Saturday, September 12, 2009

Bungkus Religius, Isi Dugem


Entah karena ini Ramadhan atau sekedar latah doang, tulisan gw akhir-akhir ini nggak jauh-jauh dari tema bulan puasa, Lebaran, dan sejenisnya.

*Ya iyalah, Vic, emang mau nulis yang lain? Kalo nulis tentang Natal, Natal kan masih lama. Imlek masih tahun depan. Hannukah? Kita nggak ngerti apa-apa, lha kita kan bukan Yahudi??*

Oke, jadi kemaren tuh adek gw, seorang mahasiswi kedokteran magang tahun terakhir, ngajuin proposal. Katanya gini, kan bulan ini dia dapet tiga undangan untuk buka bareng. Satu dari teman-teman gengnya di tempat kuliah, satu dari temen-temen SD-nya, satu lagi dari temen-temen kelas 3 SMA-nya. Adek gw nanya ke bokap gw, sebaiknya adek gw mesti dateng ke undangan buka puasa yang mana?

Heh? Bokap gw ngernyit. Pikir bokap gw, kan lu yang diundang? Kata bokap gw, lha bokap gw kan nggak kenal sama temen-temennya adek gw itu, peduli amat bokap gw perkara si adek mau dateng ke buka puasa yang mana?

Kata adek gw, oleh sebab adek gw masih mahasiswa yang belum punya penghasilan, sedangkan tuntutan social menuntutnya untuk tetap eksis, hehehe..jadi dia harus datang ke acara buka puasa itu. Nah, sekiranya subsidi dari bokap gw cuman cukup buat menghadiri dua acara doang, sedangkan undangannya kan ada tiga, ya udah datengnya ke dua acara aja. Sekarang, karena adek gw nodong bokap gw buat bayarin biaya sosialita adek gw itu, bokap gw dipersilakan milih acara yang mana yang sebaiknya didatengin adek gw, gitu lho. Hahaha..

*Kayak manajer artis aja deh, nentuin artisnya kudu dateng ke perhelatan yang mana supaya tetap jadi sorotan media..*

Nah, nyokap gw, yang sudah lama ngidam kepingin punya anak laki-laki, bilang sama adek gw, datenglah ke acara yang banyak cowok cakepnya.
Gw lebih licik lagi, karena orientasi gw adalah investasi ngeblog, gw nyuruh adek gw dateng ke acara buka yang ada temennya yang suka ngeblog.. (Jadi supaya dia promosiin blog gw ke temennya yang blogger itu, hihihi..)

Gw bilang ama dia, lha buka bareng itu kan intinya sebenarnya cuman makan malam bareng-bareng. Kalo cuman makan malam kan nggak usah nunggu bulan Ramadhan, kan bisa juga di bulan Rabiul Awwal, bulan Dzulhijjah, bulan Muharram, hehehe.. Terus kata adek gw, soalnya temen-temennya ini (dan dia) cuman bisa kumpul bareng pas bulan Ramadhan doang. Itu jawaban yang nggak masuk akal, mana ada orang bisa kumpul-kumpul buat makan malam bareng cuman pas bulan puasa?

Gw jadi inget masa-masa gw masih seumuran adek gw dulu, pas gw juga sering bikin acara buka puasa bareng. Malah biasanya gw yang jadi event organizer-nya, hehehe.. Hm..nggak selalu sih, biasanya gw liat-liat dulu. Kalo temen-temen yang diundang orangnya asik-asik, biasanya gw langsung bertindak jadi event organizer, termasuk ngusulin tempat, ngatur jadwal kumpul, dan nyebarin undangan alias ultimatum via SMS dan e-mail. Tapi kalo gw udah ngeliat-liat bahwa undangannya orangnya rese-rese, biasanya gw milih jadi swing guest (dateng nggak ya? Gimana nanti aja deh..) Prinsip gw, datenglah ke acara yang bisa bikin kamu ketawa!

Baru belakangan ini gw nyadar, bahwa di tiap buka puasa bareng tuh, acaranya selalu sama aja, kumpul jam sekian di suatu tempat, lalu kita akan konvoi ke suatu restoran. Di sana kita pesen makanan sendiri-sendiri, lalu kita makan dengan rakus sambil cekakakan. Memang namanya sih buka puasa, tapi setiap kali pulang selalu jalannya sambil miring-miring karena limbung kekenyangan bak orang mabuk. Kalo kayak gitu, masih inget teraweh nggak, ya? Hehehe..

Ada nggak sih yang nyadar bahwa buka puasa bareng umumnya hampir selalu identik buat jadi kesempatan reuni? Entah itu kangen-kangenan sama temen-temen jaman kuliah, temen-temen SMA, SMP, SD, bahkan mungkin temen-temen TK? Dan buat temen-temen SMA-nya aja nggak cukup temen SMA doang, tapi ada buka puasa khusus temen SMA kelas 3, buka puasa khusus temen kelas 1, khusus temen kelas 2.. Makanya acara buka bareng selalu jadi acara yang dinanti-nanti tiap kali bulan puasa, coz jadi acara reuni, lengkap diakhiri dengan acara foto-foto bareng dan update nomer HP dan alamat e-mail. Malah yang nungguin acara buka puasa ini nggak cuman temen-temen yang muslim, tapi juga temen-temen yang bukan muslim. Karena meskipun nama acaranya buka puasa bareng, tapi pada implementasinya sudah ganti jadi acara kumpul-kumpul alumni.

Yang lucu, gw pernah ditanyain sama temen gw yang Katolik, “Vic, ini kan bulan puasa ya? Kapan kita buka bareng nih..?” Padahal waktu itu baru minggu pertama bulan puasa, hihihi..

Lama-lama meng-organize acara buka puasa bareng nggak ada bedanya sama bikin acara dugem alias DUnia GEMbrot alias makan bareng-bareng. Paling-paling kerjaan ekstranya adalah milih-milih venue yang kira-kira ada musolanya supaya bisa solat. Mosok karena eforia ketemu teman lama pas buka bareng, saking hedonnya jadi lupa sembahyang Magrib?

Catatan: Foto di atas diambil tahun 2006, pas gw lagi buka puasa bareng-bareng sama kolega-kolega gw waktu masih jadi mahasiswa kedokteran magang dulu, di sebuah restoran Jepang di Ci-Walk, Bandung.