Thursday, July 15, 2010

Milih Hotel via Internet

Lagi, lagi, penyakit bokap saya akan kegemarannya getaway secara impulsive kumat lagi. Orang lain boleh bilang ini namanya holiday, tapi buat saya ini namanya getaway. Holiday itu liburan, artinya kau rehat sejenak dari aktivitas rutin. Saya lebih senang nyebut perjalanan saya ini getaway, coz setiap kali saya mau nanya bokap saya, “Kita mau ke mana?” bokap saya selalu njawab, “Ke mana ajalah, asal bukan di Bandung atau Jakarta.”

Dan kebiasaan ini yang bikin saya selalu senewen setengah mati, coz kekuatiran saya jelas: Kalau kita mau jalan-jalan, malamnya kita mau tidur di mana? Bokap saya menganggap bahwa tidur di pom bensin adalah ide yang seksi, tapi saya dan nyokap nggak suka. Buat saya tempat yang seksi untuk tidur adalah tempat yang ada kamar mandinya dan kamar mandinya mengandung air yang bersih buat dipakai kumur-kumur untuk wudhu dan sikat gigi, plus satu ruangan buat selonjoran kaki tanpa kuatir punggung bonyok lantaran tidur sambil duduk. Oh ya, juga ruangannya cukup lebar buat sujud. Saya benci banget sembahyang di trotoar. Malu ah, lagi ngomong sama Tuhan mosok kelihatan orang lain di jalan?

Bokap saya sudah bilang kita nggak akan ke Semarang atau Jogja, coz nggak kuat nyetir ke sana dengan long weekend sesempit ini. Dengan tujuan utama kami adalah ke Brebes, maka saya perkirakan paling banter kami cuman bakalan tidur di Cirebon, Tegal, atau Kuningan. Persoalannya, hotel manakah yang enak di sana? Karena kami nggak punya teman yang tinggal di sana yang bisa kasih informasi tentang hotel yang cukup sesuai selera.

Kali ini saya akan bagi-bagi step-by-step milih hotel yang berlokasi di kota yang nggak kita kenal dengan baik, dan kita cuman bisa mengandalkan telepon.

1. Gunakan Foursquare
Buka Foursquare.com, lalu ketik lokasi kota yang kita tuju, kemudian ketik “hotel” di search engine. Misalnya saya rencana mau nginep di Cirebon, maka saya ganti lokasi Foursquare saya di Cirebon, terus saya ketik “hotel” di search engine. Nanti keluar daftar nama-nama hotel yang ada di kota itu. Klik satu per satu, catet hotel yang paling banyak pengunjung Foursquare-nya.

2. Gunakan Google
Ambil nama hotel yang nampaknya paling laris, lalu ketik namanya di search engine Google. Nanti keluar hasil pencarian, pilih link-link yang sekiranya mengandung review tentang hotel itu biasanya dari http://tripadvisor.com atau http://travelpod.com). Dengan begini kita akan ngerti pendapat orang-orang yang sudah pernah mengunjungi hotel itu, dan kita bisa menentukan apakah hotel ini sesuai dengan selera kita atau enggak.

3. Telepon ke hotel yang bersangkutan
Dari cara resepsionisnya menjawab telepon, sebenarnya kita sudah bisa memperkirakan ini hotel yang profesional atau cuman hotel ecek-ecek. Yang mesti kita tanyain ya standar aja: Apakah kamarnya ada buat hari nginep yang kita mau? Fasilitasnya apa aja, apa kelebihan fasilitas kamar suite ketimbang kamar superior? Tarifnya berapa?

Lebih bagus lagi kalau ternyata dari hasil googling itu kita nemu bahwa hotel itu terdaftar di situs-situs pemesanan hotel, misalnya Booking.com, Otel.com, atau Agoda.com, coz berarti kita bisa pesan kamar via internet dengan harga yang biasanya lebih murah. Hotel yang banyak diiklanin pakai bahasa linggis, biasanya servisnya lebih mantep. Intinya, makin banyak hasil pencarian tentang hotel itu di search engine, biasanya makin representatif kemungkinan hotel itu buat diinepin. Dan pencarian nama hotel di internet, jelas bikin perjalanan jauh lebih efektif ketimbang datang langsung ke kota dan ngabisin waktu muter-muter kota cuman buat milih hotel yang enak.

Gambar-gambarnya ngambil dari sini dan sini

31 comments:

  1. 1 lagi vic... tulis di twitter atau facebook... ntar pasti banyak dah yang ngasih rekomendasi.. hehe

    ReplyDelete
  2. wah pake 4SQ yah? baru tau kegunaan yg spt ini :)

    ReplyDelete
  3. aha! kado ultah yg cocok buat bokap kamu (dan buat aku juga) adalah buku lonely planet. atau perangkat GPS buat dipasang di mobilnya, hehehe.

    btw terakhir kali aku hunting hotel (di bandung) via internet lumayan seru juga, karena google ternyata ngasih terlalu banyak alternatif hotel, malah bingung milihnya :P

    ReplyDelete
  4. Memang masalah peliknya sekarang bukan masalah cari alternatif hotel. Tapi yang lebih penting, cari rekomendasi yang bermutu. Kalo langkah kita googling duluan, hasilnya terlalu banyak pilihan, nanti jadinya malah bingung.

