Thursday, September 17, 2009

Perkara Kertas Ribet


Buat gw yang generasi digital tulen, mengirim kartu Lebaran adalah proyek besar-besaran.

Selama ini gw lebih banyak ngirim ucapan selamat Lebaran via e-mail, dan jauh lebih sedikit lagi via SMS. Karena asumsi gw, setiap orang yang gw kirimin ini sudah lazimnya punya account e-mail sendiri, dan jelas jauh lebih murah ketimbang ngirim SMS. Tapi kali ini gw mutusin buat ngirim selamat Lebaran kepada sepasang suami-istri yang tinggal di sebelah gw waktu gw di Cali dulu, dan pasangan tua ini jelas tidak punya e-mail, sedangkan gw nggak mau ngirimin via SMS coz gw punya niat kepingin ngirimin mereka foto. Foto beneran, yang bisa dipigura, bukan cuman jadi wallpaper doang.

Pasangan ini dulu suka berantem di rumahnya, dan gw sering mencuri dengar pertengkaran mereka yang rata-rata diselenggarakan dalam bahasa Dayak itu (jangan nuduh-nuduh gw nyuri-nyuri dengar pembicaraan orang, salah sendiri kenapa dinding rumah dibikin dari kayu!). Suatu hari gw ngedatengin rumah mereka, dan menyadari dengan jelas, ternyata pasangan itu nggak punya foto mereka yang terpasang di ruang tengah keluarga. Ada sih foto suaminya sendirian, ada foto bininya sendirian, ada foto mereka berdua berpose bareng anak mereka yang menikah di pelaminan, tapi nggak ada foto pasangan itu sebagai suami-istri berdua saja. Gw membatin, pantesan pasangan ini berantem. Coba kalo pas lagi berantem mereka liat foto pasangan itu di ruang keluarga, niscaya berantemnya reda. Percaya deh, terapi foto ini sangat efektif ketimbang langganan konsultan pernikahan.

Jadi pas hari gw mau meninggalkan Pulang Pisau, gw membuat kejutan dengan memotret mereka berdua di depan rumah pake kamera gw. Pura-puranya buat kenang-kenangan untuk gw, padahal gw sendiri berencana mau mencetak foto itu dan ngirimin hasil cetakannya ke mereka, pas Lebaran ini.

Dan di sinilah proyek besar itu dimulai. Ternyata gw sendiri sudah lupa caranya nyetak foto. Selama ini kan gw ngejepret-jepret foto cuman buat ditaruh di wallpaper, ditaruh di Facebook, atau paling sering ya ditaruh di blog. Gw nggak punya bayangan sama sekali tentang nyetak foto itu ukuran berapa R, berapa ongkosnya, berapa lama nyetaknya. Lalu yang nggak kalah penting, gw sudah lupa caranya ngirim kartu Lebaran. Gw lupa di mana jualnya kartu Lebaran yang bagus, gw nggak tau berapa ongkos perangko.

Maka kemaren, gw turun ke toserba terdekat dari rumah gw buat belanja bulanan, sekalian beli kartu Lebaran. Ya ampun, dasar yang namanya kartu Lebaran tuh susah banget nyarinya yak? Setelah nanya-nanya sama pramuniaga, gw terhenti di satu-satunya rak kartu Lebaran yang ada di situ. Duh, ini toko nggak niat banget jualan kartu, mosok kartu Lebaran yang dijual cuman seiprit, nggak ada tuh jumlahnya sampai dua lusin. Gw jadi susah banget milih, lha wong pikir gw kok kartunya nggak ada yang bagus. Akhirnya gw terpaksa milih kartu yang rada paling mendingan. Setelah gw lihat harganya, gw makin manyun. Beuh..dengan harga segini sih gw bisa ngirim SMS Lebaran sampai ke 75 orang.

Selesai acara beli kartu Lebaran, gw turun ke studio foto. Celingak-celinguk, gw nanya-nanya ukuran foto yang pas supaya bisa dimasukin ke amplopnya. Ternyata si amplop kartu Lebaran tuh cuman muat ukuran foto paling gede 4R. Ya udah, gw suruh si pramuniaganya nyetak. Kata si pramuniaganya, fotonya bakalan jadi jam 2 siang. Waktu itu, baru jam 10 pagi. Heh? Gw bengong. Kok lama bener sih empat jam?

Kata Jeng Pramuniaga, bisa kalo mau langsung jadi sekarang juga, tapi cetakannya yang ukuran 3R atau 5R. Gw makin terheran-heran aja. Kok bisa 3R atau 5R langsung jadi saat itu juga, tapi kalo 4R kudu nunggu empat jam lagi? Gw bilang ke si Diajeng, “Saya nggak nyetak banyak-banyak kok, Mbak, cuman nyetak empat biji..”
Tapi si Diajeng yang manis tetep bilang bahwa kalo nyetak 4R itu kudu nunggu sampai empat jam lagi, kecuali kalo mau nyetak 3R atau 5R..!

Ya udah, akhirnya gw terpaksa nunggu empat jam buat nyetak 4R. Sekarang hasil fotonya udah jadi. PR berikutnya adalah beli perangko. Gw ke kantor pos, ngeposin kartu Lebaran itu berikut fotonya, dan dengan tolol nanya sama yang jaga kantor pos, berapa biaya prangko buat ngirim surat dari Bandung ke Kalimantan Tengah. Katanya petugas itu, kalo kirim biasa prangkonya Rp 2.500,-, tapi kalo kirim kilat khusus biayanya Rp 6.000,-. Karena gw dateng ke kantor posnya baru kemaren (tanggal 16 September), kalo suratnya dikirim sekarang, maka sampai di tujuan setelah Lebaran. *membuat gw bertanya-tanya kenapa namanya kilat khusus padahal sampainya sama-sama lelet*

Hehehe..jadilah gw ngirim kartu Lebaran dan foto via pos ke Pulang Pisau. Ya ampun, ternyata ribet banget yak? Kayaknya kalo nggak special occasion kayak gini, nggak bakalan deh gw ngirim-ngirim kartu Lebaran. Mudah-mudahan para pengrajin kartu ucapan, para pengusaha studio foto, dan orang-orang kantor pos, nggak patah hati melihat orang lebih seneng bilang selamat Lebaran via internet dan SMS. Kalo bisa ada yang lebih praktis, kenapa mesti dibikin ribet?