Thursday, October 22, 2009

Mobil Ilang, Laptop Ilang

Gw pernah ditanya, mana yang lebih berat, kehilangan laptop, atau kehilangan file di dalam laptop? Gw pun jawab, boleh nggak gw milih dua-duanya, hehehe.. Soalnya laptop tuh masih mahal buat gw, dan bikin file di laptop itu juga perlu kerja keras setengah mati.

Gw pernah menghadiri sebuah workshop yang menampilkan pembicaranya seorang dokter ahli paru. Pada ceramahnya dia bilang bahwa kalo para penonton mau nyatet omongan dia, catet aja. Soalnya dia nggak mau nanti orang-orang ngantre mendekatin dia buat minta transfer file presentasi dia di laptop milik dia, ke flash disc masing-masing. Bukannya pelit ya, coz dia sendiri udah nyediain CD yang memuat presentasi dia, nanti penonton tinggal ngopi sendiri sama panitianya. Yang dia takutkan adalah kalo ada orang nggak jelas nyolokin flash disc ke laptop dia, dan ternyata tuh flash disc ada virusnya. Dia takut tuh virus nggak diundang bisa ngerusak laptop dia, padahal di laptop dia itu ada ratusan file yang isinya jurnal-jurnal hasil donlotan dia di internet. Tau sendiri kan, nyari jurnal itu kan susah, ngumpulinnya repot, jadi kalo kita udah nyimpen hasil unduhan itu di laptop truz laptopnya rusak dan semua file jurnal itu ilang, bisa nangis darah kita nanti..

Dari situ kolega gw itu mengajari gw bahwa ternyata kadang-kadang kehilangan file itu lebih berat daripada sekedar kehilangan laptop. Kalo laptop kan bisa beli lagi, tapi kalo kehilangan file berarti kehilangan catatan dari ilmu pengetahuan yang udah kita dapatkan dengan susah-payah. Itulah yang menjadi dasar pemikiran kenapa gw nulis ini, selain juga simpati gw kepada salah satu kolega gw yang baru aja kena musibah.

Kolega senior gw baru kehilangan mobilnya. Mobil itu digondol maling tiga hari lalu, pas kolega gw lagi kerja di Cibabat, daerah Cimohay di Jawa Barat. Padahal di dalam mobil itu, kolega gw nyimpen laptopnya, termasuk flash disc-nya juga. Dan..ini yang bikin gw ikut sedih, bahan-bahan kuliah Ph.D-nya yang berada di dalam situ pun ikutan lenyap.

Saat ini, kolega gw lagi sekolah ngambil S3 di Bandung. Makanya beban hidupnya jadi lebih berat, coz kolega gw sering lembur buat belajar cari jurnal ini-itu buat bahan kuliahnya. Hasil-hasil kuliah itu disimpennya di dalam laptop dan flash disc-nya, dan sekarang kedua barang itu raib bersama mobilnya dibawa maling siyalan..

Mungkin mobil bisa diganti yang baru. Mungkin laptop bisa diganti yang baru. Tapi adakah yang bisa mengganti bahan-bahan kuliah yang udah diperoleh dari sana-sini dengan susah-payah?

Dengan ini, gw mengetuk pintu hati siapapun yang merasa melihat Toyota Altis warna item dengan nomer plat D 1707 MY, itu mobil kolega gw yang dirampok. Tolong segera lapor Kepolisian Resort Kota Cimahi di 022-665-2095, atau di 022-664-0444. Mudah-mudahan Tuhan membalas segala kebaikan Anda. Coz kita semua tau persis, bahwa ilmu pengetahuan yang bermanfaat, termasuk yang berada dalam laptop dan flash disc kolega gw yang hilang bareng mobil itu, adalah amal jariyah yang nggak akan putus pahalanya meskipun yang menurunkan ilmunya meninggal dunia..

P.S. Gambar di atas bukan mobil kolega gw, tapi gw ambil pagi ini dari http://mobil-bekas.net.