Saturday, March 22, 2014

Maghrib yang Brutal

Cewek-cewek berbaris ngantre seperti uler ngantre beras. Antrean yang mestinya menuju lorong kecil itu meluber sampek koridor di depan toko-toko aksesoris. Saya yang cuman mau sembahyang aja bingung, ini mau masuk toilet aja kok antreannya panjang begini? Apakah di mall sini telah terjadi wabah kebelet pipis?

Weekend ini Paris van Java Mall lagi ngegelar sale gede-gedean. Beberapa tenant mendiskon beberapa produknya, jadi kunjungan ke mall pun memadat. Sebenernya pemandangan gini sih biasa. Setiap weekend mall ini pasti penuh. Dan penuhnya adalah eksodus besar-besaran seperempat warga Jakarta yang liburan ke Bandung. Kenapa cuman seperempat? Karena seperempat lainnya menyebar ke Ciwalk, seperempat lainnya ada di jalan-jalan kota Bandung, dan seperempat lagi terdiam di Jakarta karena nggak bisa masuk ke Bandung yang sempit.


Saya ada di sini coz mau manfaatin sale. Meskipun pada akhirnya saya kecewa juga coz toko yang saya incer bukannya ngadain sale, malah tutup! Eh, ada yang tahu nggak toko Kami Memang Beda pindah ke mana?

Ketika sudah waktunya sholat Maghrib pun saya turun ke basement tempat musholla mall itu masih berada. Saya bilang masih berada, coz semenjak jaman mall ini baru buka sampek sekarang pun posisi mall nggak berubah. Lokasinya sama, dan siyalnya, ukuran ruang juga masih tetep sama.

Biar saya ceritain aja, musholla khusus cewek ini ukurannya kecil banget, mungkin kira-kira cuman muat sekitar 20 orang. Di dalemnya pun masih kudu berbagi dengan sekitar dua orang yang wudhu coz kran wudhunya juga ada di situ. Saking sempitnya, saya yakin sholat di situ pasti khusyu, soalnya setan juga nggak akan ganggu. Lha gimana mau ganggu, setan nggak akan bisa nyempil di antara jemaah yang sholat saking sempitnya tempat itu!

Saya cuman heran aja, kok Paris van Java yang sibuk bikin gedung parkir tambahan dan gesit membangun lantai-lantai anyar itu lemot banget kalau mau bikin musholla yang lebih luas. Kenapa nggak bisa mencontoh Trans Studio Mall di Buahbatu yang musholla-nya segede-gede ballroom? Toh pengunjungnya juga sama bejibunnya. Padahal musholla itu signifikan banget buat cari rejeki untuk ribuan karyawan yang kerja di mall itu, karena nggak ada doa = nggak ada rejeki yang berkah. Dan pengunjung itu pasti lebih betah di mall kalau ada mushollanya.

Alhasil menjelang Maghrib situasi musholla pun jadi nyaris brutal. Pintu yang sempit bikin jemaah yang mau sholat jadi waspada nyari-nyari tempat buat di-tag pake mata. Giling, nge-tag sajadah aja pake mata. Siapa cepat, dia bisa sholat duluan. Ya ampun.
http://laurentina.wordpress.com
http://georgetterox.blogspot.com