Saturday, October 3, 2009

Ngantor vs Ngepel


Oke, mengakulah kalian semua. Berapa frekuensi kalian ngepel rumah?

Gw tau jawaban Anda beda-beda.

"Saya ngepel dua kali sehari, pagi sore. Kadang bisa empat kali kalo si Kecil muntahin buburnya lagi."

"Saya ngga pernah ngepel, soalnya area tempat tinggal saya ngga pernah polusi. Paling-paling saya vacuum aja karena saya alergi debu."

"Gw mah ngepel cuman kalo gw baru numpahin kecap ke lantai. Kalo numpahin air doang sih paling-paling gw gosok-gosokin doang pake keset, hihihi.."

"Ngepel? Ah, kan ada pembokat? Suka-suka dia aja mau ngepelnya kapan..!"

Sebagai generasi perempuan yang masih morat-marit tujuan hidupnya antara mentingin karier dan bikin anak, gw adalah anak gadis yang paling sering cekcok sama nyokapnya cuman gara-gara urusan maha ngga penting bernama jadwal ngepel. Berikut gw jabarkan bedanya ngepel a la gw dan ngepel a la nyokap:

1. Nyokap gw mau gw bangun pagi langsung ngepel. Padahal kalo bangun yang pertama kali ada di kepala gw bukanlah ngepel, tapi ngeblog.

2. Nyokap gw ngga percaya deterjen pel coz merk manapun gagal bikin lantai mengilat biarpun udah diencerin juga, jadi itu namanya boros biaya. Gw bersikeras make deterjen pel coz deterjen berfungsi membunuh kuman yang ada di lantai. Kita tetap perlu antiseptik biarpun kita bukan orang yang senang jilat-jilat lantai.

3. Nyokap gw bilang ngga pa-pa ngepel pake pel dorong biar cepet. Gw bilang pel jongkok lebih bersih biarpun jadinya makan waktu. Itu sebabnya gw ngusulin harus ada hari khusus ngepel dalam seminggu.

Keliatan kan sekarang repotnya kalo ada dua caretaker dalam rumah tangga. Nyokap gw mungkin Ibu Wakil Presiden yang seksi nyuruh-nyuruh, tapi gw tetap Menteri yang kerjain implementasinya di lapangan. Nyokap gw berorientasi kepada anggaran belanja, sedangkan gw berorientasi kepada efisiensi sumber daya. Nyokap gw mau semua beres dalam jangka pendek, sedangkan gw mikir dampaknya dalam jangka panjang. Ngga kebayang jadinya kalo kita berdua disuruh jadi pejabat negara. Mungkin ada baiknya bokap gw ngga kepilih jadi presiden Republik Indonesia pada pemilihan yang lalu.

*jiaahh..!*

Ini bukan kali pertama gw dan nyokap gw beda gaya dalam urusan merawat rumah. Sepupu gw, Nay, 29, bahkan sudah lupa kapan terakhir kali ngepel rumah. Dia punya rumah sendiri yang dia tinggalin berdua bareng mantan pacarnya. Suatu ketika BuDe gw dateng dari luar kota, nginap di situ selama beberapa hari buat merasakan rumah anaknya sendiri itu. Lalu BuDe gw gemas. Ternyata Nay ngepel cuma seminggu sekali. Justru mantan pacarnya Nay itu yang rajin bikin susu tiap pagi sambil nyiapin meja buat sarapan. Kata BuDe gw ke Nay, "Mau jadi apa kamu kok rumah nggak diurus, suami nggak dibikinin minum..?"

Sebagai tanda solidaritas gw kepada sesama wanita 20-something, gw membela Nay mati-matian. Berikut alibi gw:
1. Dalam buku nikah yang ditandatangani Nay dan mantan pacarnya, tidak disebutkan nota kesepakatan bahwa istri harus membuatkan minum untuk suaminya setiap pagi.
2. Nay kerja dari jam 8 pagi dan pulang jam 5 sore. Dalam 24 jam sehari dia kudu kerja, bermacet-macet di jalan, sembahyang, makan, Facebook-an, dan ngelonin suaminya di tempat tidur. Mana sempat buat ngepel rumah tiap hari??
3. Gw tau kakak ipar gw itu udah gede dan bukan bayi lagi, dan seingat gw dia punya tangan dua biji. Kan bisa bikin minum sendiri??

Gw tau ini persoalan klasik yang dihadapin perempuan-perempuan generasi gw. Kantor ngga bisa ditinggal, sedangkan rumah ngga boleh kotor. Gw sering iri kalo bertandang ke rumah tante-tante yang bersih banget kayak hotel, tapi rasa iri itu langsung lenyap tatkala gw tau bahwa para tante itu ngga pernah kerja dan sehari-harinya mereka cuman ngisi waktu buat nungguin suami mereka pulang. Gw juga hafal bahwa banyak ibu rumah tangga yang ketika arisan diam-diam bersorak dalam hati kalo liat lantai rumah perempuan lain kurang bersih ketimbang lantai rumahnya sendiri. Kalo ternyata perempuan yang rumahnya bersih itu bekerja di luar rumah dan sehari-harinya rumahnya tetap kinclong karena ada asisten pribadinya, pasti tetap aja dicibirin, "Ooh..pantesan. Lha wong bedindenya ada tiga orang.."

Very stupid b*tches we are!

Kata nyokap gw, bersihkan rumahmu tiap hari coz ketika suamimu pulang dari kerja, dia mau disambut rumah yang nyaman, bukan rumah yang kotor kayak kandang sapi. Gw ngga memungkiri itu coz mungkin itu cara kita menghargai suami kita, tapi gw juga pengen perempuan-perempuan kantoran yang ngga punya cukup waktu buat ngepel rumah tiap hari, tetap dipandang dengan adil. Akhirnya, beruntunglah para ibu rumah tangga yang bisa merawat rumah tanpa bedinde. Dan, berkatilah para wanita kantoran yang bisa memanajemeni rumah mereka, termasuk mengelola staf buat jadi bedinde mereka. Karena jadi perempuan rumahan maupun kantoran itu, sama-sama susah.