    Kalau aku cari rekomendasi sebaiknya berupa testimonial dari orang yang udah pernah nginep di situ. Dari Foursquare cukup terpercaya. Kalo dari Twitter n Facebook, liat-liat juga gaya orang yang ngasih rekomendasi.

    Aku pernah dapet cerita dari teman yang dapet hotel setelah baca Lonely Planet. Dia dapet hotel a la backpacker, dan hotelnya cuman sudi nawarin kamar buat warga negara asing. Temenku ini bisa dapet kamar coz dia nelfon pesen kamarnya pakai bahasa linggis, hahaha..

    Oh ya, salah satu poin yang kucari dari suatu testimoni adalah sisi jelek dari hotel yang bersangkutan. Misalnya kalo ada komentar bahwa hotel itu lobby-nya gelap, bed cover-nya Louis Vuitton palsu, nasi gorengnya hambar, seperti itu deh. Buku-buku mustahil nulis kayak gitu, coz pengarangnya bisa dituduh memfitnah. Tapi kalo dari internet, black testimonial kayak gitu banyak banget tersedia dan bisa jadi referensi tersendiri.

    ReplyDelete
  5. wew, emang susah nyari hotel yang menawarkan kenyamanan di kota kecil. Kalau pergi sendirian atau berjiwa backpacker sih lebih mudah, tidur di masjid pun tak masalah :D

    ReplyDelete
  6. Vicky
    rasanya punya bokap yang 'nge-friend' kayak gitu asyik banget dah, kenapa ga coba ke pulau Putri bagian dari Pulau seribu, beliau bisa berjemur dan kamu bisa berenang sepuas mungkin, pantainya bersih kok.

    Tapi sayangnya aku ga begitu tahu kesukaan bokapmu, traveling yang dia sukai dimana juga hoby bokap itu apa, dengan bisa penuhi 2 hal itu rasanya 'holiday bokap' bisa beliau nikmati betul.

    Maaf dah beberapa hari ini ga sempet kunjungi blog mu, aku haru urusin Ibu dulu de.

    salam ya buat bokapmu yang asyik itu.

    ReplyDelete
  7. kalo ke semarang kontak kita aja...
    siapa tau bisa membantu..

    ReplyDelete
  8. Wijna, memang susah juga nyari hotel di kawasan kota kecil. Kemaren saya nyari hotel di Brebes dan Guci aja susah amit. Makanya saya jadi respek sama Tegal coz adanya hotel yang bermutu prima nunjukin bahwa kota itu memang siap untuk maju.

    Pak Satrio, kemaren memang Kepulauan Seribu nggak dilirik coz posisinya di Jakarta. Sedangkan Jakarta udah dicoret besar-besar dari daftar tujuan bokap saya, hehehe.

    Bokap saya sih senengnya jalan-jalan naik gunung dan camping buka tenda. Cuman hobi gini mesti diatur dengan seksama, coz urusan pentingnya adalah cari air bersih buat mandi dan wudhu.

    Mudah-mudahan ibunya Pak Satrio sehat wal afiat. Nanti salamnya disampaikan.

    Slamet, makasih. Bisa kasih diskon hotel nggak? Hehehe..

    ReplyDelete
  9. Thank you infonya Vic, biasanya kalo jalan-jalan sekeluarga ini kalo belum ada tujuan menginap sampai ditempat tujuan bukannya selonjoran atau rebahan dulu yang ada malah "saling adu argumentasi" kemana musti nginap...he...he...acara liburannya jadi ngga asyik lagi...pas nemu penginapannya ngga cocok, ada yg ngedumel lagi...he...he...

    ReplyDelete
  10. huahhh thanks buat tips nya :) hihihihi~

    ReplyDelete
  11. Oh iya, memang kadang-kadang itu yang suka jadi perusak liburan, soalnya nggak ada kesepakatan mau nginap di mana. Makanya baiknya sebelum pergi liburan udah direncanain dulu, apa yang diinginkan oleh setiap peserta liburan, mau nginepnya di hotel kayak apa, terus bantuin cari pemesanan. Biasanya kalau tiap anggota keluarga ikutan berpartisipasi nyari hotel, misalnya mulai dari bantuin browsing nama hotel sampek bantuin nelfon ke resepsionisnya, jadinya nggak akan berantem dan liburan bisa jadi nyaman deh, hehehe..

    ReplyDelete
  12. kalo pergi2 ke negara2 sekitar sini biasanya aku cari tempat tinggal via hostelworld.com atau hostelbookers.com, disitu bisa diliat rating dan reviewnya lumayan lengkap. sejauh ini belom pernah kecewa sih sama rekomendasi mereka :D

    ReplyDelete
  13. kalo saya memang dah biasa naik turun gunung dan tidur d mana aja sih Mba... jadi kadang kalo keman2 ga mikir hotel, yg penting ada ongkos ^^

    ReplyDelete
  14. Backpacking itu sebenarnya cuman cocok buat orang muda. Kalau pergi bareng orang-orang tua pasti nggak cocok, coz harus mikirin hotel yang enak, karena mereka kan nggak bisa tidur di tempat sembarangan.

