Thursday, October 1, 2009

Deadline dan Absen


Adakah yang bisa kasih tau gw kapan deadline buat bilang “mohon maaf lahir batin”? Coz seorang teman membalas e-mail gw dengan bilang, “Thanks ya, Vic. Selamat Lebaran juga. Tapi..tidakkah ini agak sedikit telat?”
Gw nyengir, lalu gw timpalin begini, “Sebenarnya gw nungguin selamat dari lu sepanjang minggu lalu. Tapi lu tidak kunjung ngirimin gw juga, jadi akhirnya gw putusin buat ngirim ke lu duluan. Hahahah..”

Gw emang keterlaluan, coz gw baru bilang selamat Lebaran ke dia itu kemaren, H+10. Sebenarnya bukan gw menunda-nunda. Masalahnya, kan gw ngga suka bilang selamat Lebaran pake robot send-to-all itu, coz itu ngga ada kesannya, jadi gw kirimin orang-orang itu satu-satu. Dan gw bukan basa-basi, tapi gw betul-betul nanyain kabar mereka. Anaknya sudah bisa jalan atau masih merangkak? Jadinya sekarang kamu ambil S2 atau udah pindah kerja yang lebih keren? Sekarang udah punya rumah sendiri atau masih tinggal di pondok mertua indah? ;-p

Memang kerjaannya jadi lama, makan waktu sampai 10 hari, coz gw mastiin setiap orang yang ada di buku alamat gw udah gw sapa. Jadi jangan heran kalo ada temen yang baru gw kasih selamat Lebaran setelah 10 hari Lebaran berlalu 

Oke, sadarkah kita bahwa sebenarnya keberadaan kita ini selalu diabsen? Ngga cuman di bangku kuliah atau masuk kantor aja yang diabsen, tapi juga di lingkungan lain. Di arisan rumah sekomplek, di acara hala(h) bi hala(h) sama boss, di acara kondangan, bahkan di acara pemakaman?

Sepupu gw jadi buah bibir keluarga besar lantaran dia ngga pernah nongol di acara-acara keluarga. Nongolnya cuman setahun sekali, beberapa jam doing pas Lebaran di rumah Grandma. Itu sih namanya setor muka, kata sesepuh keluarga gw. Sebenarnya gw agak kesiyan dia diomongin sombong begitu, coz menurut gw itu bukan salah dia. Itu salah Jakarta yang selalu macet. Itu salah telepon yang memudahkan orang bilang “Sorry, saya lagi sibuk..” Itu salah alat KB yang terlalu mahal sehingga sepupu gw itu jadi sibuk ngurusin anaknya yang banyak itu. Halah..

“Kowe jangan kayak dia, Ky,” kata bonyok gw menyoal kelakuan sok sibuk sepupu gw itu. “Bukan gara-gara sudah punya suami, punya anak, karier bagus, lantaran dia jadi lupa sama sodara-sodara orangtuanya. Nanti kalo orangtuanya meninggal, siapa mau merangkul dia?”

Gw senyum-senyum doang. Pasti ini urusan yang kemaren lagi, kau-jangan-lupa-sama-paman-dan-tantemu-supaya-nanti-kalo-bonyok-meninggal-ada-yang-tetap-memelukmu.

Lalu gw nyodorin teori gw, ketika anak burung sudah bisa terbang, maka dia kepingin terbang yang jauh sekali meninggalkan sarang yang sudah lama membesarkannya. Paling-paling dia cuman pulang setahun sekali ke rumah induknya hanya untuk ber-Lebaran. Tapi mendadak gw ragu sendiri soal teori itu. Burung kan tidak merayakan Lebaran..?

“Dia kan bisa ng-SMS tante-tantenya hanya untuk sekedar nanya apa kabar?” kata bonyok gw. “Sodara-sodara orangtuanya itu bukan orang lain, ngapain dia mengasingkan dirinya sendiri?”

Gw ketawa. Oh please hari gini, gw bahkan ngga pernah ng-SMS paman-paman dan tante-tante gw. Kalo mau tau kabar, liat Facebook ajalah. Emang dasar angkatan bonyok gw aja yang masih kolot menganggap tiap orang harus sering bicara dengan paman dan bibinya untuk berhubungan intim. (Maksudnya membangun keintiman, kali..)

Nah, balik ke tema awal. Jadi gw mengurut satu per satu di buku alamat gw, siapa-siapa yang belum gw sapa Lebaran ini. Akhirnya tibalah gw di nama sepupu gw yang jadi oknum sombong di atas itu. Gw SMS dia, “Dear Mbak Manohara (nama aselinya gw rahasiain yah..), selamat Lebaran ya. Mudah-mudahan Mbak dan anak-anak sehat-sehat..” sambil gw tambahin di belakangnya, sungkem gw buat orangtuanya.

Tau-tau dia bales begini, “Dear Vicky, terima kasih sudah ng-SMS. Maafin aku juga ya..” lalu Manohara bilang bahwa selama ini HP-nya error dan dia kehilangan nomer HP banyak orang, termasuk nomer bonyok gw..

Singkat cerita, beberapa jam kemudian nyokap gw dapet SMS di HP-nya. Ngga tau SMS dari siapa, tapi setelah baca itu, nyokap gw nanya ke gw, “Apa kowe sudah kirim SMS ke Mbak-Mbakmu?” maksudnya ke kakak-kakak sepupu gw yang jumlahnya bejibun itu.

“Sudah ada Facebook,” jawab gw.

“Kalo ke BuDe-BuDe?”

“Belum,” jawab gw. Sebelum nyokap gw bilang ‘ini-sudah-hari-keberapa-kok-belum-kaukirimi-juga?’, gw ngeles, “Nama mereka kan di huruf S..?”

Lalu gw bilang lagi, bahwa Manohara, keponakan bonyok gw yang sombong itu membalas SMS gw dan minta maaf karena nomer nyokap gw ilang.

Banyak alasan kenapa orang jadi terasing dari keluarga besar mereka. Nomer telepon yang ilang. Tiket pesawat yang mahal. Ngga tau caranya bikin e-mail. Sampai kesulitan manajemen waktu antara mengurus diri sendiri dan menjadi makhluk gaul.

Biarlah yang kuper menjadi kuper. Asal jangan kita yang ngga mau merangkul orang. Mana yang lebih keren, kita udah nyapa orang lain duluan, atau masih mau nunggu disapa aja?