Monday, February 16, 2009

Jangan Mati!


Lupakan kampanye Matikan-Dua-Lampu-yang-Tidak-Digunakan, itu gagal! Orang-orang segan matiin lampu rumah mereka cuman buat hemat energi, dengan beragam alasan:
1. "Lampu yang nggak dipake? Semuanya dipake kooq.."
2. "Saya nggak pernah matiin lampu kamar mandi. Kalo dimatiin, nanti kalo saya kebelet gimana? Kalo saya sibuk nyariin saklar, bisa-bisa produk saya rilis duluan.."
3. Atau, "Saya nggak berani matiin lampu dapur kalo waktunya tidur. Takut ada tikus!"
4. "Katanya setan seneng sama tempat yang gelap-gelap lho.."

Dengan segala alasan cemen di atas, nggak heran bangsa ini gagal mengurangi tuntutan beban listrik yang mesti ditanggung PLN.

Tapi semalam, nampaknya PLN dapet modus baru untuk ngurangin pasokan listrik. Dimulai setelah gw makan malam, gw lagi menelaah komentar-komentar di blog gw, dan tiba-tiba.. lampu apartemen gw meredup.

Lampunya masih nyala, tapi ngga seterang biasanya. Ngga cukup terang buat baca buku, tapi masih cukup terang buat jalan cari senter. Dan lampu tetangga gw juga gitu.

Ini namanya bukan pemadaman listrik, tapi peredupan lampu. Bahkan gw juga baru pertama kali kepikiran. Agak lama lho, kira-kira 1-2 jam.

Gw sibuk ngitung berapa banyak energi listrik yang bisa dihemat PLN kalo manuver ini jadi kebiasaan. Setidaknya ini cuman ngurangin aktivitas penduduk, tapi yang penting, bukan melumpuhkannya. Lagian apa sih yang dikerjain keluarga Pulang Pisau pada Minggu malam? Paling-paling nonton sinetron mehek-mehek. Bayangin kalo pasokan energi listrik ke rumah penduduk direduksi pada setiap malam hari. Gw yakin bangsa ini bakalan jadi pinter coz terbebas dari jajahan sinetron cengeng yang ditayangin di tv. Asal yang penting lampu diredupin, bukan listrik dimatiin. Dan dilakukan bukan pada jam kerja, tapi pada jam sinetron!

*Vic, sebenarnya lu nulis ini buat kampanye hemat energi, atau kampanye anti sinetron?*