Monday, November 23, 2009

Pusing HP Anyar


Anda bolor? Atau pikun? Well, kalo gitu jangan sekali-kali punya HP warna gelap. Percaya deh, itu kombinasi yang sangat merepotkan.

HP ternyata adalah piranti yang sangat individual. Soalnya HP yang cocok bagi seseorang belum tentu cocok buat orang lain. Ini nasehat standar buat orang-orang yang tergila-gila pada HP keluaran terbaru.

Jadi gini, beberapa hari yang lalu, gw ribut nyari HP gw yang tau-tau raib di rumah. Nggak ilang sih, paling-paling gw cuman lupa aja naruhnya di mana. Tapi ya bikin senewen juga. Soalnya gw kan baru bangun tidur, jadi HP gw masih setel silent, maka percuma juga kalo gw pancing-pancing pake telepon lain.

Alhasil gw terpaksa nyusurin rumah buat nyarinya. Di kamar tidur nggak ada. Di ruang tengah nggak ada. Di ruang makan nggak ada. Di ruang kerja nggak ada. Di ruang belajar juga nggak ada. Bujubunee..ke mana yak tuh HP? Dooh..pengen rasanya gw ngacungin tongkat sihir, truz berseru a la Harry Potter, "Accio handphone!" Tapi gw kan bukan penyihir, hehehe..

Setelah frustasi sejenak, gw ke ruang kerja, truz gw nyalain laptop. Ya ampun, ternyata HP gw ada di sebelah laptop! Huwaa..untung HP gw ketemu! Lha HP gw kan warnanya cokelat gelap gitu, tergeletak di atas meja kerja yang warnanya item. Pantesan waktu dicari-cari tadi nggak keliatan!

*Menurut besutan label resmi dari pabriknya, HP gw ini warnanya Havana Gold. Gold = emas, dan emas mestinya kuning, kan ya? Padahal HP gw ini warnanya cokelat tua kayak dark chocolate. Gw jadi bingung, jangan-jangan emas di Kuba warnanya cokelat-cokelat?? Emas yang aneh..*

Sebenarnya gw pengen ganti cashing pake warna merah gitu. Tapi pabriknya nggak punya warna lain buat model HP gw ini. Lain kali gw mau punya pabrik HP sendiri biar bisa bikin HP yang cashing-nya warna merah!

*mbok ganti aja HP-nya, Vic. Kan lebih efisien ketimbang bikin pabrik HP..*

Oke, lupakan cerita HP gw. Kemaren adek gw dibeliin HP baru. HP besutan Korea gitu, tau kan yang sekarang iklannya suka nongkrong di tivi-tivi, ada Nicholas Saputra dan Dian Sastro-nya. Tampangnya ciamik gitu, gw suka wallpaper-nya yang bisa digeser-geser, shortcut yang bisa diilangin atau dimunculin sesuka hati, dan tipe huruf yang komikal a la Kristen ITC.

Nah, seperti biasa, HP baru selalu mengundang masalah standar, yaitu repot banget mindahin daftar kontak dari HP lama ke HP baru. Sebenarnya, kan tinggal ngopiin daftar kontak dari phone memory HP lama ke dalam SIM card, tapi adek gw nggak tau cara mindahin daftar kontak dari SIM card ke phone memory HP-nya yang baru. Jadilah, dia pake gaya manual, daftar kontaknya diketik satu-satu dulu ke Microsoft Word-nya, lalu diketikin lagi satu per satu ke dalam daftar kontak HP barunya.. Alamak! :-P

Saat itulah gw sadar, HP model ini nggak ada PC Suite-nya. Jadi data-data di HP ini nggak bisa dipindahin pake Bluetooth atau USB ke dalam kompie.

Maka waktu gw nulis ini, gw lagi cekakakan ngeliatin adek gw yang nginput nomer-nomer telepon temennya satu per satu ke dalam HP barunya. Mana dia lagi berusaha keras adaptasi, coz HP baru ini pake layar sentuh, sedangkan selama ini dia kan pake keypad manual. Yang namanya layar sentuh, kalo salah mencet bisa repot, padahal niatnya kan bukan mencet icon tapi cuma mau scroll doang, hehehe. Mana jari adek gw kan tipe jari mbutel gitu, yang jarinya pendek dan gemuk. Icon-icon-nya yang kecil-kecil gampang kepencet, bikin kikuk aja. Oh, dasar layar sentuh..gw rasa layar ginian hanya akan bikin ujung jari telunjuk jadi tepos.

*Pasti sebentar lagi Anda akan bilang, "Mana stylus-nyaa..?"*

Gw tanya ke nyokap gw, kenapa adek gw dibeliin HP layar sentuh padahal jari adek gw kegedean?
Jawab nyokap gw, biar adek gw berhenti ngemil. Soalnya orang kalo megang HP layar sentuh kan, tangannya nggak boleh ada bekas megang makanan..

Anda pernah punya masalah dengan desain HP? Kasih tau di sini dong.. :-)