Wednesday, December 2, 2009

Mati, Tidak Efektif, Tidak Efisien


Jadi, setelah berlalunya musim kemarau, musim duren, dan musim rambutan, sekarang datanglah musim bunuh diri.

Seorang tentara asal Tulungagung kedapatan tewas, setelah menggulingkan bodinya ke bawah sebuah truk yang lagi jalan. Disinyalir korban bunuh diri, mengingat dirinya bukan berprofesi jadi tukang bengkel yang punya kapasitas resmi buat ngesot di kolong truk. Lha ngapain coba dia di bawah situ, mosok dia lagi tidur siang?

Gw denger itu beberapa hari lalu pas lagi nonton siaran berita di rumah bareng adek dan nyokap gw. (Kesiyan ya keluarga gw, tontonannya cuman berita. Mbok sekali-kali nonton sinetron gitu kek seperti orang normal.) Dan beginilah reaksi keluarga kami kalo nonton berita orang bunuh diri:

Adek gw: "Huuh, dasar. Bunuh diri kok (ngesot) ke bawah truk. Mestinya ke rel kereta api aja biar matinya cepet!"
Gw: "Apakah truknya baik-baik saja?" (dengan nada sok prihatin)
Nyokap gw: "Yo man eman bane digawe ngelindes wong!" (tanpa mengalihkan pandangan dari jaitan di tangannya)
Kalo pake bahasa pokem, maksud nyokap gw, sayang bannya rusak gara-gara dipake ngelindes orang.

Semenjak ada orang terjun bebas dari lantai atas dua mal di Jakarta dua hari lalu, perkara bunuh diri jadi pembicaraan anget lagi. Gw sendiri bertanya-tanya kenapa korbannya milih terjun bebas dari tempat setinggi itu. Ada apa gerangan? Apakah korban kepingin keluar dari mal tapi stres nggak nemu tangga buat turun ke bawah? Apakah korban sedang terobsesi jadi atlet paralayang atau atlet loncat indah sehingga menjadikan lantai atas mal sebagai batu loncatan? Apakah korban memang stres lantaran Anggoro Wijoyo belum ketemu juga batang idungnya? Apa hubungannya??

Lalu, gw mencoba mengingat-ingat lagi beberapa kasus percobaan bunuh diri yang pernah gw tanganin.

1. Waktu gw masih jadi koass, gw pernah dapet pasien seorang remaja tanggung dianter keluarganya ke UGD. Dia baru berusaha bunuh diri dengan naik ke kursi dan menggantung tali di leher. Upayanya itu gagal lantaran talinya ternyata kepanjangan.
Dasar bocah nggak berpengalaman.

2. Yang ini waktu gw masih PTT di Pulang Pisau. Pelakunya adalah tetangga gw sendiri, yang berusaha bunuh diri dengan minum obat nyamuk. Upayanya gagal karena keburu ketangkap basah keluarganya dan dia malah pingsan karena malu. Alasan si ibu ini pengen bunuh diri adalah karena marah liat anak laki-lakinya pulang ke rumah bawa penyanyi dangdut.

3. Yang ini terjadi pas gw kerja jadi dokter jaga ICU rumah sakit. Tentara ini terpaksa masuk ICU lantaran nenggak karbol. Menurut pengakuannya, dia nggak tau kalo yang diminumnya itu karbol, dipikirnya itu sirop.
Kasihan, istrinya si prajurit terpaksa diperiksa oleh komandannya lantaran diduga salah naruh karbol di sebelah sirop. Macem apa sih dapur kamar tentara ini?

4. Kalo yang ini sungguh mengharukan. Tentara nembakin pistol ke mulutnya sendiri. Cuman cukup membubarkan tulang-tulang wajahnya, tapi dia masih bisa nafas. Dia dimasukin ke UGD gw jam 2 siang dan badannya berontak melulu karena trauma kepala yang hebat. Boss gw masukin dia ke ICU. Dia baru diumumin meninggal jam 10 malemnya. Jadi ada jeda waktu delapan jam buat kesakitan sebelum menemui ajal.

Semua kasus itu nunjukin bahwa yang namanya bunuh diri itu betul-betul norak. Orang yang punya badan ini, boleh aja kepingin mati. Tapi yang punya nyawa itu Tuhan, jadi kalo Tuhan belum mau orangnya mati, ya sampai kapanpun juga orangnya nggak akan mati-mati. Biarpun orangnya sudah make segala modus buat bunuh diri, mulai dari memberdayakan tali, obat nyamuk, karbol, pistol, sampai truk manggis.

*Sudah dibilangin, pake kereta api aja 'napa sih?*
(Modus bunuh diri ini hanya bisa digunakan di Jawa dan Sumatera, karena di tempat lain, rel kereta api belum tersedia.)

Tapi yang jelas, bunuh diri nggak akan masuk surga. Dan menurut guru agama gw, orang yang mati karena bunuh diri, nggak boleh disembahyangin.

Repot bener yang bunuh diri ini. Upayanya sudah sedemikian rupa, tapi ternyata gagal. Udah nggak jadi mati, cacat pula. Ada yang berhasil, tapi proses matinya lama dan pake acara sakit-sakit dulu. Kalo ternyata tewas beneran, jenazahnya nggak boleh dihormatin. Terus di surganya ditolak pula. Sungguh cara mati yang tidak efektif dan tidak efisien.

Jangan bunuh diri! Lebih baik obat nyamuk dipake buat ngebunuh nyamuk, karbol buat bersihin kamar mandi, dan pistol buat nakut-nakutin maling. Turun dari mal harus pake eskalator atau lift, bukan lewat jendela kayak perampok. Dan tolong deh, kalo mau terjun bebas, pergi aja ke kolam renang sana..