Saturday, September 5, 2009

Perempuan, Dengarkan!


Perempuan, janganlah pernah kau bilang kepada laki-lakimu bahwa kau cemburu kepada teman-teman cewek mereka, coz kau hanya akan nampak mirip Cruella de Ville.

Perempuan, jangan minta laki-lakimu nyisipin kau di jadwal mereka yang sibuk, meskipun begitu besar keinginanmu buat minum kopi dengan mereka, coz kau hanya akan nampak seperti perempuan kurang kegiatan.

Perempuan, jangan ceritakan seluruh harimu kepada laki-lakimu, coz kuping mereka terlalu penuh dengan serumen buat nampung seluruh cerita kita.

Perempuan, jangan sekali-kali kau cuek kalau laki-lakimu sering menghilang mendadak tanpa bilang-bilang, coz kau tak boleh menanggung resiko jika selama ini ternyata kau kencan dengan agen rahasia, superhero, atau lebih parah lagi, teroris tukang ngebom.

Perempuan, jangan sekali bilang "nggak ada apa-apa, kok" kalo memang ada yang tidak beres di antara kau dan laki-lakimu, coz sampai kapanpun mereka akan mengira bahwa memang tidak ada apa-apa, padahal kau ingin sekali mengganyang mereka jadi sate.

Perempuan, jangan sekali-kali mencopot guling tinju yang tergantung di belakang teras kamarmu, coz kau membutuhkannya sewaktu-waktu dalam keadaan darurat, apalagi kalo stok cokelat di lacimu habis dan panah-panah yang biasa kaulempar ke papan dart hilang entah ke mana.

Perempuan, jangan pernah menangis di dada laki-lakimu bila kau marah kepada mereka, coz air mata kita terlalu berharga buat dibuang-buang di T-shirt mereka yang bau, kecuali kalo mereka yang menggaetmu duluan dengan tangan mereka yang besar.

Perempuan, jangan pernah lengah jika laki-lakimu mengirimi gombalan-gombalan ketika kau sedang kesal, coz itu hanya strategi supaya kau tidak mengutuk mereka jadi kodok, padahal yang kita butuhkan adalah murni tindakan nyata, bukan cuman ngomong doang.

Perempuan, jangan pernah bilang kau mencintai laki-laki itu, sebelum mereka bilang duluan kepadamu, coz ego mereka melesat begitu mereka tau kau tak bisa hidup tanpa mereka.

Perempuan, jangan sakiti hatimu sendiri jika laki-lakimu nggak sayang banget kepadamu, coz makin cepat kau kabur meninggalkan mereka, makin cepat pula mereka sadar bahwa tanpa kau, hidup mereka nggak ada apa-apanya.

Sedih bagi seorang perempuan, adalah hikmah pelajaran bagi perempuan lainnya. Cukup sudah Lois Lane merana ditinggal Superman, Carrie Bradshaw menderita ditinggal Big, dan Oshin yang hancur ditinggal Ryuzo. Tak usahlah kita jadi korban berikutnya.