Monday, September 7, 2009

Sedekah Pintar

Hm.. gw nggak ngerti-ngerti banget tentang etika fotografi dalam blog, tapi gw pernah dikasih tau bahwa kalo kita menampilkan gambar seseorang dalam blog kita, maka kita kudu minta ijin dulu. Lha gw pengen nampilin gambar pengemis ini, tapi gimana caranya gw mau minta ijin sama dia?

*“Bu, boleh nggak, Bu, saya motret Ibu buat ditaruh di blog sayah?” tanya Little Laurent.
Jawab pengemisnya, “Blok teh naon, Neng?”*

Waduh, bahkan pembicaraan kecil ini bisa bikin mobil gw didentum-dentum klakson dari belakang coz bikin macet.

Foto ini gw ambil di perempatan tol Totokan Pasteur di Bandung kemaren pagi. Gw lagi nemenin bokap ke bengkel, lalu pas lagi berhenti di lampu merah, segerombolan pengemis tiba-tiba datang entah dari mana menyerbu kaca jendela mobil-mobil buat minta duit. Dan gw, tanpa tedeng aling-aling, malah mencabut HP dari tas dan memotret si emak-emak ini.

Nih foto gw edit di rumah, truz gw tutupin matanya. Setelah gw pikir-pikir, kok tampangnya malah jadi mirip foto korban perkosaan di Koran Pos Kota, hehehe.. Yaah..siapa tau pengemisnya liat gambar ini, gw nggak mau tanggung kalo tau-tau pengemisnya ngegugat gw macem-macem ke pengadilan gara-gara gw masang foto dia tanpa ijin di internet! Kata siapa pengemis itu pasti gaptek? Sering liat kan pengemis bawa HP? Gw curiga jangan-jangan pengemis tuh HP-nya yang tipe-tipe smartphone gituh, malah lebih parah lagi mungkin dia kayak gw yang suka ngeblog dari HP-nya. Pengemis ngeblog, kenapa tidak? :-p

Akhir-akhir ini santer diberitain fatwa bahwa mengemis itu haram. Ada daerah yang kepolisiannya merespons fatwa ini dengan menangkap orang-orang yang berani mengemis di jalan. Yang repot adalah bahwa yang ditangkap nggak cuman yang berani ngemis, tapi yang ngasih duit ke pengemis juga ikut-ikutan ditangkap.

Dulu seorang teman pernah ngasih tau gw bahwa sebenarnya pengemis itu tajir berat. Nyokapnya teman gw itu, kebetulan seorang pedagang kain dan suatu hari dia butuh duit receh yang buanyak. Pasalnya yang dia punya waktu itu cuman lembaran-lembaran seratus ribuan dan lima puluh ribuan. Jadi pergilah dia ke pengemis, nanya dengan hati-hati, “Pak, mau tuker duit recehan?”

Si pengemis bilang boleh, lalu nanya si tante butuhnya duit berapa. Si tante nanya ke pengemisnya, pengemisnya punya duit berapa. Alangkah bengongnya si tante karena ternyata si pengemis punya duit recehan yang kalo diitung-itung jumlahnya adalah..dua ratus ribuan.

Jadi, ternyata (sebagian) pengemis itu nggak fakir-fakir amat. Mereka cuman miskin. Bedain fakir dengan miskin: fakir itu nggak punya duit, nggak punya baju, nggak punya makanan, pokoke nggak punya apa-apa. Miskin itu masih punya duit, masih punya baju, tapi nggak bisa ngelola duitnya. Kalo situasinya cuman miskin gini doang, layak nggak mereka mengemis?

Makanya meskipun gw menganggap fatwa mengemis haram itu berlebihan (sama seperti beberapa fatwa lainnya), gw setuju banget orang yang mengemis itu kudu ditangkap. Maksud gw ditangkap tuh bukan dijaring polisi, dimasukin truk, lalu digundulin, dikumpulin bareng orang-orang gila. Tapi ya mbok setelah ditangkap tuh, pengemisnya dikasih pelatihan apa gitu kek. Bisa pelatihan memulung sampah, motong rumput, nyapu kantor polisi, atau sebangsanya (yang penting bukan pelatihan mengemis!). Dan yang nggak boleh lupa, pengemisnya kudu diajarin mengaji, ikutan misa, pokoke ya pendidikan agama, sesuai agama pengemisnya masing-masing (Mungkin repot juga kalo pengemisnya ternyata atheis..) Gw rasa, kalo tiap manusia percaya Tuhan itu ada, dia nggak akan mengemis.

Kasarkah gw kalo gw bilang bahwa bulan puasa adalah bulan para pengemis? Sunnah bahwa bulan Ramadhan adalah bulan penuh berkat, disalahgunakan banyak orang sehingga bikin populasi pengemis melonjak pesat pada bulan puasa. Gw sendiri sering bertanya-tanya, jika semua perbuatan termasuk tidur aja dibilang ibadah, apakah nodong duit dari orang lain juga termasuk ibadah?

Sering ngasih sedekah, kan? Gw kepingin ngasih wacana baru bahwa sebaik-baiknya bantuan yang diberikan kepada orang lain, adalah bantuan yang mendidik, bukan sekedar ngelempar duit ke tangan pengemis. Kalo pengemis dapet duit mentah doang, maka duit itu akan dia habiskan buat beli nasi bungkus atau beli rokok. Bandingkan kalo yang dia dapatkan adalah nasinya langsung atau gubuk kecil-kecilan buat tempat tinggal. Tentu hasilnya lebih berguna dan punya nilai investasi jangka panjang. Itu sebabnya lebih bagus kalo sedekah disalurkan melalui lembaga-lembaga yang sudah ditetapkan, misalnya lembaga zakat, yayasan-yayasan sosial, dan sebagainya.

Gw nggak mungkir bahwa nggak semua lembaga penyalur sedekah itu punya kinerja yang bagus. Memang adalah pekerjaan rumah tambahan lagi buat kita untuk nyari, mana lembaga yang betul-betul mau mengelola sedekah salurannya dengan cerdas, dan mana lagi yang cuman pamer-pamer iklan sedekah doang. Tapi setidaknya kita tau suatu hal, bahwa setiap bantuan apapun yang kita kasih kepada pengemis, pertolongan itu tidaklah boleh menjadi bantuan yang sia-sia.