Sunday, June 6, 2010

Bikin Bakso Bo'ongan

Buat weekend gini memang paling enak ngomongin makanan dan melupakan ajaran sesat tentang diet. Kalau Anda masuk restoran dan menjumpai menu yang namanya begini “Special noodle dished with meatballs, sauce, and greens”, janganlah tertipu bahwa ini adalah makanan eksotis. Coz sebenarnya kalau diterjemahin ini artinya adalah “mie bakso”. Ngerti kan sekarang apa gunanya belajar bahasa linggis?

Ceritanya minggu lalu kan saya pergi ke sebuah restoran bakso yang cukup rame di kawasan Pasteur. Mereka menjual baksonya a la paket-paketan gitu, dibanderol dengan harga Rp 10.000-Rp 12.000,-, isinya sudah lengkap ada macem-macem bakso dari berbagai ukuran plus goreng-gorengannya. Lalu saya buka Foursquare dan mencoba bikin survey di mana restoran yang paling sering diomongin di Bandung dan paling beken karena jualan baksonya. Kemudian saya baca ada sebuah restoran bakso yang cukup mahal di kawasan Setiabudi dan diomeli oleh salah seorang netter, bahwa tuh menu dibanderol Rp 12.000,-, tapi isinya baksonya cuman tiga!

Menurut Anda sendiri gimana? Apa yang bikin Anda menggemari sebuah kedai bakso? Ukurannya yang besar-besar? Bakso yang ada isinya? Harganya yang murah?

Jadi tiga hari lalu akhirnya saya mencoba belajar bikin bakso sendiri di rumah. Saya ngulek bumbunya dulu sampek halus, terus bumbu ulekan itu saya campurin sama daging cincang yang saya ganyang dengan tepung kanji dan minyak. Sewaktu saya mengganyang daging barengan tepung itu, saya baru ngeh kenapa gadis-gadis kemayu nggak pernah masak; coz tepung itu merusak kuteks kuku, sedangkan ada beberapa gadis yang kadang-kadang terlalu males buat pakai sarung tangan. Untungnya saya nggak pernah ribut pakai kuteks kuku, coz saya pikir kuteks itu bukan bikin cantik kuku, tapi malah merusak kutikula kuku. (Alasan! Dasar memang saya aja yang nggak becus melukis kuku dengan rata..:-p)

Setelah kalis (oh ya, di dapur itu saya belajar kosakata baru bernama “kalis”), akhirnya tuh daging saya untel-untel jadi bunder. Baru kemudian saya cemplungin ke kuah, lalu saya rebus. Pas nyokap ngintip ke dapur, nyokap saya nanya, memangnya baksonya udah pakai tepung kanji apa belum. Ya udah dong, saya tunjukin botol bekas tepung yang udah dihabisin buat bikin gilingan daging itu. Kata nyokap saya, tepung segitu sih kurang banyak, ntar jadinya baksonya isi daging doang, tapi tepungnya kurang. Lho..lho..gimana sih? Bukannya bakso tuh mestinya dagingnya banyak ya, jangan cuman tepung doang?

Nih, akhirnya giling-gilingannya sudah jadi dan saya potret. Baru saya ngeh kalau yang saya bikin ini bukan bakso, tapi meatball. Soalnya teksturnya bukan bunder mulus, tapi bergerunjel-gerunjel kayak jalan belum diaspal. Saya garuk-garuk kepala yang nggak gatel, kok jadinya nggak mirip bakso yang di restoran ya? Apakah lantaran saya menguntel-nguntel baksonya pakai sendok, bukan pakai tangan? Saat itulah saya belajar bahwa ternyata buat bikin bakso aja mesti sabar, bikin teksturnya jadi mulus aja ternyata butuh ketelatenan tersendiri.

Dan mungkin nyokap saya bener, bahwa “bakso” bikinan saya kebanyakan dagingnya, tapi tepungnya dikit. Lha saya justru lebih sreg kayak gitu, berarti bakso (baiklah, saya akan mulai menyebutnya “meatball”) saya kan lebih banyak proteinnya ketimbang karbohidratnya, jadi baik untuk anak-anak yang sedang dalam masa pertumbuhan dan tidak akan bikin anak kena obesitas karena kebanyakan gula.

Saya masih punya ambisi kepingin bikin meatball isi keju. Tapi rencana itu ditentang nyokap saya. Katanya, sayang tauk beli keju mahal-mahal cuman buat diisiin ke dalem bakso. Lhoo..gimana sih, bakso kan sekarang gaul-gaul, sekarang aja banyak dijual bakso isi keju dan dibanderol mahal-mahal, padahal sebenarnya itu cuman daging cincang sedikit dijejalin keju seupil terus ditaburin tepung yang buanyak biar ngembang. Halah..bakso keju bo’ongan dong? Mending bikin sendiri tho ya, dijamin kalau saya yang bikin pasti banyak dagingnya dan ada rasa kejunya. Saya kan penggemar berat keju..

Hm..alamat nih kalau saya nanti jadi ibu rumah tangga, saya bakalan ngabisin banyak anggaran belanja cuman buat eksperimen makanan dan bikin suami jadi gemuk.. Hehehe..