Saturday, March 6, 2010

Oleh-oleh Batak

Minggu ini gw ketiban banyak rejeki coz banyak orang jalan-jalan dan inget buat beliin gw oleh-oleh. Yang pertama adalah nyokap gw yang baru jalan-jalan ke Medan, sedangkan yang kedua adalah nyokapnya temen gw yang baru jalan-jalan ke Bangkok. Hwahaha..terima kasih ya, Mom..terima kasih, Tante.. :-D

Banyak yang bilang bahwa ngasih hadiah buat gw tuh gampang-gampang susah. Soalnya gw tuh nggak suka lihat BLTB alias barang lucu tak berguna, jadinya ya paling bagus tuh ngasih gw berupa barang yang bisa dipakai.

Nyokap gw kan ke Medan minggu lalu, buat nemenin bokap gw konferensi. Nah, sementara bapak-bapaknya konferensi, para istri tuh diberdayakan buat jalan-jalan. Ceritanya nyokap gw pun cuci mata buat cari oleh-oleh.

Apa sih yang paling sering dicari kalau kita jalan-jalan ke Medan? Banyak orang yang bilang bahwa yang paling beken adalah bika ambon-nya. Nama yang aneh, menurut gw, kenapa dinamainnya bika ambon, padahal jelas-jelas semua orang juga tahu bahwa ambon itu adanya di Maluku. Mbok dinamain bika medan aja, napa?

Maka, jadilah nyokap gw beli bika ambon itu. Dan ternyata, kue yang banyak banget variannya di Indonesia ini, seperti yang pernah gw tulis di sini, nggak terlalu berkesan di lidah keluarga kami. Kayaknya bukan selera aja.

Justru yang dicari-cari nyokap gw adalah teri medan. Nyokap gw, saking kuatirnya nggak sempat beli teri, akhirnya nitip ke guide-nya ibu-ibu darmawisata supaya beliin teri dan dikirim ke kamar hotelnya. Ini sempat jadi masalah coz resepsionisnya ketakutan setengah mati waktu nerima paket kiriman si guide itu.

Resepsionis: “Maaf, Bu X, ada kiriman buat Bu X.”
Nyokap: “Oh iya, itu teri! Tolong bawain ke kamar saya ya?”
Resepsionis: “Ngg..tapi Bu, maaf..”(entah ngomong apa, yang intinya bilang bahwa teri nggak boleh masuk kamar)
Nyokap: “Nanti saya bungkus pakai kertas koran!” (dalam hati ketawa ngakak. Pasti hotelnya melarang teri medan masuk kamar coz takut terinya bikin kamar jadi bauk)

Berikutnya, kalau keluarga kita mampir ke mana-mana senengnya lihat kain batik, lha kan kalau di Sumatera Utara nggak ada batik, adanya ulos. Jadi pas jalan-jalan ke entah Brastagi atau entah Parapat itu, nyokap gw sempat mampir di sentra ulos itu. Nyari-nyari siapa tahu ada ulos buat gw. Tapi ternyata nyari ulos buat gadis Jawa yang masih perawan ceria kayak gw ini susah.

“Mahal-mahal, Ky,” kata nyokap gw pas cerita ke gw sepulangnya. “Ngomong-ngomong, memangnya koen mau pakai ulos itu ke mana? Lha koen senengnya kan pakai gaun, mosok matching ulos itu sama gaun?”

Gw pikir-pikir, iya juga ya. Lha selama ini gw nggak pernah lihat perempuan pakai ulos di Bandung. Eh pernah ding sekali, itu juga pas nonton orang Batak melayat. Kesannya kok suram gitu ya?

Eh, tapi nyokap gw nggak putus asa. Akhirnya nyokap gw nemulah satu sudut yang jual kain-kain gitu, yang konon katanya itu motif Batak. Dan nemulah kain lebar yang motifnya bagus, warnanya merah, pas banget dah buat gw. Ha, pikir nyokap gw. Kalau Vicky nggak mau pakai ini ke pesta, setidaknya matching buat selimutan.

Pas tiba di rumah dan gw lihat kain yang motifnya bagus itu, gw langsung suka. Eh, pas gw teliti lagi, gw terpana lihat selembar stiker yang nempel di kain itu. “Lho, Mom?” seru gw. “Kok ini tulisannya batik cap Samarinda??”

Haiyaaah..nyokap gw akhirnya bilang. “Lha katanya jual kain khas orang Mbatak di situ, ya sudah Mom pilih yang warnanya paling bagus aja. Mana Mom tahu kalau itu bikinan Samarinda, dijualnya kan di tempat situ sama dengan ulos-ulos yang lain?”

Gw ketawa ngakak aja. Yah, untung tuh batik Samarinda lumayan halus bahannya, jadi ya bisa gw pakailah buat menggeliat-geliat di tempat tidur. Tapi ya tetep aja gw kepikiran, emangnya cewek-cewek Batak sering pakai ulos nggak sih? Kalau sampai bela-belain beli kain terus cuman dipakai buat acara tertentu aja kok rasanya ya sayang gitu. Gw kalau ke pemakaman aja suka lupa bawa kerudung, gimana mau pakai ulos? Terus, ulos itu kayaknya nggak matching aja kalau gw pakai ke kondangan.

Sampai kemudian gw baca twit-nya Eka Situmorang, yang mana dos-q kemaren baru tiba di Medan dan tercengang dikasih ulos warna pink. Heeh..ulos ada yang warna pink??

Jadi, melalui blog ini, gw mau tanya ke para jemaah yang ahli urusan peroleh-olehan Batak, sebenarnya oleh-oleh yang menarik dari Sumatera Utara itu apa sih? Selain bika ya, coz kayaknya bika udah nggak mempan buat gw..