Saturday, September 26, 2009

Sakit Minta Ampun

Kalo dipikir-pikir, dengan egoisnya gw mau nyalahin nyokap atas kecelakaan ini.

Tapi gw pikir kemudian, mengingat kembali semua kejadian yang terjadi akan bisa bikin gw berpikir lebih baik dan pada akhirnya memaafkan dengan lebih enak, tidak masalah siapa yang dimaafkan.

Malam ini, tiga jam yang lalu, gw lagi leyeh-leyeh di kamar gw sambil bales-bales e-mail pake HP. Lalu nyokap gw teriak dari lantai bawah, minta gw turun buat nemenin nyokap nonton tivi. Gw teriak bilang nggak mau, coz gw pengen tiduran sambil pake selimut coz Bandung dingin malam ini. Tapi nyokap gw maksa gw turun, katanya gw boleh tiduran di kursi, gw boleh pake selimut yang ada di lantai bawah, tapi pokoke gw kudu turun. Kalo gw nggak mau nemenin nyokap nonton tivi, nyokap ngancem bakalan ngadu ke bokap gw yang malam ini lagi kerja di luar. Gw akhirnya ngalah dan mutusin buat turun sambil bawa HP gw, coz gw takut bokap gw akan marah lantaran gw nggak nemenin nyokap, sehingga akibatnya bokap gw nggak akan beliin gw martabak keju kesukaan gw.

Dan di situlah musibah itu terjadi. Gw nurunin tangga sambil nyanyi-nyanyi riang, dan pas gw mijak anak tangga terakhir, gw nginjak ujung trap yang salah. Tiba-tiba gw lihat dunia jadi oleng, dan berikutnya gw sudah terjerembab ke lantai.

Kaki kiri gw nampaknya mendarat dengan sikap yang salah, mengakibatkan rasa nyeri yang ngilu bukan main menjalar dari telapak sampai ke paha. Gw denger mulut gw sendiri menjerit-jerit nyeri seperti jeritan Diego Simeone waktu (pura-pura) kesandung kaki David Beckham pada pertandingan Argentina vs Inggris di putaran perdelapan final Piala Dunia '98.

Nyokap gw dan adek gw tergopoh-gopoh menghampiri kaki gw, tapi gw larang keras nyokap gw nyentuh kaki gw. Sakit..sumpah..sakit!

Gw tau apa yang gw takutkan, gw takut sendi tungkai gw bergeser dari tempatnya dan itu akan menyebabkan kelumpuhan yang cukup lama rehabilitasinya. Jadi gw dengan ngeri menatap kaki gw sambil berdoa, Tolong jangan bengkak please, tolong jangan bengkak! Adek gw nyuruh gw berhenti menjerit-jerit coz itu mengingatkannya kepada pasien-pasiennya di rumah sakit, jadi mahasiswa magang yang satu ini nyuruh Bu Dokter yang kesakitan ini menggerakkan kaki gw pelan-pelan. Sakit..! Tapi adek gw terus maksa sampai akhirnya kami bisa mastiin kaki gw cuman kena contusio jaringan belaka, meskipun gw terus-menerus mengaduh. Huhuhu..sakit banget!

Saat gw menulis blog ini, gw masih nyeri lantaran keseleo nista ini. Gw masih nggak mau minum obat apapun coz gw nggak mau bergantung sama pereda nyeri jenis apapun. Tapi saat gw mengistirahatkan kaki gw dengan posisi serba salah (dilurusin sakit, ditekuk sakit juga, mana yang bener sih?), gw memandang tempat kejadian perkara. Trap tempat gw celaka barusan adalah trap yang sama tempat nyokap gw juga pernah keseleo lima tahun yang lalu. Posisi jatuhnya juga sama.

Apakah orang tua gw telah membangun trap di bawah anak tangga dengan bentuk yang salah? Trap itu memang bentuknya segitiga dengan salah satu sudut nempel ke anak tangga. Nampaknya kaki gw dan kaki nyokap menuruni tangga dengan terlalu mepet ke sisi, sehingga saat menginjak trap, kaki kami malah nginjak sudutnya yang lancip, yang sebenarnya tidak terlalu lapang untuk ukuran kaki. Pantesan kami kepeleset.

Gw sebenarnya udah nyiapin tulisan lain buat blog malam ini, tapi insiden ini bikin gw nunda tulisan itu dan mutusin buat nulis yang ini secepat kilat. Gw cuman mau kasih ide bahwa lain kali kita bikin rumah yang lantainya ada trapnya, kudu diperhitungin betul-betul buat keselamatan lalulintasnya. Apalagi kalo keluarga penghuninya adalah tipe orang-orang pecicilan kayak gw dan nyokap gw, yang kalo jalan sambil mikirin yang lain jadi nggak liat-liat medan yang gampang bikin celaka.

Gw nggak ngerti kenapa gw celaka malam ini. Gw sudah mendiami rumah ini lama, dan baru kali ini gw kepeleset di tangga rumah gw sendiri. Mungkin gw punya salah dan nyenggol perasaan orang hari ini. Kalo hari ini ada yang menggerutu gara-gara ulah gw, gw sungguh-sungguh minta maaf. I don't intend to hurt you. You don't need to wish my ankle get hurted to make me realize how much I've broken your heart apart.

Maaf, blog malam ini nggak ada fotonya. Nampaknya insiden kecelakaan ini bikin gw baru saja kehilangan kamera gw.