Sunday, April 18, 2010

Artis Sendirian


Jujur aja, gw pingin duduk di depan. Tapi orang-orang lebih senang duduk belakang. Mereka akan mengisi bangku belakang sampek penuh, sementara bangku depan kosong-melompong.

Berada di simposium kadang-kadang rasanya mirip bermain sepakbola dengan format tim 1-5-4-1. Satu kiper, lima pemain bertahan, empat pemain tengah, dan satu orang penyerang. Gw benci banget sama formasi ginian, coz ini biasa dipake buat tim yang setengah mati takut gawangnya kebobolan.

Dianalogikan dengan peserta simposium, kenapa pesertanya jarang banget mau duduk depan buat ngejar kesempatan dapet ilmu? Apakah takut ditodong pertanyaan dari narasumbernya? Padahal kalo di simposium, narasumber itu kan nggak pernah tanya; dos-q berdiri aja di podium sembari orasi ngalor-ngidul.

Gw suka duduk di depan. Soalnya bodi gw nggak jangkung-jangkung amat. Jadi suka kehalang sama orang yang duduk di depan gw.

Siyalnya, nggak semua orang senang duduk di depan. Akibatnya gw merasa sering duduk sendirian di depan, sedangkan orang-orang lain nggerombol di belakang gw. Gw-nya jadi merasa aneh gitu, serasa artis nanggung.

Kenapa orang nonton simposium nggak bisa kayak orang nonton misbar? Kalo orang nonton misbar, mereka rebutan duduk depan. Lha gw? Gw nggak suka duduk depan. Nggak suka duduk belakang juga. Gw nggak suka duduk di tempat misbar. Soalnya kalo gerimis, filmnya bubar!

*Curhat ini ditulis kemaren, waktu gw nonton sebuah simposium di Cihampelas. Gw gatel kepingin pindah duduk ke depan, tapi nggak ada orang lain yang mau duduk di baris depan. Duh, sungguhan deh, kalo gw jadi panitianya, gw mau olesin semua bangku belakang pake sambel terasi, supaya pesertanya pada pindah ke bangku depan semua..!