Tuesday, November 10, 2009

Pahlawan Macet


Curhat dulu. Sebutlah nama jalan yang paling ogah gw lewatin di Bandung kalo nggak perlu-perlu amat, maka gw akan jawab, "Jalan Ahmad Yani." Alasannya? Maceet!

Serius. Daerah itu macet selalu, ya siang, ya sore. Di sana kan adanya Pasar Cicadas dan pemukiman penduduk paling padat sedunia. Makanya macet jadi makanan sehari-hari di situ.

Jalan berikutnya yang gw empet juga, Jalan Otto Iskandar Di Nata. Sebenarnya tempat itu menyenangkan, ada Passer Baroe (mungkin maksudnya Pasar Baru ya, Vic? Nggak usah sok bule deh..), tapi sama juga, daerah itu selalu macet.

Berikutnya lagi, daerah-daerah langganan macet di Bandung, adalah Jalan Abdul Haris Nasution, soalnya di sana kan hulunya Terminal Cicaheum. Ada juga Jalan R.E Martadinata, di mana pusat kemacetan juga terjadi di kawasan factory outlet yang berjejer-jejer (dan para pelaku kemacetan umumnya adalah pengunjung dari Jakarta yang seneng banget bela-belain ke Bandung cuman buat belanja di factory outlet!). Titik yang nggak kalah macetnya adalah Jalan Ir H Juanda, yang mana gw alergi banget lewat sini kalo udah malam Minggu. Mobil nggak bisa gerak, dan remaja-remaja ingusan berkeliaran nawarin gw bunga mawar yang dijual setangkainya Rp 10.000,-! (Duh, mendingan beli cokelat!)

Sampai di alinea sini, ada yang ganjilkah, Sodara-sodara Jemaah? Tepat. Kenapa jalan-jalan yang macet semua dinamain seperti nama pahlawan??

Adakah yang ngeh bahwa hampir semua jalan yang dinamain pahlawan itu sering macet? Gw itung ada banyak banget jalan kayak gini di Bandung yang langganan macet. Jalan Abdul Muis, Jalan H.O.S Cokroaminoto, Jalan Wahid Hasyim, Jalan Sudirman, Jalan Mohamad Toha. Semuanya macet. Bahkan jalan tempat gw sering nongkrong, Jalan Setiabudi, jadi titik macet teranyar semenjak mereka buka Rumah Mode dan Rumah Sosis. Oh, tidak, salah gw. Titik macet paling anyar sekarang adalah Pintu Tol Pasteur, dan pelakunya adalah mobil-mobil berplat B.

Gw nggak tau situasi di kota-kota selain Bandung, tapi gw melihat kecenderungan bahwa jalan yang dinamain kayak nama pahlawan, ujung-ujungnya bakalan macet. Atau mana yang lebih duluan, jalan yang tukang macet selalu akhirnya dinamain nama pahlawan?

Mungkin pemerintah kota memakai nama pahlawan ini buat menaikkan citra jalan yang tadinya macet menjadi jalan berkelas. Kalo ada yang nggak tau di mana Jalan AH Nasution, maka sadarlah itu Jalan Ujungberung. Jalan HOS Cokroaminoto itu Jalan Pasirkaliki yang beken atas Chinatown-nya. Jalan Wahid Hasyim adalah Jalan Kopo. Orang luar Bandung nggak banyak yang ngeh Jalan Ir H Juanda, taunya Jalan Dago. Jalan Martadinata lebih sering disingkat Jalan Riau. Lha mau nama jalannya dipakein nama-nama pahlawan kek, tetap aja ujung-ujungnya jalannya macet.

Andai aja pahlawan-pahlawan ini masih idup, gw rasa mereka akan manyun. Mereka akan bilang, "Aku sudah berjuang habis-habisan untuk bangsa ini, tapi kenapa kalian taruh namaku di jalan yang macet??"

Kita punya 10 November buat Hari Pahlawan, tapi kita masih nggak menghargai nama mereka dengan baik.

Oleh sebab itu, gw pesankan, kalo suatu hari nanti ada yang mau naruh nama gw sebagai nama jalan, tolong gw wanti-wanti jangan taruh nama gw di jalan yang macet! Gw nggak mau nanti ada percakapan kayak gini,

A: "Ayo kita jalan-jalan yuk, ke daerah toko elite di Jalan Vicky Laurentina!"
B: "Hah? Nggak mau ah, di sana tuh jalan macet, susah nyari parkir!"

Oh, sungguh berat konsekuensi namaku kalo jadi nama jalan..