Friday, October 30, 2009

Jalannya Mbahmu

Temen gw baru cerita ke gw bahwa sekarang dia lebih sering naik angkot ketimbang bawa mobil sendiri. Tadinya gw kirain dia mau sok ikut-ikutan green life gitu, atau mau ngirit bensin, atau lebih parah lagi jangan-jangan mau ngecengin kenek angkot. Tapi ternyata dia menampik semua tuduhan gw itu sambil menggerutukan alasannya yang benar, “Orang-orang krucuk itu ngehalangin jalan gw.”

Jadi gini, teman gw ini, sebut aja namanya Fiona, tinggal di sebuah komplek perumahan di sebuah kota di Indonesia. Rumah sebelahnya rumah Fiona itu kosong blong, udah lama nggak ada penunggunya. Lalu beberapa minggu terakhir ini datanglah segerombolan orang kerja di rumah itu, membenahi beberapa tembok yang mau roboh, genteng yang mau bocor, mengecat ulang tembok, termasuk membangun beberapa ruangan baru. Wah, mau punya tetangga baru nih, batin Fiona.

Lalu, ada yang bikin Fiona, dan juga beberapa tetangga lain yang tinggal di jalan itu, jadi ngegosipin rumah itu. Soalnya kuli-kuli itu membangunnya sembarangan. Maksudnya, gundukan pasir buat mbangun rumah itu, ditumpuk di pinggir jalan, dan tumpukannya meluber ke mana-mana sampai makanin 75% badan jalan. Alhasil, tetangga-tetangga lainnya yang bawa mobil, nggak bisa lewat. Eh, bisa sih, tapi ya kudu liat-liat dengan super hati-hati gitu, supaya mobilnya nggak sampai nyebur selokan, cuman gara-gara menghindari gundukan pasir yang udah mirip gunung-gunungan itu.

“Dikiranya jalannya mbah’e, apa?” ujar Fiona ketus waktu bilang itu ke gw.

Lalu gw bilang sama Fiona, ya bilang dong sama mandornya, supaya tuh pasir bangunan ditata yang rapi biar nggak ngalang-ngalangin jalan. Jadi mobil dia bisa lewat. Tapi, jawab Fiona, “Mandornya yang mana, gw juga kagak tau.” Dan memang tidak ada seorang pun yang tau. Pasalnya, dari hari pertama pembangunan rumah sampai sekarang, tuh pemilik rumah maupun pimpinan proyeknya nggak kulo nuwun dulu sama para tetangga.

“Tau ya, rumah lu ya rumah lu sendiri, tapi jalan depan rumah lu bukanlah punya lu sendirian. Biarpun mbah lu Kepala Dinas PU yang mbangun jalannya! Mbok kenalan gitu sama tetangga kiri-kanan yang tinggal duluan di situ, ‘Permisi..ini saya mau bikin rumah. Maaf ya, kayaknya nanti pasir buat pembangunannya bakalan ngalangin jalan..’ Lhoo..kalo kayak gitu kan lebih elok. Kita juga tau kok halaman rumah kita di kompleks ini sempit-sempit, pasti mau nggak mau bahan-bahan bangunan itu bakalan ngeganggu jalan. Kita juga pasti maklum. Tapi ya bilang-bilang dulu dong sama pemake jalan yang lain. Minimal kenalan dulu gitu, kek!” jawab Fiona berapi-api.

Gw mencoba menghibur Fiona bahwa tidak semua orang itu punya sifat pemberani yang sama seperti kita. Beberapa orang masih malu buat ngajak kenalan duluan ke orang lain, apalagi buat bilang bahwa pasir dia bakalan ngehalangin jalan mereka.. 

Jemaah blog gw mungkin nggak ada yang sebloon kuli-kuli ini ya, yang bisa naruh-naruh pasir sampai ngehalangin jalan. Tapi pasti banyak dari kita yang punya impian kepingin bikin rumah sendiri suatu hari nanti, bukan sekedar beli jadi dari developer. Bikin rumah itu ternyata prosesnya nggak main-main, bukan sekedar milih arsitek atau milih kontraktor yang jagoan bikin rumah artistik yang tahan gempas. Tapi juga kudu milih pimpinan proyek yang punya etika, yang bisa meminimalisir segala kerugian yang harus diderita oleh kepentingan umum, sebagai akibat dari pembangunan rumah itu. Pasir ngehalangin jalan baru contoh kecil. Contoh lainnya:
1. Kalo bikin sumur, jangan sampai nyedot air tanah dari sumurnya tetangga.
2. Kalo bikin ruangan yang ngehimpit ke temboknya tetangga, jangan sampai balok langit-langitnya nyodok ke tembok.
3. Kalo bikin balkon, jangan sampai menghadap ke tamannya tetangga coz itu kesannya mau ngintip rumah tetangga.
4. … (isi aja sendiri)

Barangkali calon tetangga barunya Fiona itu bukan orang terpelajar. Atau setidaknya, nggak lulus pelajaran tata krama, hahaha.. Ah, jadi nyesel nih. Pantesan orang jaman sekarang rata-rata nggak sopan. Lha dulu waktu SD pelajaran PMP-nya juga cuman 2 x 30 menit..