Wednesday, September 2, 2009

Tirai Pensiun Saja


Dulu-dulu, salah satu bisnis yang paling banyak omzetnya pada waktu bulan puasa adalah tirai. Dan pesanan yang paling melonjak berasal dari kalanan pebisnis rumah makan. Soalnya kan ada imbauan supaya para pebisnis rumah makan menghormati orang-orang yang sedang beribadah puasa, dan imbauan itu diartikan dengan, kalo mau tetep buka rumah makan di siang bolong, pakelah tirai supaya orang-orang yang lagi puasa nggak ngiler liat orang yang lagi makan di rumah makan.

Tapi pas gw jalan-jalan di sebuah plaza di Bandung minggu lalu, gw lewat food court dan ternyata food court itu nggak pasang tirai buat nutupin pengunjung mal yang lagi makan. Gw lewat sebuah restoran Cina, restoran Thai, dan bahkan restoran steak, ternyata mereka juga nggak nutupin jendela mereka dengan tirai. Ada kafe-kafe yang nggak nyewa ruangan tenant sendiri, tapi cukup beroperasi di lahan pinggiran void plaza aja, mereka juga tetap buka, tapi nggak pasang partisi buat nutupin pengunjungnya. Kafe-kafe itu masih banyak pengunjungnya, mereka nongkrong di situ sambil ngopi-ngopi dan Facebook-an.

Memang ada yang beda. Biasanya kalo gw lewat restoran apa aja, pelayan-pelayan yang tugas di pinggiran pintu akan berlomba berteriak-teriak merayu gw, “Silakan, Mbak! Selamat datang!” sambil nyodorin gw brosur-brosur menu jualan mereka seolah-olah nggak peduli bawaan gw udah mirip si pirang di Confessions of Shoppaholic (apa sih yang mereka pikirin? Apa dikiranya gw bisa baca brosur mereka sambil jalan, padahal tangan gw udah penuh nenteng barang belanjaan?). Tapi karena kali ini siang bolong, gw lewat restoran, dan pelayan-pelayan di pinggiran pintu itu diam bergeming (bukan diam tak bergeming ya..) Gw jadi bingung, sebenarnya apa fungsinya restoran menempatkan pelayan di pintu mereka, kalo mereka tidak ditugasin buat teriak-teriak merayu orang yang lewat. Kan itu ngehalangin jalan? Kenapa tidak seperti McDonald yang alih-alih memasang pelayan di pinggiran pintu, mereka malah bertindak lebih efektif dengan menugaskan Ronald. Si Ronald tuh tinggal duduk doang di pinggir pintu, nggak usah teriak-teriak, orang udah kepincut kok masuk ke tempat itu.. :-P

Oke, pas minggu lalu juga, seorang teman gw, pekerja kantoran, ngomel-ngomel di status Facebook-nya. “Jangan frontal, napa sih?! Nggak menghormati orang yang lagi puasa aja!”
Gw senyum-senyum. Gw bisa nebak kemungkinan paling menyebalkan, seorang teman di kubikel seberangnya mungkin lagi makan kentang goreng di meja kerjanya, padahal teman gw lagi puasa dan dia jadi kebelet kepingin makan kentang goreng juga.
Memang inilah akibatnya kalo nggak semua kantor punya lounge kecil buat para stafnya untuk sekedar nongkrong-nongkrong. Akibatnya staf-staf yang kepingin ngemil di jam kerja, terpaksa membawa cemilannya ke kubikelnya dan ngemil di situ. Perkara dia ngemil diliat orang lain, habis perkara. Termasuk diliat orang lain yang lagi puasa?

Masih berkait sama blog gw kemaren, kalo ada orang yang memang lagi nggak puasa di bulan puasa, karena alasan mens atau memang dia ini bukan muslim, haruskah dia makan sembunyi-sembunyi di siang bolong? Beberapa jemaah blog gw kemaren bilang bahwa selayaknya orang yang lagi puasa itu dihormati. Gw sebenarnya lebih tertarik dengan kata “dihormati” ini, memang tidak menghormati itu yang kayak gimana?

Apakah kalo pengelola rumah makan tidak masang tirai di food court mereka, lantas itu namanya tidak menghormati orang yang lagi puasa? Pertanyaan gw selanjutnya, apakah ornag yang lagi puasa itu segitu ringkihnya imannya sampai-sampai kalo lewat orang yang lagi makan aja sampai ngiler kepingin makan?
Apakah kalo orang di kubikel seberang lagi makan, itu berarti tidak menghormati pegawai tetangganya yang lagi puasa? Sekarang kalo ada pegawai yang satu lagi puasa, lantas pegawai yang satunya lagi yang nggak puasa harus dipaksa buat ikutan puasa? Kan udah gw bilang, situasinya sulit: Kantornya nggak punya ruangan kecil buat makan, dia kelaparan, apa pilihan terbaik yang bisa diambil? Apa dia harus makan di toilet?

Dan bagian yang paling lucu, sepertinya masalah “tirai-tiraian” ini cuman muncul pada bulan Ramadhan. Bagaimana kalo orang-orang Katolik lagi puasa mutih menjelang Paskah? Gimana dengan orang-orang Hindu yang tinggal di luar Bali yang juga puasa? Gimana dengan orang-orang yang disuruh puasa waktu mau cek gula darah di laboratorium? Kok restoran-restoran nggak pernah diimbau suruh pasang tirai juga kalo mau Paskah?

Inti dari puasa sebenarnya nahan nafsu. Kalo memang sama Tuhan sudah disuruh nggak makan, ya nurutlah. Mau orang-orang di kiri-kanan semuanya mengganyang kambing guling, tetap aja dia nggak akan ngiler kepingin nyicip karena memang sudah niat nurut Tuhan buat puasa. Lha kalo semua orang disuruh “ikutan” puasa gara-gara mbelain yang lagi puasa ini, bisa-bisa ada larangan toko kue nggak boleh beroperasi di siang hari. Itu kan namanya mematikan perekonomian?

*Dan gw jelas adalah orang pertama yang akan menentang habis-habisan penutupan toko kue ini. Kalo semua toko kue ditutup, lantas gw mau beli brownies di mana?!*

Bayangin kalo semua restoran disuruh pasang tirai demi mbelain yang puasa. Gimana dengan muslim di negara-negara lain yang muslimnya cuman minoritas? Jangan-jangan puasa mereka jadi kacau-balau gara-gara restoran di sekeliling mereka tetap buka jor-joran. Atau jangan-jangan mereka terpaksa diam mengungkung diri di rumah supaya nggak tergoda liat rumah makan, tidak ke kantor, tidak ke sekolah. Semuanya hanya karena takut tidak bisa nahan nafsu buat kepingin makan.

Padahal, daripada buang-buang duit buat beli tirai untuk nutupin jendela restoran, mendingan duitnya dipake buat THR para karyawan restoran. Soalnya mereka kan udah capek-capek sepanjang tahun menghabiskan waktu buat berdiri sampai pegel di pinggiran pintu untuk berteriak-teriak, “Silakaan! Selamat dataaang!”

Sebab hidup harus tetap berjalan. Dalam keadaan puasa, ataupun tidak puasa.