Friday, March 7, 2014

Penggemar Dadakan


Temen saya lagi kecanduan politikus Hary Tanoe. Tahu kan, pengusaha pers yang lagi digadang buat jadi wapres itu. Nah, temen saya itu bolak-balik nge-tweet soal dos-q secara masif selama beberapa jam kemaren sore.

Semula saya ngira dos-q lagi “jatuh cinta” sama politikus anyar itu. Menjelang musim Pemilu gini kita memang sering denger nama-nama baru untuk jadi calon RI-1 dan RI-2, jadi ya kayaknya wajar kalau temen saya ini lagi punya tokoh idola anyar.

Tapi pas malem (saya ini selo banget ya kok mantengin timeline terus-menerus), kesukaannya ganti lagi. Dos-q bolak-balik ngoceh kalau personelnya Coboy Junior baru nyium personelnya JKT48. Isu gak penting apa pula ini?


Saya yang udah kenal si teman selama 22 tahun, mulai curiga kalo si teman kena virus alay. Hasrat super(-wo-)man saya pun nongol, saya mau sanitize si temen yang saya curigain baru kena brain-washing. Maka saya buka tweet-nya si temen, dan ternyata..seharian ini dos-q telah nge-retweet hal-hal nggak penting, salah satunya adalah iklan jualan follower gratis.

Buru-buru saya kirim messenger ke si temen dan bilang saya prihatin bahwa sekarang dos-q telah menjadi fans die-hard-nya JKT48. Si temen langsung blingsatan panik dan buru-buru ngeganti password Twitter-nya yang udah kena hack itu. Temen saya adalah seorang eksekutif sebuah perusahaan telekomunikasi yang pencitraannya harus dijaga betul-betul.

Menjelang musim Pemilu gini, banyak bisnis nawarin jualan follower. Misalnya dengan membayar sejumlah duit tertentu, maka account Twitter kita akan di-follow sekitar 500 ribuan follower. Seolah-olah fansnya kita ya 500 ribuan gitu lho (eh, follower dengan fans itu sama nggak sih? Menurut Anda?)

Pasar dari bisnis follower ini siapa lagi kalau bukan caleg atau pejabat anyar yang lagi mau maju buat Pemilu. (Pasar lain yang juga potensial untuk jualan follower palsu ini adalah orang-orang yang buka online shop). Mungkin sang caleg bloon mengira kalau kredibilitasnya bakalan meroket pesat jika account Twitter-nya dibuntutin oleh 500 ribu orang. Ih, kayak Agnes Monica aja.

Padahal, belom tentu punya banyak follower itu keren. Cara me-reply mention-an orang juga berpengaruh terhadap penilaian orang pada pemilik sebuah account. Saya aja, baru-baru ini mutusin buat unfollow seorang pesohor gara-gara saya merasa mention-an saya dibales dengan nada ketus.
(Lha, berarti saya kudu siap di-unfollow dong? Hahaaa..)

Tapi saya sendiri lebih kesian terhadap para caleg nggak tau apa-apa yang mendadak dibikinin account Twitter oleh public relation-nya yang serakah. Apalagi kalau sang public relation bertindak selaku buzzer dengan cara bikin account Twitter ber-follower bejibun yang kerjaannya menjilat-jilat sang caleg. Lebih parah lagi bahwa ternyata follower yang bejibun itu palsu alias cuman bot doang..