Monday, January 18, 2010

Korban Matematik

“Nih, akibatnya kalau pelajaran sekolah terlalu di-drill di pelajaran matematik, tapi lupa diajarin budi pekerti. Makanya jadinya kayak gini,” keluh seorang teman suatu hari.

“Lho, kenapa tho ya, Mas?” tanya gw sembari ngemplok salak.

“Ya, soalnya gara-gara kita semua dulu dituntut supaya bisa jago matematik, tapi pelajaran PMP-nya nggak diperhatikan, makanya sekarang kita jadi makhluk-makhluk egois yang nggak mau berbagi terhadap sesama.”

Gw mengerutkan kening. Nggak setuju. Omong kosong itu. Perasaan waktu dulu gw jadi anak sekolah dulu, gw sering berbagi deh. Kalau pipis kan suka bareng-barengan di bilik toilet, soalnya teman gw dulu takut di toilet ada wewenya. Sering kita dulu jajan cilok di kantin, satu cilok digigit bareng-bareng. Belum lagi kalau ulangan suka bikin “aliansi bangku belakang”. Kita bahkan punya jaringan yang sangat terorganisir, kalau mau ulangan, teman A kebagian tugas ngapalin halaman 51, teman B kebagian halaman 52, teman C kebagian halaman 53, dan seterusnya. Nanti kalau soal yang keluar itu dari halaman 53, si C wajib nulisin jawabannya di contekan kecil, terus contekannya dioper ke teman-teman lain. Apanya yang nggak berbagi?

*pentung*

Tapi gw diam aja sama teman gw yang ngeluh itu. Biarin aja dia berkeluh kesah, sementara keluhannya masuk ke telinga kiri gw dan keluar di telinga kanan.

“Kita sekarang jadi pelit sama sesama. Mau beramal aja perhitungan. Kalau dimintai tolong, pasti mikir-mikir dulu, nih orang ada gunanya apa nggak buat saya? Kalau dapet rejeki dari klien, diemplok sendiri, nggak dibagi-bagi ke sejawatnya..” lanjut temen gw itu.

Gw mutusin buat angkat bicara. “Nggak, Mas, tuntutan jago matematiknya nggak salah. Tapi isi pelajaran matematiknya yang salah kaprah.”

Teman gw itu terheran-heran. “Lho, kok bisa salah? Matematik itu ilmu pasti, nggak mungkin salah.”

“Isi pelajarannya, maksud saya, bukan isi matematiknya,” sahut gw sembari ngemplok salak lagi. “Inget nggak dulu, pelajaran matematik paling gampang itu ya pelajaran tambah-tambahan, pelajaran kurang-kurangan. Giliran pelajaran kali-kalian, mulai deh pusing. Apalagi waktu sudah mulai pelajaran bagi-bagian, wuaah..muridnya langsung minggir semua!”

Teman gw itu ngakak keras. “Bwahahaha..iya, Vic, dulu waktu SD kalau belajar pecahan, rasanya kok ya mumet!”

“Nah, salah itu. Mestinya pelajaran matematik itu, kalau pertama kali diajari ya bagi-bagian dulu, baru kali-kalian. Nanti tambah-tambahannya belakangan,” kata gw. “Kalau yang diajari pertama kali bagi-bagian, hikmahnya kan langsung dirasakan. Si Bejo dapet cheese cake sebesar 25 cm, dibagi ke empat teman. Berapa besar cheese cake yang dimakan setiap orang? Terus belajar kali-kalian. Si Bejo nggak kenyang makan cheese cake 5 cm, maunya yang 10 cm, gimana caranya supaya dapet makannya lebih banyak tapi temennya nggak ngiri? Ya berarti solusinya kuenya harus dikali, toh? Coba sekarang, anak malah diajari tambah-tambahan duluan. Si Bejo dikasih cheese cake 5 cm, nggak kenyang ternyata malah minta tambah dan minta tambah melulu. Padahal temen yang lain juga kepingin makan cheese cake yang cuman 25 cm itu. Solusinya Bejo, cheese cake yang dikasih temen dikurangin, supaya bisa dimakan sama Bejo sendiri. Tuh, akibatnya kalau diajari kurang-kurangan..”

Teman gw menatap gw dengan aneh. “Vic, mana ada soal cerita matematik jaman dulu yang pakai cheese cake? Yang ada paling-paling juga pakai telur, sate, buah asem..”

“Ya, itu juga salah. Mestinya anak-anak diajarin mental gimana caranya supaya nanti kalau gede bisa jajan cheese cake. Bukan sekarang bisanya cuman jajan buah asem melulu..” tukas gw.

Teman gw manyun. “Vic, kalau anak diajarin makan cheese cake, nanti kan jadi orangtuanya bangkrut..”

“Satu lagi, Mas!” gw belum puas. “Kenapa sekarang bangsa kita banyak yang korup tapi gagal ditangkep? Itu bukan karena polisi yang tugas nangkepnya nggak lulus pelajaran budi pekerti, tapi itu tergantung apakah koruptornya mempraktekkan matematik dengan baik dan benar.”

“Lho kok??”

“Iya, soalnya kalau koruptornya pinter pelajaran bagi-bagian, kalau dia dapet duit korup, dia akan bagi-bagi ke temennya yang lain sehingga setiap orang kecipratan dan nggak ngomong-ngomong sama pulisi. Tapi kalau koruptornya bodo matematik, dia dapet duit korup ya semuanya diembat sendiri dan nggak dibagi-bagi. Temennya yang sirik nggak kecipratan langsung bilang sama pulisi, maka ditangkep deh yang korup itu..”

“Halah! Dirimu juga termasuk korban pelajaran matematik yang salah kaprah ya Vic? Lha kamu dari tadi makan salak nggak bagi-bagi..”

Gw bengong lihat salaknya yang tadi di atas meja, ternyata sudah raib, tinggal kulit-kulitnya doang berceceran. “Hwahahaha! Maap..!”