Saturday, July 31, 2010

Full House di Bandung

Selamat datang di Bandung. Kalau nggak perlu-perlu amat, nggak usahlah ke Bandung weekend begini. Soalnya ke Bandung itu, susah masuk susah keluar. Saya nggak becanda lho, mau masuk ke Bandung dari barat kan mesti lewat Pasteur. Tuh pintu gerbang tol Pasteur aja macetnya bisa sampek sekilo. Lha keluarnya juga susah, soalnya macetnya amit-amit, nggak via barat nggak via utara ya sami mawon.

Beberapa hari lalu saya nyariin hotel buat Mbak Reni Judhanto yang weekend ini mau ke Bandung buat acara di Dago. Jadi saya berusaha nyari hotel di Dago juga. Maka saya bukalah database hotel-hotel yang saya punya, mulai dari Foursquare sampek halaman kuning. Terus saya telfonin satu per satu. Eeh, tiap kali saya ngomong sama resepsionis, mesti njawabnya “sudah penuh”.

Edun, bahkan saat saya putus asa kehabisan hotel bintang empat dan akhirnya mulai nelfon hotel melati, tetep aja resepsionis hotel melati bilang “sudah penuh”. Maka mulailah saya putar otak nelfon hotel yang bukan di jalan Dago, tapi saya cobain ke area sekitarnya seperti Jalan Ciumbuleuit atau jalan Riau. Teteep..aja, jawabnya “sudah penuh”. Dooh..waktu saya nelfon itu kan baru hari Rebo, dan saya minta kamar buat tanggal 30-31. Itu kan tanggal tuwek, mosok udah penuh juga sih??

Tapi pencarian bukannya tanpa hasil. Saya berhasil nemu yang kamar kosong juga, dan ternyata saya dapetnya kamar-kamar bertipe grande macam suite room, executive room, penthouse, dan harganya melonjak di kawasan harga jutaan. Malah ada ynag njawab gini, “Kami masih punya kamar, Bu, berupa kamar tipe honeymoon. Tarifnya Rp 2.4xx.xxx..”

Batin saya, “Gw ketimbang honeymoon buka kamar di hotel Bandung, mendingan gw honeymoon di kamar gw ajah. Masakan nyokap gw lebih enak ketimbang masakan hotel..”

Hehehe..untunglah Mbak Reni ternyata minta channel lain buat nyariin hotel, dan akhirnya dapet sebuah kamar di hotel yang cukup bonafid di Dago.

Ternyata, orang-orang hotel itu kadang-kadang suka main curang juga, suka bilang “sudah penuh”, tapi sebenarnya mereka masih punya kamar kosong kalau cuman satu-dua. Mungkin buat tamu dadakan yang langsung dateng on site. Supaya mereka bisa melambungkan harga ke level yang tidak masuk akal.

Tips buat nginep di Bandung:
1. Tentukan dulu kalau mau ke Bandung tujuannya mau ke mana sih. Usahakan cari hotel yang terarah deket tempat tujuan utama kita. Jangan rencana mau ke Ciwidey tapi nginepnya di Setiabudi. Jauh bo’.
2. Kalau nelfon hotel, resepsionisnya suka nanya duluan, butuh kamar berapa. Jangan pernah jawab satu kamar biarpun Anda memang cuman dateng seorang diri. Bilang aja cari 3-4 kamar, baru dia mau kasih harga yang masuk akal. Nanti kalau udah tercapai harga yang Anda inginkan, baru Anda bilang kalau Anda cuman butuh satu kamar aja.
3. Usahakan pesan kamar jauh-jauh hari, kalau perlu paling telat dari H-7.

Saya taruh foto kopi darat saya dengan Mbak Reni di sini, sebagai bukti autentik bahwa pemilik blog Georgetterox dan Catatan Kecilku memang hidup, hehehe. Mudah-mudahan kita bisa kopi darat lagi lain kali ya. Oh ya, ini pertama kalinya saya kopi darat tapi nggak minum kopi..