Friday, March 12, 2010

Pondok Mertua Indah


"Aku kalo ke sana, nggak tidur di rumah mertuaku."

Tak sengaja gw nguping pembicaraan nyokap gw sama temennya.

Oh ya, intermezzo dulu. Kenapa ya setiap tulisan gw sering diilhami dari nguping rumpian orang lain? Mungkin lantaran gw udah bosen nulis tentang gosipnya gw sendiri, hehehe.

Jadi gini, sebut aja nyokap gw punya temen bernama Tante X. Tante X ini berasal dari sebuah kota bernama kota F. Tante X berjodoh dengan seorang pria dari kota G. Lalu mereka menikah dan tinggal di kota H.

Tante X ini wanita karier yang sering tugas keliling Indonesia. Sering dalam tugas jalan-jalan itu dos-q mesti nginep di hotel. Nah, kadang-kadang Tante X mesti tugas ke kota G. Tapi kalau lagi di kota G itu, dos-q nggak pernah nginep di rumah ibu suaminya.

Nyokap gw terheran-heran dengar cerita temennya itu. "Termasuk kalo Lebaran?"

"Yaa kalo Lebaran ya tidur situ. Kan ada suamiku. Tapi kalo aku nggak dateng sama suamiku, aku ya nggak mampir situ."

Gw dan nyokap mikir hal yang sama, kok sayang banget nginep di hotel padahal di kota itu kan ada rumah mertuanya?

Seperti biasa, gw berusaha berprasangka baik. Mungkin rumah mertua itu kecil, jadi nggak cukup kamarnya kalau si Tante X nginep. Maklumlah orang jaman dulu kan anaknya bejibun, kayaknya nggak ada cukup kamar buat tiap anak.

Tapi kata nyokap gw, "Mau tidurnya di kamar kek, mau tidurnya di sofa kek, pokoknya harus mau tidur di rumah mertua!"

Gw mengerutkan kening. Gw jujur aja, daripada tidur di sofa mertua, mendingan gw tidur di hotel. Gw tuh tipe yang nggak bisa diam kalau tidur, maunya goyang sana goyang sini, bisa-bisa rusak sofa mertua gw nanti. Kan nggak enak nanti, bisa-bisa mertua gw mikir gw menantu apaan.

Tapi mungkin gw ambil esensi aja dari kata nyokap. Kalau kau mencintai suamimu, kau harus mencintai keluarganya juga. Artinya orang tua suamimu adalah orangtuamu juga. Termasuk rumahnya adalah rumahmu juga. Jadi nggak ada alasan kamu nggak mau nginep di rumah mertua.

Hm, gw harus memastikan calon mertua gw mau terima gw apa adanya. Bahwa, gw punya kebiasaan buruk suka tidur selonjoran di sofa sembari baca koran. Gw suka bangun pagi-pagi buta dan alarm yang ngebangunin gw itu pakai musik rock. Oh ya, gw sering ninggalin kamar mandi dengan aroma sabun mandi gw yang harumnya nempel di ruangan dan nggak ilang-ilang.

Sanggupkah mertua punya mantu kayak gw? :D