    Oh ya, hostelbooks.com itu sebenarnya nggak terlalu lengkap, coz nggak nyantumin akomodasi di Tegal. Hahahaa.. :-D

    ReplyDelete
  15. Aku baca postingan mbak Vicky kali ini manggut2 doang
    antara ngerti dan gak ngerti

    aku g pernah pesen hotel, taunya jadi aja..
    hehe

    ReplyDelete
  16. Oh, sesekali Ayu mesti belajar mesenin hotel, Yu. Soalnya nanti kalo gede kita yang akan gantiin orang tua kita mesenin hotel buat mereka.

    ReplyDelete
  17. wah aku jarang banget tuh harus booking hotel. kebetulan temen baik nyata dan maya banyak banget di seantero negeri. jadi suka minta tolong aja suruh nyariin.
    kebalikannya kalo ada temen mau ke jokja, aku suka nanya perlu aku bookingkan hotel ga, itung -ting balas budi. eh temen jarang mau. kebanyakan malah bilang, "gua tidur di mess kantor elo aja dah. toh ademnya kaya di hotel."
    cuma buntutnya yang suka ga enak. "tolong cariin kwitansi hotel ya, buat gua tukerin ke kantor.."
    hayah...

    ReplyDelete
  18. Ahahaa..kalo aku nggak berani minta dicariin temen, Pak. Soalnya ujung-ujungnya mereka malah nawarin, "Nggak usah nyari hotel. Tidur di rumahku aja.."
    Ya elah, padahal aku kan takut ngrepotin empunya rumah.

    Paling repot kalo ada orang nawarin tempatnya buat diinepin. Dan aku pengen banget jawab, "Gw sih mau aja nginep di rumah elu. Tapi bisa lu cariin kwitansi hotel nggak, buat gw tukerin ke kantor..?"

    ReplyDelete
  19. kalo saya biasanya cuma nanya ke google trus nelpon ke hotelnya. pertanyaan pertama adalah "rate-nya berapa?" maklum lah mbak, untuk seorang buruh pabrik macem saya harga nomer satu, setelah itu baru fasilitasnya apa?

    lebih enak lagi kalo ada temen di kota yang dituju, minta tolong pesenin langsung, sukur-sukur dibayari. *eh*

    ReplyDelete
  20. Salam..sore Vicky, wahh sepertinya punya papa seperti ini enaknya..bisa seperti teman..

    ReplyDelete
  21. Heuu..dalam beberapa hal ini cukup mencemaskan.. :-D

    ReplyDelete
  22. thanks for sharing the tips.... belum pernah sih mesen lewat internet... Kuatir ketipu sama gambar yang pasti indah dipandang pas kenyataannya.... Bleh....

    ReplyDelete
  23. kalo saya cari hotel di dlm kota biasanya pertama-tama di utamakan yg punya grup gitu.. misalnya Accor (ibis, novotel) etc etc.. kalo yg itu kan biasanya ratenya mirip2 & mutu udah pst terjamin.

    aq booking hotel online cm kalo mo ke luar negeri hehehe

    ReplyDelete
  24. Aq lebih srek dg style bokapmu Vicky. Mungkin bedanya, klo aq saat kuliah dlu lbih sering tidur di alam bebas ketimbang hotel. ckk.. ckk... :)) salam sobat :)

    ReplyDelete
  25. Aunt Vicky, thanks banget infonya. Nih post pas banget buatku. Lusa ini aku harus ke surabaya, dan lagi bingung karena belum pernah nginjakin kaki di sono.

    Hmm... Sebenarnya sih aku bisa tidur dimana aja, asal ada kamar mandi yang bersih dan tempat tidur yang nyaman. Misalnya di hotel. Lho...???

    ReplyDelete
  26. tapi aku setuju ma papimu vic. tidur di pinggir jalan itu seksi :D

    ReplyDelete
  27. Tapi sholat subuh di pinggir jalan itu nggak seksi, Mbak.. :-D

    ReplyDelete
  28. Ini postingany kayaknya harus aku link-kan ke temen yang pernah pasang status di fb: "sebenarnya aplikasi foursquare itu bermanfaat enggak sih?"
    Bermanfaat kan ya, Vic? ;))

    ReplyDelete
  29. Oh, bermanfaat banget! Aku tadinya buta sama sekali tentang Tegal. Tapi gara-gara aku pakai Foursquare, aku malah bisa jadi menikmati kota asing itu dengan enak!

    ReplyDelete
  30. agoda memang sudah lama terkenal... sekarang juga sudah ada versi bahasa indonesianya, saya sangat senang memakainya soalnya mudah dimengerti siapa aja dan bisa langsung bayar dalam rupiah... www.agoda.web.id :)

    Rizky

    ReplyDelete

Terima kasih sudah mau repot-repot urun berisik di sini.. :) Jangan lupa sebut nama, supaya kita bisa berteman dengan nyaman..