Friday, March 20, 2009

Ukuran Jadi Masalah


Tahu nggak, pejabat-pejabat yang diadili di pengadilan korupsi itu seringkali nampak bego. Kalo ditanya, apakah mereka nandatanganin surat sesuatu tentang penerimaan duit sesuatu yang merupakan tindakan korup, pasti jawaban favorit mereka adalah "Saya tidak menandatanganinya" atau "Saya tidak tahu apa-apa tentang itu". Bikin kita gemas, ya? Jangan keburu sewot. Bisa jadi mereka memang nggak melakukannya. Yah, beberapa kasus memang mereka yang melakukan sendiri, tapi lain-lainnya mungkin tidak. Soalnya yang nandatanganin surat terima duit itu mungkin bukan pejabat yang bersangkutan, tapi orang yang "pura-pura jadi pejabat".

Kemaren tuh, gw nulis selembar surat buat pejabat kementerian. Surat itu resmi, dibikin dengan kop kantor gw, lalu ditandatangani oleh gw. Nah, pas gw mau teken tuh, bolpen gw lagi ada di tas. Gw pinjem bolpen seorang staf, lalu gw oret-oret dulu di kertas buram, maksudnya biar gw ngga kagok gitu tanda tangan surat resmi pake bolpen orang. Ternyata bener aja, tuh bolpen macet di tangan gw, hehehe. Emang kayaknya lebih enak nulis pake bolpen sendiri, coz tuh bolpen udah dijampi-jampi pake tangan gw gitu lho (emangnya lu dukun ya, Vic?). Maka gw cabut dulu, buat ambil bolpen gw di tas.

Pas gw balik lagi ke meja tanda tangan, ternyata sang staf tadi lagi berusaha niruin tanda tangan gw di kertas buram. Gw ngakak ngeliatnya. Beuh, gagal total. Nggak mirip sama sekali!

Lalu gw teken di atas surat resmi tadi. Sebagai informasi ya, tanda tangan gw cukup panjang dan sangat rumit, persis pemiliknya. Hahah!

Lalu sang staf bilang, "Dok, ini saran aja ya. Kalo mau jadi pejabat, tanda tangan sebaiknya yang mudah ditiru. Supaya kalo lagi libur (tugasnya) bisa digantikan oleh orang lain.."

Gw menyeringai. "Berarti saya memang ndak cocok jadi pejabat," kata gw kalem.

Mungkin itu sebabnya duit rakyat gampang menguap di negeri kita. Anggaran terbuang sia-sia oleh surat-surat resmi yang ditandatangani sistematis atas nama pejabat. Pejabatnya nggak pernah baca isi surat itu coz dia memang nggak pernah liat suratnya. Dia nggak liat suratnya karena mungkin dia lagi liburan, cuti, yang intinya nggak ada di tempat kerja. Yang menggantikan tugasnya baca surat adalah anak buahnya, maka anak buahnya yang meniru tanda tangan sang pejabat. Dan duit pun mengalir, tanpa pernah diketahui pejabatnya apa hakekat persisnya tujuan duit itu. Begitulah korupsi berjalan.

Semua itu nggak perlu terjadi kalo nggak ada kasus pemalsuan tanda tangan. Pemalsuan itu udah akrab sama kita semenjak kita masih di bangku kuliah. Ada yang suka titip absen? Hayoo..ngaku!

Memang tanda tangan panjang itu ada manfaatnya. Susah dipalsukan, maksa semua orang buat jujur.

Tapi kalo tanda tangannya pendek, tugas kita lebih ringan coz ada orang yang bisa gantiin tanda tangan kita kalo kita lagi berhalangan.

Urusan tanda tangan asli bisa ruwet. Seorang pegawai pernah batal dapet gaji gara-gara petugas Badan Pemeriksa Keuangan mendapati tanda tangannya di suatu surat kurang satu garis.

Ada lagi seorang perempuan cerita ke gw. Dia mau ambil duit di bank, tapi ditolak gara-gara tellernya curiga, "Ibu kok tandatangannya beda?"
Sang perempuan menyahut ketus, "Sini saya minta kertas kosong. Saya mau tanda tangan sepuluh kali."

Kalo lagi stres, tanda tangan bisa miring ke kanan. Kalo lagi hepi, tanda tangan miring ke kiri. Makanya tanda tangan bisa beda-beda biarpun orangnya sama aja. Itu sebabnya ada orang nggak mau punya tanda tangan yang panjang. Biar nggak dipersulit oleh verifikator tanda tangan.

Apa kamu setuju kalo tanda tangan kamu gampang ditiru? Bisa jadi pejabat lho..

Tapi gw sih ogah. Tanda tangan adalah representasi gw. Kalo gw memang harus jadi pejabat, gw mau tanda tangan surat-surat pake tangan gw sendiri. Biarin gw nggak bisa liburan gara-gara harus tanda tangan. Makanya jadi pejabat tuh jangan lama-lama. Cukup lima tahun aja..!