyetir mobil matic. Apakah orang kudu beli mobil matic duluan supaya bisa nyetir mobil matic?
http://laurentina.wordpress.com
www.georgetterox.blogspot.com