Sunday, November 29, 2009

Ayah Duluan, Bunda Belakangan


Logikanya, anak kecil mestinya bisa manggil emaknya duluan ketimbang manggil bapaknya. Alasannya, emaknya yang biasa meluk dia, nggendong dia, sekalian nyusuin. Jadi anak pasti lebih dekat ke emaknya dong ketimbang ke bapaknya.

Coba Anda ingat-ingat, anak Anda manggil yang mana duluan, Mimi atau Pipi?

*Vic, nggak ada orang nyuruh anaknya manggil Mimi-Pipi. Yang kayak gitu cuman Krisdayanti dan Anang..*

Teman gw tahun lalu curhat, jadi anaknya yang baru umur setahun itu baru bisa manggil "Ayah, Ayah", gitu. Padahal teman gw yang ngelahirinnya belum juga dipanggil anaknya. "Kok duluan manggil bapaknya sih ketimbang manggil ibunya? Kan gw yang ngelahirin.."

Lalu gw tanya, emangnya dia maunya dipanggil apa? Ibu? Mama?

Jawab teman gw itu, "Bunda.."

Gw ngakak keras. Ya iyalaah..

Sekedar info ya, anak itu belajar ngomong kata-kata itu kan juga harus ada alatnya. Misalnya, untuk ngucapin "bunda", dibutuhkan huruf b, huruf n, dan huruf d. Bilang huruf b sih gampang, coz cuman butuh bibir doang. Tapi untuk ngucapin huruf d, kita perlu naruh ujung lidah di ujung langit-langit depan atas mulut. Anak umur setahun akan susah buat kordinasi lidah dan langit-langitnya untuk itu. Apalagi juga kalo yang diucapin itu huruf n, coz ujung lidahnya bukan diparkir di ujung langit-langit depan, tapi di langit-langit agak ke belakang sedikit. Pusing? Cobain aja sendiri, pasti susah.

Makanya lebih gampang manggil "ayah", coz cuman butuh huruf y dan huruf h. Mau ngucapin huruf h cukup nafas via mulut. Mau ngucapin huruf y, cukup melayang-layangkan lidah dan ini gampang buat anak kecil. Itu sebabnya, biasanya anak duluan manggil ayah ketimbang bunda.

Dan, ini menjelaskan kenapa anak Indonesia jaman sekarang lebih banyak yang manggil Mama-Papa ketimbang Ayah-Bunda. Manggil Mama-Papa itu bukan karena dididik orangtuanya a la ke-Barat-Barat-an, tapi karena ngucapin huruf m dan huruf p itu cuman butuh bibir, dan bibir itulah alat pertama yang bisa dipake anak buat belajar bicara.

Jadi kapan dong anak manggil bunda-nya? Ya nanti, kalo anak sudah bisa mengkordinasi alat-alat mulutnya, markir ujung lidahnya di ujung depan langit atas.. :-)

Sabar ya, para bunda. Yang penting sekarang, biarpun belum bisa manggil bunda, anak kalo pengen nyusu ya tetep nyariin bundanya, bukan nyariin ayahnya. Kalo anak pengen nyusu malah nyariin ayahnya, kan berabe nanti..