Saturday, February 21, 2009

Ributnya Kualitas


Semua orang kepingin eksis di internet. Cara standar buat eksis, ya punya account Friendster atau Facebook. Ada juga yang kepingin eksis dengan komentar di website punya orang-orang.

Pernah ngga kau perhatikan komentar-komentar yang nyatronin blogmu? Berapa jumlahnya sekali post? 30? 50? 75? Punya gw sih masih jauh dari sebanyak itu. Maklum, masih blogger gurem, hehehe.. Tapi gw percaya, dengan peningkatan mutu, audience tetap akan makin banyak. Masalahnya adalah gimana merangsang mereka supaya mau berpartisipasi dengan urun berisik alias berkomentar.

Lalu, pernah ngga kau perhatikan komentar-komentar macam apa yang dilontarin? Ada yang nampak cerdas, ada yang biasa-biasa aja, ada yang keliatan banget cuman mau mejeng nama doang. Inilah contohnya:

1. KOMENTAR NGGA ADA MANFAATNYA
Komentar yang dikasih ngga kasih info baru, atau cuman idem doang sama tulisan gw. Persis beo, cuman nulis satu kata, "Setuju!" Orang kayak gini kayaknya lebih repot nulis nama dan URL-nya panjang-panjang ketimbang mengapresiasi blog gw.

2. GW NULIS KE MANA, KOMENTARNYA JUGA KE MANA.
Jaka sembung jadi Batman. Ngga nyambung, Man! Gw nulis soal peredaran obat palsu, yang dikomentarin malah maskara gw yang terlalu lentik. Ibaratnya nonton seminar, penontonnya bukannya menyimak isi seminarnya, tapi malah sibuk perhatiin presenternya yang bohay. Aih, dangkal banget sih lu!

3. KOMENTAR SAMPAH.
Sebenarnya tujuannya dateng ke blog gw bukan mau baca tulisan gw, tapi mau ngiklanin website dia yang penuh Adsense. Biasanya isinya, "Mau duit gratis? Klik http://..." Enaknya siapa-siapa yang berani ngiklan di blog gw, gw tarikin pajak.

4. KOMENTAR NGGA DIKASIH NAMA
Dalam dunia internet, banyak ngomong tanpa nampakin jatidirinya sah-sah aja. Tapi gw masih pegang ajaran guru-guru bahasa gw jaman sekolah dulu (biarpun udah berkali-kali gw pisuh di blog ini): jangan sekali-kali nulis surat kaleng, coz itu nggak sopan. Dan gw juga mau jemaat yang dateng ke blog gw orangnya punya etika dan mau perkenalkan diri, bukan orang gaptek yang cuman bisa ngomong tanpa pamerin batang idungnya.

Karena itu gw putusin sekarang dengan otoritas penuh, komentar yang masuk kategori-kategori di atas, akan langsung gw reject, hahaha! Sori buat yang merasa komentarnya nggak diapresiasi sama gw, dan gw tau ini akan mereduksi jumlah pengunjung yang ngedatengin gw. Tapi gw toh emang bukan blogger komersil yang sudi disetir oleh ranking Alexa atau setoran Adsense, jadi ngga peduli soal kuantitas komentar. Coz gw cuman mau jemaat gw berkualitas, bukan cuman pamer link atau mejeng surat kaleng doang.. Dan taruhan deh, kalian juga gitu kan?