Saturday, March 29, 2014

Jatuhnya Harga Buku

Ternyata nggak cuman mobil Eropa yang harganya gampang jatuh. Buku-buku di Gr*med juga.
Seorang kolega mengeluh, bagaimana buku yang dijual di Gr*med bisa gampang banget didiskon hanya dalam tempo yang nggak terlalu lama.

Kita sendiri mungkin sering lihat suatu buku dari penulis favorit dirilis. Ditaruh di rak di tengah-tengah toko, kadang-kadang disediain stand sendiri yang dihias-hias segala. Pokoknya produk buku itu diperlakukan bak raja. Bikin pembeli yang membeli bukunya ikutan bangga. Lalu memamerkannya di segala social media. (Coz sampek saat ini saya belom pernah ketemu orang yang ngundang saya ke rumahnya selain untuk ngajak saya makan siang masakan bikinannya. Apalagi yang bilang gini, "Ayo main ke rumahku, Vic. Aku baru beli buku baru bikinannya Clara Ng, lhoo!"

Lalu tiba-tiba beberapa bulan kemudian, pas kita main ke toko itu lagi, buku itu udah mendarat di rak bagian sale. Harganya udah jatuh kira-kira sampek 30%. Kita yang ngeliatnya merasa mual. Apakah karena kepopuleran buku itu sudah turun juga sampek 30%? Terus, apakah kebanggaan kita untuk memiliki buku itu juga terjun sampek 30%?

Kolega saya sampek bilang, males buru-buru beli buku di Gr*med. Dos-q sekarang cuman sudi beli buku yang dikarang oleh penulis favoritnya aja.

Kalau saya sih, lebih curang lagi. Dari dulu saya cuman make Gr*med sebagai barometer rilisnya buku-buku baru. Tapi urusan belanja buku, saya lebih seneng beli di Togamas atau sekalian aja nunggu Gr*med ulang tahun.

Bagian alhamdulillahnya adalah karena saya bukan kutu buku. Saya bukan penggemar fanatik buku. Saya penggemar Meg Cabot dan Clara Ng, tapi hanya mau beli bukunya kalo preview bukunya bikin saya ketawa. Malah lebih sering saya beli buku cuman gegara faktor preview di cover belakangnya. Buat saya urusan judge-the-book-from-the-cover sangat menentukan.

Sebenernya penggemar buku akan seneng banget kalau harga buku itu dipertahankan untuk kurun waktu yang pas. Lebih bangga lagi kalau dapet bukunya juga ditandatangani asli oleh pengarangnya. Makanya roadshow penulis sangat dinanti-nanti. (Cuman sampek sekarang saya jarang denger Clara Ng bikin roadshow ke Surabaya. Apalagi Meg Cabot meet and greet di Surabaya, wah..nggak pernaah!)

Beberapa tips untuk naikin penjualan buku buat para penerbit:
1. Bikin kuis yang memaksa pesertanya membaca buku tersebut.
2. Bisa aja sih bukunya didiskon, tapi cetak ulang dengan harga yang baru dan cover baru yang jauh lebih keren.
3. Bikin program loyalti, misalnya beli 10 buku terbitan penerbit tersebut dan gratis 1 buku.
4. Suruh pembeli bikin review buku, dan taruh di internet. Review yang mengarah pada penjualan baru dihargain voucher untuk buku lagi.
http://laurentina.wordpress.com
http://georgetterox.blogspot.com