Sunday, March 9, 2014

Terlalu Bersemangat

Nggak sabar rasanya kepingin masak kembang kol. Pasalnya kembang kol itu bikin hati jadi gondok setengah mati soalnya beli di supermarket. Supermarket itu ya bikin kecele berat, soalnya dipajangnya di rak yang nggak ada harganya gitu, di sebelah sayuran bayam, tetanggaan sama terong. Tanya sama pramuniaganya sambil ngelambaiin terong berapaan, jawabnya goceng doang. Mau nanya kalo harga kembang kol ini berapa, tapi gengsi. Ntar dipikirnya sang pramuniaga, nih ibu cerewet banget sih, mosok sayuran cuman goceng aja masih juga ditanyain harganya berapa. Lantaran gengsi ya saya jejalin aja tuh kembang kol ke dalam keranjang belanja, terus saya bawa ke kasir. Tinggal bayar, selesai.

Pulang ke rumah, rada ngedumel dalam hati kok jumlah total yang ditagih sama kasir lebih gede ketimbang estimasi awal yah. Terus baca lagi bon belanjaannya dan langsung gondok berat. Ediyaan. Kembang kolnya 20k! Bukan goceng! Demiiit!


Salah sendiri kok beli kembang kol di supermarket, bukan pergi ke pasar. Lha mau ke pasar males banget soalnya pasarnya jauh, kudu nyetir mobil dulu. Dari dulu nungguin pangkalan becak buka di deket rumah kok ya nggak jadi-jadi. Lagian ke pasar kan tujuannya cuman mau beli kembang kol, sedangkan ke supermarket kan tujuannya mau macem-macem, beli obat nyamuk lah, beli susu lah, beli deterjen lah, pokoknya beli apapun yang kira-kira kalo beli di pasar malah jatuhnya lebih mahal. Maksudnya biar one stop shopping gitu..

Akhirnya ketimbang ngedumel terus, mending dimasak aja itu kembang kolnya. Resepnya malem ini saya judulin Wortel Chronicles, kalo bahasa awam kira-kira itu artinya wortel ditumis-tumis aja sambil dicampur ini-itu. Jam lima sore, menjelang my hunk pulang kantor, wortelnya saya potong-potong. Terus kembang kolnya juga saya petikin dari tangkainya, terus dibelah-belah gitu supaya jadi kesannya banyak. Terus ambil sosis di kulkas, sosisnya saya angin-angin dulu supaya esnya cair. Ambil tepung maizena sedikit, larutin dalam air sedikit di gelas. Ambil bawang putih, geprek sampek lumat. Ambil bawang bombay, potong seperempat ajah. Iris sampek halus. Huwaaa..nangis dah. Tahu gitu tadi sebelom ngiris bawang pake helm dulu biar nggak nangis. Padahal ini belom ngiris lombok kok udah nangis gini. Tahu gitu tadi ngiris lombok dulu, baru ngiris bawang bombay yah..

Oke, setelah lombok dan sosisnya dipotong-potong, ambil minyak goreng sedikit bekas kemaren, terus tuangin ke teflon. Bawang-bawang nista pembikin kesedihan itu diceprokin ke teflon, terus panasin. Apinya dikit aja, supaya nggak cepet gosong, lagian buat ngirit gas juga. Udah harum, masukin sosisnya dulu. Baru wortel dan kembang kol belakangan, soalnya kalo dimasukin duluan bisa kepanasan di teflon dan vitaminnya raib semua. Tepung maizena yang udah dilarutin tadi disiramin ke seluruh sayur. Bubuhin merica sedikit ke sela-sela kuahnya, jangan dibubuhin di sayurnya, ntar sayurnya terlalu gurih. Aduk-aduk sayurnya sekarang, niscaya tuh bumbu meresap semua ke sayuran.

Adzan Maghrib pun bergema, paling menit-menit bentar lagi my hunk pulang. Wortel campur nggak karuan tadi udah jadi, siap dituangin ke piring saji dan ditaruh di meja. Ambil piring plus meal mat, tata meja supaya meja makan agak mirip kayak di restoran fancy. Oh I wish I had flower supaya tuh meja makan rada manis dikit. Apa yang kurang yah? Duh..kok nggak sabar nungguin my hunk dateng n siapin makan malam yang udah rapi jali..

Mendadak saya ngelirik rice cooker. Tepok jidat. Rapi jali mbahmu! .. Nasinya dari tadi belom ditanak, dodooll!