Wednesday, September 9, 2009

Bakal Penyakit dari Makanan Belanjaan


Sekarang gw dan nyokap lagi demen-demennya nyari botol minum yang keren-keren. Keluarga kami hobinya jalan-jalan, dan kadang-kadang di tengahnya lagi ke mana gitu suka kehausan. Nyokap gw sih selalu nyediain air minum kemasan botol plastik yang diisi ulang biar ngirit. Kalo gw sih ogah, coz biasanya gw lebih seneng minum soda atau nyeruput es krim (dasar pelaku pola hidup nggak sehat!).

Nah, kira-kira beberapa minggu lalu tuh diberitain di tivi. Bahwa botol plastik tuh, dasar namanya juga plastik, mengandung polimer-polimer gitu lah yang gw nggak ngerti, yang kalo dikonsumsi bisa bikin kanker. Well, tentu aja kita nggak makan plastik kan. Tapi yang jadi masalah adalah plastik dalam botol kemasan air mineral itu, polimer-polimer nyebelin itu ikutan larut dalam air mineral yang kita minum. Sebenarnya nggak masalah kalo kita cuma minum dari botol kemasan itu sekali. Tapi yang problem tuh, kalo diminumnya dari botol kemasan yang udah diisi ulang berkali-kali. Dan kita, para ibu dan nona rumah tangga, sering melakukannya kan, biar ngirit? ;-)

Memang solusinya gampang. Beli aja air minum kemasan botol, setelah diminum sampai abis, buang ke sampah. Nanti kehausan lagi, beli air botol yang baru. Masalah selesai?

Ternyata enggak. Sampah-sampah plastik susah banget dimusnahin, coz mau sampai ratusan tahun juga tuh plastik nggak akan bisa diuraiin jadi zat yang bermanfaat. Kebayang kan kalo enam milyar penduduk bumi ini (eh..berapa sih jumlah penduduk di bumi ini sekarang?) demen beli air minum kemasan plastik sekali pake langsung buang seumur idupnya, berapa milyar ton sampah plastik yang kudu ditanggung bumi sampai ke generasi cucu kita nanti?

Makanya sekarang nyokap gw lagi berburu tempat minum, untuk ngegantiin botol air minum kemasan plastik. Kita sih pengennya botol minum yang harganya murah tapi muat banyak, coz bokap gw kan kalo minum porsinya kayak onta gituh, hehehe..
*Ampunilah diriku, Ayah! Uang sakuku jangan disunat!*

Cuman gw pengennya sih botol minumnya jangan gede-gede, biar nggak makan tempat di mobil. Soalnya tuh botol minum pasti dititipin di bangku belakang, sedangkan bangku itu kan singgasana gw.. *huh!*
Ada nggak sih botol minum yang muat dua literan gitu tapi nggak makan tempat banyak-banyak di jok mobil?
*Dasar Jeng Vicky minta dijitak..*

Yang berikutnya adalah perkara asisten pribadi nyokap gw. Jadi suatu hari beberapa minggu lalu, nyokap gw pulang ke rumah bawa belanjaan, termasuk beberapa minuman gitu deh. Lalu sang bedinde ngangkat bokong botol minuman itu, mengamatinya, dan tau-tau nyeletuk, "Bu, kok nggak ada (tanda) BPOM-nya yah?"

Nyokap gw sangat kaget dan takjub, coz biasanya kita nggak pernah concern soal gituan. Jadi bedinde gw tau hal BPOM gituan dari mana? Lalu pas nyokap gw cerita itu ke gw, gw pun terhenyak dan berkata, "Ta' kira dia nonton tivi tiap malem tuh cuman buat nonton sinetron doang.."

Gw jadi tersenyum-senyum geli pas nonton berita beberapa hari yang lalu, tentang seorang pemilik toko kelontong di Padang yang ngamuk-ngamuk gara-gara kedapatan oleh petugas BPOM, jualan produk makanan dari Singapura yang nggak ada nomer BPOM-nya. Sang petugas BPOM langsung minta produk dagangan itu jangan dijual lagi coz ilegal. Si pedagang ngamuk-ngamuk dalam logat Minang, bahwa dia tuh beli produk itu kan dari distributor yang terpercaya (halah, Bu..itu sih bukan jadi ukuran, dong).

Maap ya, Bu Juragan Toko Kelontong, tapi menurut saya, bedinde saya yang cuma lulusan SD masih lebih pinter ketimbang situ..

Well, secara biologis yang namanya penyakit tuh emang datengnya dari Tuhan, tapi kita bisa kok mencegah penyakit datang ke kita. Hanya dengan hal-hal kecil di atas, misalnya nggak pake botol air minum kemasan plastik berulang-ulang, cuma makan makanan atau minuman yang udah dilegalisir pemerintah (BPOM), atau setidaknya selalu meriksa tanggal kadaluwarsa di tiap produk yang kita beli, itu adalah usaha kita untuk mencegah makanan meracuni kita. Gimana dengan Anda? Apa ide Anda buat mencegah produk makanan menjadi penyakit buat kita?