Saturday, June 19, 2010

Hingga Bokong Jadi Tepos


Ayah saya pernah bilang, jadi pasien yang nungguin dokter itu nggak enak. Sudah sakit, disuruh ngantre pula. Maka dari itulah, kita sebagai dokter, jangan bikin pasien nunggu lama-lama.

Saya inget waktu nganterin kakak saya ke dokter kandungan. Cuman mau minta menunda menstruasi aja, upacaranya banyak bener. Dia nelfon ke tempat praktek itu, sebut aja namanya dr Gelson. Yang bikinin janji adalah bidan asistennya, kasih kakak saya nomer urut 36. Feeling saya langsung nggak enak.

Kakak saya bikin janji sore-sore, dan dia disuruh dateng dua jam kemudian. Kami dateng on time, dan saya bengong liat ruang tunggunya penuh sesak seperti bus Damri. Kakak saya nanya ke susternya, bisakah dia masuk sekarang. Kata susternya, ini masih nomer 22!

Dasar kan ini praktek dokter kandungan, jadi yang dateng ibu-ibu hamil semua. Yang nggak hamil cuman kakak saya. Ternyata ada juga pasien yang nomer antrenya lebih buncit ketimbang kakak saya, mereka nggak dapet tempat duduk saking penuhnya. Dan mereka hamil segede-gede gaban, demi Tuhan.

Akhirmya kakak saya dilayanin jam 8.30. Setelah nunggu dua jam! Punggung saya sampek mau putus rasanya. Konsulnya sendiri cuman 10 menit. Sebenarnya, saya pikir, dia nggak usah ke dokter. Coz jadwal mens-nya masih lama, jadi nggak perlu ditunda.

Waktu pulang, saya nanyain kakak saya kenapa dia mau ke dr Gelson. Jawabnya:
1. Istrinya dr Gelson itu sobatnya tante saya, jadi lebih dikenal.
2. Prakteknya dr Gelson selalu rame, jadi kayaknya dokternya udah dipercaya banyak orang.

Saya geleng-geleng kepala. Serius deh, kalau buat nunda mens aja cuman butuh pil progesteron 10 biji, saya mau jadi dokter kandungan supaya kakak saya nggak usah ngantre dua jam.

Masalahnya bukan itu. Saya kesiyan sama ibu-ibu hamil yang disuruh nunggu berdiri lantaran nggak kebagian tempat duduk tadi. Pantesan insidensi varises pada ibu hamil meningkat. Jangan-jangan faktor resiko terbesarnya bukan genetik, tapi karena kelamaan nunggu di praktek dokter kandungan.

Lalu, tante saya, yang sobat istrinya dr Gelson itu cerita. Jadi dr Gelson itu baru nyelesaikan prakteknya jam 2 pagi. Saking ramenya pasiennya. Saya mengerutkan kening. Saya nggak menganggap itu prestasi. Saya bertanya-tanya, apakah Ny Gelson hepi kalau suaminya pulang jam 2 pagi?

Saya mau kerja keras supaya saya bisa bayar sekretaris. Bukan perawat yang pura-pura jadi sekretaris. Nanti sekretarisnya saya suruh bikin jadwal appointment yang bener. Jumlah pasien saya batasin. Jangan sampek mereka nungguin saya terlalu lama. Saya mau orang nyaman nunggu giliran buat ketemu saya, bukan mengeluh panjang-pendek karena bokongnya jadi tepos lantaran kelamaan duduk. Kalo bukan urusan gawat, saya nggak mau janjian ketemu pasien di atas jam di mana wanita seharusnya lagi tidur dengan suaminya.

Karena dokter itu, mestinya bisa bikin pasien nyaman bukan pas sesudah kasih obat doang. Tapi kenyamanan itu juga mesti sudah terasa semenjak pasiennya ngantre nungguin dokternya.