Sunday, July 11, 2010

Telor Asin Bakar


Ke Brebes rasanya nggak lengkap kalau nggak beli telor asin, coz memang telor asin itu penganan khas kota Brebes. Di sepanjang jalan utama Brebes jamak banget ditemuin toko-toko yang dagangan utamanya adalah telor asin. Yang saya ambil spotnya ini berada di Jalan Diponegoro yang biasanya dilalui para nomad yang berjalan dari arah Cirebon ke Semarang.

Ada macem-macem telor asin yang dijual, antara lain telor asin isi arwana, telor asin mentah, atau telor asin isi pindang. Favorit saya telor asin bakar, seperti yang saya pasang fotonya ini, yang mana telornya dibakar sampek kulitnya gosong, dan kuning telornya berubah jadi merah. Dibanderol Rp 33.000,- untuk isi 12 butir.

Kadang-kadang mereka jual kuning telornya doang, dijual goceng dapet empat butir. Cuman saya nggak suka ma'em telor asin kalau nggak pakai putih telornya, cuman kuningnya doang. Rasanya buat saya jadi eneg, hehehe.