Friday, December 4, 2009

Dalang Segala Demo


Musim demo rame lagi. Ada demo anti bank Century. Ada demo anti menteri. Ada demo anti Anggodo. Ada demo anti buaya.

Gw juga mau bikin demo tandingan ah. Namanya: Demo Anti Demo!

Dan belum apa-apa, karena niat gw sendiri masih terlalu amatiran, tentu saja gw menemui banyak kendala:

1. Gw baru ngeh kalo buat bikin demo itu mesti pake ijin polisi dulu. Dan gw sebenarnya ogah ke kantor polisi coz sungkan kalo nggak kasih sesajen.

2. Gw males long-march di jalan raya, soalnya pegel pake high heels lama-lama dan takut item.

3. Sekarang sudah mulai musim ujan. Takutnya kalo gw lagi demo, lantas keujanan, gimana?

4. Gw nggak tau kapan gw bisa demo coz gw kan sekarang lagi belajar buat tes.

5. Dan yang paling buruk adalah, gw nggak tau caranya menggalang massa buat demo. Mosok gw mau ngacung-ngacungin spanduk "Bubarkan Demo!" sambil teriak-teriak sendirian?

Bicara soal massa, gw kemaren nonton siaran berita yang meliput demo. Ada satu demo menarik di mana dedengkot demonya teriak-teriak supaya menteri urusan perduitan diganti. Itu dedengkotnya yang ngomong lho ya, bukan massa demonya. Nah, pas salah seorang massa demo itu ditanyai reporter, kenapa dia teriak-teriak, dia jawab dia nggak tau. Lha dia ke situ ikutan buat apa? Jawabnya, cuman ikut-ikutan aja, nanti dijanjiin bakalan dapet duit. Nah lho?

Maka gw pikir kemudian, kalo memang kebanyakan pendemo ini adalah pendemo bayaran, siapa sih sebenarnya yang paling diuntungin dari demo-demo ini?

1. Pendemo? Nampaknya nggak. Panas-panas di jalan gitu, paling-paling bayarannya cuman 50 ribu, itu pun juga kudu dipotong dulu 30 ribu buat makelar pendemo yang udah berjasa ngasih orderan demo.

2. Polisi? Juga nggak. Paling-paling pemasukan polisi cuman dari waktu permohonan ijin doang.

3. Reporter dapet berita? Halah, mending ngeliput award artis ketimbang meliput demo.

Jadi gw mencoba menganalisa efek apa yang paling diharapkan dari suatu demo. Sudah pasti ciri menariknya, apapun isinya demo itu, pasti demo selalu diadain siang hari. Nggak ada ceritanya demo dihelat malem-malem.

Kedua, demonya pasti teriak-teriak. Padahal mereka sudah bawa spanduk segede-gede gaban. Orang-orang kita masih lebih percaya bahasa lisan lebih manjur ketimbang bahasa tulisan.

Nah, kalo dua ciri ini digabung, "siang" + "teriak", maka hasilnya adalah "panas". Dan kelanjutan dari demo panas-panas adalah "haus". Nah, ke manakah perginya para pendemo ini kalo kehausan setelah demo? Mereka pasti pergi ke tukang jual teh botol. Jadi, yang jelas paling diuntungkan dari sebuah demo adalah para tukang teh botol..

Maka, timbullah pertanyaan gw selanjutnya, mungkinkah bahwa dalang dari segala ragam demo ini sebenarnya adalah para tukang teh botol? Jadi memang nggak ada sebenarnya yang teriak-teriak anti Bank Century, anti menteri keuangan, anti tukang sogok, anti polisi korup. Ini mungkin cuma sandiwara akal-akalan para tukang teh botol supaya dagangannya laku..

Dan jangan lupa, masih ada unit-unit lainnya yang cukup diuntungkan dari demo. Antara lain tukang jual ban. Soalnya pendemo paling seneng bakar-bakar ban di jalan. (Itu maksudnya sebenarnya apa sih? Kenapa harus bakar ban? Kan lebih enak bakar sate, bisa dimakan..)

Lalu, yang diuntungkan juga ialah para polisi cepek alias pak ogah. Demo bikin macet, maka muncullah pak ogah supaya jalan lancar. Dan di tengah kemacetan, pasti ada tukang jual kacang, tukang jual minum, tukang jual koran, dan tukang jual entah apa lagi.

Anda mencari peluang bisnis yang untungnya cepat? Jadilah tukang teh botol yang temenan sama makelar demo. Percaya deh, pasti untung! Buruan, mumpung politik lagi gonjang-ganjing..