Tuesday, January 5, 2010

Apa Kabar Video Call?

Teknologi 3G merasuki HP-HP yang dijual di Indonesia mulai sekitar tahun ’07. Inget waktu itu iklan pertama tentang 3G di tivi-tivi, membombardir promosi bahwa kalau kita punya HP yang ada 3G-nya, kita bisa nonton tivi via HP, dan kita bisa telfon-telfonan nggak cuman dengar suaranya aja, tetapi juga bisa lihat mukanya lagi ngomong sama kita. Setidaknya begitulah pengertian awam gw tentang HP, waktu itu.

Pada tahun ’08, gw akhirnya beli HP anyar, dan nggak cuman beli HP yang mengandung 3G, tapi pakai yang 3,5G sekalian. Sewaktu lagi milih-milih HP di counter, seorang pramuniaga yang cukup baik hati ngajarin gw bahwa fitur yang gw maksud di atas itu namanya bukan 3G, tetapi namanya “video call”. Ternyata, nggak cuman HP yang mengandung teknologi 3G bisa dipakai buat video call. Penanda HP itu bisa dipakai video call, adalah mesti ada kamera di bagian dalam maupun bagian luar HP-nya.

Waktu itu gw menyambut baik fitur video call itu, soalnya gw tipe orang yang sering harus bikin diskusi jarak jauh dan diskusi itu akan jauh lebih efisien kalau melibatkan video. Sebagai contoh, misalnya gw disuruh nyokap ke toko buat beli kue, tetapi nyokap gw cuman mau enak aja nunggu di rumah. Daripada nyokap gw pusing-pusing kasih spesifikasi kue yang gw nggak ngerti, mendingan gw pergi aja ke tokonya, lalu nanti di sana, gw tinggal video call-in nyokap gw sembari nyuting kue-kue yang dipajang di situ, dan tinggal nanya, “Mom mau kue yang stroberinya banyak ini atau mau yang tabur cokelat kayak gini?”
Paling-paling nyokap gw tinggal jawab, “Coba geser lagi ke sebelahnya, kok kayaknya kue yang itu bo’ong deh.” Definisi kue bo’ong di keluarga kami, adalah kue yang cuman hambur ornamen doang tapi adonan kuenya sendiri cuman sedikit.

Ternyata, setelah gw akhirnya dapet HP yang bisa video call itu, fitur itu justru hampir nggak pernah dipakai sampai sekarang. Alasannya, soalnya buat video call itu kan mode 3G-nya mesti nyala, padahal gw nggak suka banget nyalain mode 3G kalau nggak perlu-perlu amat, coz sinyal 3G itu ngabis-ngabisin batre.

Ditambah lagi, jangankan di-video call, di-voice call biasa aja gw suka nggak denger. Lha kadang-kadang gw tuh suka ada di ruangan mana, HP-nya gw taruh juga di mana.
*Kan sudah dibilang, Vic, ganti aja ringtone-mu yang Avril Lavigne itu dengan lagu metal, biar suaranya banter..*
(Lha gw kirain Avril Lavigne itu penyanyi metal?)

Dan kalau dapet video call itu menuntut kita mesti sudi di-syuting saat itu juga. Padahal belum tentu juga pas kita ditelfon itu penampilan kita dalam keadaan siap dilihat orang lain. Siapa sih yang mau di-video call dalam keadaan bangun tidur dengan mata masih belekan?

Dan bahkan saat gw mengikhlaskan diri buat video call itu pun, ternyata tidak selalu berhasil. Sebagai ilustrasi, gw pernah lagi nyobain video call sama kakak gw pas kita berdua lagi nongkrong di sebuah kafe di Surabaya. Kita berdua udah nyalain mode 3G masing-masing, tapi sewaktu gw mencoba video call-in kakak gw, ternyata gagal.


Nonton tivi via video call juga nggak pernah gw lakukan. Soalnya per menitnya nyedot pulsa banyak!


Alhasil sekarang, video call gw anggurin. HP 3,5G (atau di Bandung sekarang, cukup cuman sampai 3G aja) cuman berguna buat bikin koneksi mobile internet kenceng, lainnya enggak. Mungkin ini tantangan buat para produsen HP, gimana caranya supaya teknologi 3G bisa dioptimalin tanpa harus ngabis-ngabisin batre. Juga tantangan buat operator seluler supaya pelanggan nyaman ber-video call tanpa takut pulsa jeblok atau takut sinyal putus.

Apakah Anda ber-video call?