Wednesday, January 20, 2010

Yahoo yang Aneh

Rada terheran-heran dengan apa yang gw temuin hari ini, tapi itu menjawab segala keheranan gw selama beberapa bulan terakhir.

Jadi gini, Sodara-sodara Jemaah, sebagian besar dari Anda mungkin udah tahu gw punya blog di tiga tempat sekaligus, yaitu di Blogspot, Wordpress, dan Kompasiana. Dan tiga-tiganya aktif semua, dan syukurlah Anda semua masih seneng komentar di ketiga tempat itu. Karena buat gw interaksi aktif di blog gw sangatlah penting, maka gw sengaja nyetel notifikasi di blog-blog itu supaya kalau ada komentar datang, gw langsung diberi tahu oleh para host itu via e-mail. Alasannya adalah supaya kalau ada komentar biarpun cuman satu biji aja, langsung gw bales komentarnya saat itu juga.

Nah, ternyata rencana gw nggak berjalan baik. Pernah sekali waktu gw buka dashboard Blospot gw, dan ternyata sudah ada tiga komentar baru nongkrong di daftar antrean moderasi blog gw, padahal gw nggak dapet notifikasi sama sekali di e-mail gw. Kesiyan tuh tiga orang jemaah nungguin kok komentarnya nggak dimuat-muat, lha gw nggak ngeh kalau orang-orang itu sudah berkomentar. Ada apa ini? Mungkinkah Blogspot sedang error?

Lalu, ternyata yang gituan nggak cuman Blogspot doang. Wordpress juga suka nggak kirim notifikasi ke e-mail gw bahwa e-mail baru. Itu Kompasiana juga sering nggak bilang-bilang kalau gw dapet komentar baru di tulisan-tulisan gw. Ada apa dengan para host blog ini?

Tadinya gw pikir, itu cuman robot-robotnya Blogspot, Wordpress, dan Kompasiana doang yang error. Itu kan mesin bikinan manusia, ya bisa error juga, termasuk “lupa” ngirimin pemberitahuan komentar baru ke gw. Sampai kemudian gw dapet jawabannya hari ini.

Ceritanya gw ini lagi janjian sama panitia sebuah konferensi dokter buat daftar ikutan konferensi itu. Prosedurnya sih standar, gw kirimin biaya pendaftaran via transfer, bukti transfernya gw kirim via e-mail ke panitia, lalu panitia akan ngirimin bukti konfirmasi pendaftarannya ke gw via e-mail. Nah, mestinya tuh bukti konfirmasi udah di-e-mail ke gw minggu lalu, tapi sampai tadi siang gw belum dapet e-mail dari panitia itu juga. Gw telfon panitianya, terus panitianya bilang, “Sudah dikirim kok, Dok.” Padahal gw nggak nerima lho, apakah mereka salah ngetik alamat e-mail gw yak?

Lalu tadi sore gw curhat ke seorang teman gw bahwa gw kuatir perkara tanda bukti pendaftaran itu (kan itu menyangkut biaya yang banyak sekali). Teman gw curiga si panitia emang udah ngirimin e-mail yang dimaksud ke gw, cuman tuh e-mail-nya masuk spam. Sesuatu yang aneh, menurut gw, tapi akhirnya gw cobain periksa kandang spam e-mail Yahoo gw.

Dan ternyata eh ternyata, ya ampun, ternyata si panitia itu memang udah ngirimin e-mail yang gw tunggu-tungguin itu, cuman e-mail-nya masuk spam! Dan nggak cuman e-mail dari si panitia itu doang yang masuk spam, tapi juga e-mail notifikasi komentar dari Blogspot, dari Wordpress, dan dari Kompasiana. Bahkan e-mail dari seorang teman di Maumere juga ikutan masuk spam, padahal gw sama sekali nggak pernah nandain dia sebagai spammer lho.

Yang lucu, ternyata nggak selalu e-mail notifikasi komentar dari Blogspot itu masuk spam. E-mail-e-mail yang ditandain oleh Yahoo secara otomatis sebagai spam itu ternyata adalah yang berisi komentar dari teman-teman tertentu aja, antara lain dari seorang teman di Surabaya, seseorang di Palembang, seseorang di Kebumen, dan seseorang di Jakarta. Lain-lainnya sih, nggak ditandain spam oleh Yahoo. Gilingan, bujubunee..Yahoo tegaan banget sih nandain teman-teman gw sebagai spammer. Pantesan kalau teman-teman itu ngirim komentar ke blog gw nggak pernah ada notifikasinya di e-mail gw, tapi cuman langsung nongol doang komentarnya di blog gw.


Jadi, Sodara-sodara, adakah Anda merasa tidak mendapat e-mail dari teman-teman tertentu akhir-akhir ini? Barangkali mereka nggak pernah berhenti ngontak Anda, tapi Yahoo yang nandain nama mereka sebagai spammer tanpa sepengetahuan Anda. Mari kita cek kandang spam e-mail masing-masing, dan lihatlah berapa banyak e-mail yang mestinya Anda baca ternyata tidak pernah Anda lihat di inbox sama sekali..