Friday, November 27, 2009

Jemaah Kelas Dua


Kata nyokap, dengerin khotbah itu kegiatan yang mulia. Makanya kalo habis ritual itu, jangan langsung copot kerudung lalu ambil sendal truz minggat.

Gw sih mufakat aja kalo dengerin khotbah itu mulia. Yang nggak mufakat itu kalo gw denger pengkhotbahnya itu berkhotbah sambil marah-marah. Entah apa yang diamuknya itu, mulai dari ngamukin orang yang nggak seagama, ngamukin orang yang nggak mau nyembeleh ayam, sampai ngamukin perempuan-perempuan yang nggak sudi dipoligami.

Tapi sudahlah, gw bukan mau ngomongin itu hari ini.

Ceritanya gw udah dateng pagi-pagi buat ritual hari ini. Udah dandan yang cantik, pake baju bersih, pake parfum kesayangan. Sampai di TKP, jemaah laki-laki dan jemaah perempuan dipisah. Jemaah laki-laki di lantai dua, sedangkan jemaah perempuan di lantai tiga dan satu. Gw pilih duduk di lantai paling bawah, biar nggak usah naik-naik.

*Dasar pemalas! Olahraga, napa?*

(Bukan gituu.. Ntar kalo naik-naik kan jadi keringetan dan bedaknya luntur. Mosok kalo ngadepin orang lain kita mau dandan secantik mungkin, tapi kalo ngadepin Tuhan nggak mau usaha cantik sih?)

Jadi gw ambil lantai pertama, barisan paling depan. Di sana cuman ada layar in focus yang nyutingin lantai dua tempatnya jemaah laki-laki. Gw lihat beberapa laki-laki disyuting di situ, ada yang pake kumis, ada yang jenggotnya kayak embek, ada yang cakep, ada yang mulutnya perot, lhoo..kok malah jadi nontonin cowok-cowok? Ke sini kan mau menghadap Tuhan? Ayo fokus, fokus!

Singkat cerita, gw kudungkan kepala gw, lalu mulai nge-silent HP. Eh, kok panas ya? Gw ngedongak, eh ternyata nggak ada kipas angin. Gw ngelirik ke pojok langit-langit. Ada sih AC, tapi pitanya diem aja lunglai nggak melambai-lambai. Haiyaah..AC-nya mati.

Gw nunggu tukang AC, tapi kok nggak dateng-dateng. Ingin rasanya gw teriak, "Hoii..yang ngumpetin remote AC, balikin dong!" (Serasa masih kuliah di gedung sekolah gw nan panas dulu di Jatinangor, hahaha..)

Dari luar terdengar sayup-sayup pidato sambutan ketua panitia hari raya. Gw sebenarnya kepingin nyimak tahun ini yang disembeleh kambingnya ada berapa ekor, sapinya berapa ekor. Tapi gw nggak bisa denger. Lha ruangan jemaah tempat gw nggak ada pengeras suaranya..

Untunglah ada tivi itu. Jadi begitu di tivi keliatan para pria berdiri sembari siap-siap ritual, maka wanita-wanita di ruangan gw pun berdiri juga. Ritual pun jalan. Ironis. Untung pintu ruangan gw dibuka, jadi suara di luar masih bisa kedengeran. Gw yang di dalam gedung harus dengerin pengeras suara dari luar supaya gw bisa ngikutin imamnya.

Dalam 10 menit ritual pun selesai. Sekarang waktunya khotbah. Gw bengong ngeliat tivi. Imamnya sih ngomong komat-kamit. Tapi suaranya nggak kedengeran, bo'..

Gw lirak-lirik jemaah wanita sekitar gw. Satu per satu ada yang melipat kerudungnya. Ada yang berusaha nenangin anaknya yang rewel minta pulang. Ada yang merogoh-rogoh tasnya ngemil permen. Ada yang ngerumpi sama tetangga sebelahnya ngajakin bisnis kerudung. Ada yang asyik main Opera Mini (ini sih gw, hehehe..)

Singkatnya, nggak ada jemaah cewek yang dengerin khotbah.

Rumah ibadah harusnya melayani semua jemaahnya, nggak cuman melayani jemaah cowok doang. Melayani itu memastikan seluruh jemaah bisa beribadah dengan nyaman. Termasuk juga memastikan bahwa AC dan pengeras suaranya nyala di tempat jemaah wanita. Coz, jemaah wanita juga sama mulianya dengan jemaah laki-laki di mata Tuhan. Jadi nggak boleh jadi jemaah yang dinomorduakan.

"Bukan gitu masalahnya, Vic. Itu yang tanggung jawab ngurusin AC dan pengeras suaranya kan laki-laki. Jadi mungkin dia nggak berani masuk ke wilayah jemaah cewek, coz mereka kan bukan muhrimnya. Kuatirnya mungkin si tukang AC dan tukang sound-system-nya ngerasa kecakepan, jadi kalo mereka mondar-mandir di situ nanti ibadahnya cewek-cewek jadi pada nggak konsen.."