Saturday, December 19, 2009

Cowok-cowok Jelek


Anda pasti pernah taksir-taksiran sama teman. Nggak cuman pas jaman kuliah dulu, mungkin sekarang juga masih. Bahkan kalau pun Anda sudah nggak lajang lagi sekarang, pasti Anda masih ingat teman macam apa yang Anda gebet dulu.

Nah sekarang, mari kita inget-inget, gimana reaksi bonyok Anda waktu Anda nunjukin gebetan Anda dulu. Apa kata mereka?
1. "Hm, kok mukanya kayak pentol korek?" mentang-mentang kepalanya nggak ada rambutnya.
2. "Itu temenmu ya? Kok kucel sih?" padahal memang gaya cowoknya a la gipsi.
3. "Jangan deket-deket! Itu pemuda kampung!" padahal bonyok kan aselinya wong ndeso juga.

Jadi, menurut nyokap gw, waktu nyokap masih a-be-geh dulu, ada seorang temennya yang suka pe-de-ka-te sama nyokap. Orangnya sih, menurut nyokap ya cakep. Tapi kata Grandma gw, tuh temen orangnya juelek banget. Lalu Grandma mengultimatum nyokap gw, jangan deket-deket sama temen nyokap itu, soalnya temen nyokap itu "bla-bla-bla".. (Nggak usahlah gw sebutin detailnya, intinya Grandma nggak mufakat sama warna kulit, model rambut, dan tingkat kecekingan orang yang lagi pe-de-ka-te sama nyokap gw itu, hahaha!)

Jadi pas suatu hari tuh temen nganterin nyokap pulang, Grandma gw berdiri di teras dan manggil-manggil tuh orang, "Sini, sini!" sembari dadah-dadah. Lalu cowok malang itu menyamperin Grandma gw dan Grandma gw mengeluarkan mantra saktinya, "Tidak boleh main-main ke sini lagi!"

Hahaha..gw kesiyan banget sama cowok itu. Aduhaduhaduh, Grandma gw lebih serem ketimbang herder..

Meskipun ada dampak positifnya juga sih. Coba kalau nyokap beneran jadi sama tuh orang, kan nyokap gw nggak bakalan ketemu bokap gw, lalu gw nggak bakalan lahir, dan Anda nggak akan baca blog ini, hahaha..

Maka, kebiasaan sensor-menyensor pacar itu ternyata jadi penyakit genetik. Selama gw sekolah, nyokap gw juga ikutan suka menilai setiap cowok yang gw gebetin, entah itu yang masih statusnya temen atau yang udah naik pangkat jadi pacar. Dan kalau gw pikir-pikir, selalu aja ada bahan celaan nyokap buat nyuruh gw jauh-jauh dari para pria potensi asmara itu (aduhaduh, istilahnya nggak kuat banget!):

Jaman SD: "Kok nggak ranking?"
(Ini tidak adil. Lha gw selalu langganan jadi juara kelas, gimana gw mau dapet cowok yang rankingnya lebih tinggi dari gw di sekolah itu?)

Jaman SMP: "Kok item?"
(Halah, kayak yang bokap gw putih aja)

Jaman SMA: "Pasti dia ngebut!"
(Apa bedanya? Toh gw pulang naik angkot, bukan dianterin gebetan)

Jaman kuliah: "Ibunya kok tukang pamer?"
(Baru juga pacaran. Belum tentu juga mau besanan)

Jaman udah kerja:
"Dia bukan direktur?"
(Kok nggak sekalian aja gw disuruh pacaran sama Aburizal Bakrie??)

Apakah orang tua selalu begitu, merasa berhak mencela pacar-pacar anaknya yang mereka anggap jelek hanya karena orang tua mereka dulu juga begitu? Padahal kita para anak perempuan selalu nganggap cowok kita itu orang paling cakep sedunia yang nggak layak dicela. Biarin deh orang bilang apa, bahwa dia bukan Donald Trump, bukan Fred Astaire, bukan Tom Cruise, tapi kita kan sukaaa banget dan pengen bareng dia terus? Apa karena orang tua itu yang melahirkan kita, lantas penilaian mereka itu pasti benar?

Sekitar beberapa hari lalu, nyokap gw buka foto-foto reunian sekolahnya. Eks gebetan nyokap gw juga ada di situ. Tampangnya masih sama kayak jaman dulu, orangnya sih sekarang udah sukses, tapi.. yah, kata nyokap gw, skor total masih bagusan bokap gw, hahaha.

Lalu gw buka profil mantan-mantan gebetan gw di internet. Gw nggak salah milih mereka dulu, sekarang mereka udah jadi dokter hebat, perwira yang berani, staf perusahaan beken, dosen yang diseganin. Tapi yah, kalau gw pikir-pikir, masing-masing ada kelemahannya: tukang selingkuh nan brengsek, pasrah pada ikatan kerja yang lebih mirip perbudakan, ketinggalan update dari pergaulan, mental konservatif yang kepalanya sempit. Semuanya pernah dicela nyokap gw, dan semuanya kini bikin gw berpikir-pikir, "Kok bisa-bisanya seh, dulu gw mau sama lu?!"

Barangkali selera kita tentang cakep pada jaman dulu itu belum bisa dipertanggungjawabkan, karena sebenarnya pria-pria yang kita anggap cakep itu tidak lebih dari sekedar cowok-cowok jelek. Maka diperlukan penilaian orang tua, coz selera mereka lebih terandalkan. Ini seperti membandingkan penelitian yang dibikin oleh mahasiswa kelas krucuk dengan penelitian bikinan profesor. Mana yang reliabilitasnya lebih baik?

Foto oleh Hadi Cahyono - Cosmopolitan