Thursday, March 27, 2014

Move On

Comfort zone itu menyenangkan, tapi kalo dipikir-pikir, mengurangi peluang untuk rejeki di masa depan.

Temen saya lagi kebingungan. Jadi selama ini kolom komentar di blog miliknya itu pake Disqus. Saya sendiri jarang komentar di sana soalnya ribet. Kudu login atau ngaku jadi guest aja. Kalau login, nggak akan mengarah ke website utama saya. Tapi kalau cuman jadi guest, nggak bisa ninggalin URL. Pokoknya kalau komentar di Disque itu nggak nguntungin komentatornya gitu deh. (Saya pakai prinsip bisnis a la Tionghoa).

Terus temen saya kepingin ganti, nggak mau pake Disqus lagi. Karena merasa traffic-nya jadi kurang lantaran blognya nggak comment-friendly. Tapi dos-q bingung, soalnya kalau Disqus-nya diilangin, nanti komentar-komentar lama jadi ilang..



Pernah lihat kasus kayak gini? Intinya susah move on untuk pindah ke hal yang mungkin lebih baik, karena takut rejeki yang udah ada sejak lama jadi ilang.

Saya pernah kayak gini lho.

Suatu hari, saya ngobrol sama Chichi Utami di Twitter. Saya lupa tadinya kami ngobrolin apa, tapi kemudian jadi bergeser ke isu "ngapalin link blog untuk keperluan blogwalking". Yang kemudian jadi bikin kesimpulan bahwa link blog saya ini, Georgetterox, susah banget buat diapalin. Itu yang bikin saya susah untuk menjaring jemaah baru.

Memang sih, kalau yang sudah kenal teknologi feed, gampang, nggak usah susah-susah ngapalin link blog orang. Tapi kan saya juga kepingin merangkul kaum-kaum tertentu yang newbie dalam urusan blogwalking, atau lebih parah lagi, newbie dalam urusan main internet (contoh: orang lanjut usia, pensiunan PNS). Kalau saya suruh mereka buat ngapalin www.georgetterox.blogspot.com, belum tentu mereka bisa. Bisa ngeja nama Georgetterox aja udah hebat.

*membuat saya tepok jidat, kok bisa-bisanya saya mengarang nama itu*

lazada

Mau ganti username di Blogspot, kok males. Soalnya traffic-nya buat saya sudah cukup tinggi. Saya kuatir kalo ganti username, ya kudu ganti link lagi. Kalau ganti link, nanti jemaah-jemaah yang udah kadung pasang feed pake link-nya Georgetterox, kesasar dong?

Terus, karena tuntutan umur, gaya hidup, dan kreativitas, saya juga kepingin dapet penghasilan dari blog saya. Cuman masalahnya, perusahaan-perusahaan pencari internet marketer itu suka ogah pasang iklan di blog gratisan kayak Blogspot ini. Makanya saya kepingin pake dotcom sendiri. Berarti saya kudu ganti link dong..?

Memang mau move on dari Blogspot itu susah. Meskipun saya pikir masalahnya bukan Blogspot-nya, tapi masalahnya adalah saya yang susah move on. Ngeri traffic jadi hilang. Ngeri arsip blog diilangin sama server. Ngeri server-nya ternyata nggak profesional. Dan ratusan kengerian lainnya.

Padahal kalau udah punya dotcom sendiri, enak kali ya? Gengsinya jelas lebih gede. Biarpun saya juga nggak tahu bentuk gengsinya berupa apa. Soalnya kalau mau punya laurentina.com sudah nggak mungkin. Itu domain sudah ada yang punya, seorang cewek alay asal Spanyol yang nggak pernah ng-update website-nya. Membuat saya gusar. Itu nama gw juga punya, lu kalo gak mau ngurusin, sini gw yang ngurus!

Kata my hunk, nama Laurentina itu nama generik, makanya sudah ada yang make buat jadi dotcom. Dia ngomong gitu, saya mendelik. Lu bilang nama gw generik, maksud lu nama gw pasaran gitu ya?

Mungkin saya yang masih harus belajar lagi. Mau beli dotcom di perusahaan yang kerjanya profesional itu kira-kira di mana? Terus cara meliharanya gimana? Apa risikonya punya dotcom sendiri? Terus gimana kita tahu bahwa biayanya itu sepadan dengan apa yang kita dapatkan?

Balik ke kasus temen saya. Saya mencoba nimbang-nimbang baik-buruknya pindah dari Disqus:

Plus: Komentar jadi gampang. Banyak blogger sudah biasa ninggalin URL mereka. Dan komentator yang blogger lebih potensial untuk dateng lagi ke blog kita daripada mereka yang nggak biasa nulis URL pribadi.

Minus: Komentar lama mungkin hilang. Berarti mengurangi kecakepan dari posting yang lama. Meskipun mungkin posting yang baru tanpa kolom komentar Disqus akan lebih cakep daripada posting yang lama.
Lha kasus saya sendiri? Mau pake dotcom sendiri atau enggak?

Plus: Ngapalin URL-nya gampang. Nama dotcom yang dipilih bisa dibikin sependek mungkin supaya gampang diingat oleh orang-orang lansia.

Minus:
- Berjuang lagi membangun traffic dari nol. Seperti VOC yang dulu-dulu di Ambon terus pindah ke Batavia dan harus kirim telegram ke sana kemari bahwa kalau mau kirim proposal rempah-rempah ke kantor perusahaan mereka jangan pake alamat yang lama.
- Harus mbayar biaya tiap tahun. Meskipun mungkin biayanya lebih murah daripada beli parfum. Dotcom sendiri bisa dipamerin, lha parfum, emang bisa?
http://laurentina.wordpress.com
http://georgetterox.blogspot.com