Friday, December 25, 2009

Steak-Steak-an

Malam ini, keluarga kami mutusin buat meliburkan asisten pribadi kami dari tugasnya nata meja buat makan malam. Kita keluar dari rumah, nyetir ke arah kota dan mulai bertikai tentang malam ini mau makan di mana. Nyokap gw kepingin makan bakmi Cina. Adek gw kepingin makan sushi. Gw kepingin makan domba Oz. Bokap gw? Makan di mana aja yang parkirnya nggak susah.

Keinginan bokap gw memang nggak muluk-muluk. Natal ini, Bandung tumpek blek sama kendaraan dari luar kota, dan dominasi mobil pelat B menuh-menuhi jalan. Sebuah situs portal bahkan memberitakan tadi sore bahwa tol Pasteur dirayapi sekitar 1500 mobil setiap jamnya. Ngebayanginnya aja, perut gw udah mual. Tidak heran, semua tempat penuh, apalagi dua tempat favorit gw: toko baju dan restoran.

Kami baru 1,5 kilometer dari rumah, tapi mobil cuman bergerak dengan kecepatan 1 km/jam. Beuh, siput aja masih jauh lebih kenceng (lebay MODE : ON). Hujan turun deras menghajar, macet di mana-mana, dan semua restoran incaran nyokap dan adek gw dan gw sendiri penuh. Baru lihat tempat parkirnya aja udah males, saking penuhnya. Akhirnya kita balik arah, naik lagi ke arah pulang.

Tapi, rencana kita mau dugem (sebutan gw buat DUnia GEMbrot, alias acara makan-makan), harus tetap jalan. Akhirnya masuklah kita ke sebuah kafe yang jualan steak. Gw bilang ini steak-steak-an, bukan steak sungguhan. Dan gw iseng meneliti fenomena steak-steak-an a la orang Indonesia:

1. Steak disajikan di atas meja, dan disediain saos tomat berikut saos sambel. Untung sambelnya cuman bentuk saos, bayangin kalau sambelnya jenis sambel cobek?

2. Steak dateng dalam tempo lima menit, yah paling lelet ya sepuluh menit. Nggak tahu dagingnya dipanggang dari awal atau cuman dipanasin doang.

3. Supaya murah, daging steak dijual rata-rata dengan cara digoreng panir. Mungkin dikiranya sama seperti ayam goreng tepung.

4. Ada menu steak yang satu biasa, ada satu lagi yang special. Bedanya apa? Ternyata, dibandingin yang biasa, yang special ditambahin pakai telor mata sapi. Ini steak atau nasi goreng??

5. Meskipun nama menunya berbau bule macam black pepper, tenderloin, dan semacamnya, tapi musik yang diputer di kafenya adalah musik mehek-mehek a la Melayu.

6. Betapapun orang tahu bahwa makan steak itu mestinya pakai kentang, tetap aja kafenya jualan nasi putih. Dan herannya, tetap aja ada pelanggan yang udah beli steak tapi masih minta nasi.


Anda kepingin makan steak tapi males ngantre parkir di restoran? Gampang, bikin aja di rumah. Sediakan daging panggang, sajikan di atas piring yang sudah dikasih potongan wortel, kentang goreng, dan sayuran. Supaya makin ciamik, penyajiannya jangan pakai piring kaca atau porselen, tapi pakai hot plate berbentuk sapi yang banyak dijual di supermarket. Waktu makan, redupin lampu ruangan, dan nyalakan lilin. Percaya deh, rasanya kayak di kafe sungguhan!


P.S Tips yang terakhir nggak berhasil buat Grandpa gw. Waktu mau makan, Grandpa gw membubuhi steaknya terlalu banyak merica, akibatnya Grandpa gw malah batuk-batuk dan bersin-bersin. Gw bilang ke bokap gw, lain kali jangan pernah lagi bawa Grandpa makan di tempat sok romantis yang lampunya remang-remang.